Penerapan sistem manajemen sumber daya manusia dapat diterapkan dalam setiap organisasi, baik dalam skala kecil maupun skala yang lebih besar. Sekolah menjadi salah satu tempat penerapan manajemen sumber daya manusia dengan faktor sentral adalah seorang guru. Untuk dapat mewujudkan Manajemen Sumber Daya Manusia (MSDM) yang baik bagi sekolah SMP Darul Mukhlishin, peneliti melakukan penelitian yang betujuan untuk mengetahui pengaruh kompetensi dan pengembangan karier guru terhadap kinerja guru di sekolah SMP Darul Mukhlishin. Metode penelitian yang digunakan oleh peneliti adalah kuantitatif statistik. Data dikumpulkan menggunakan penyebaran kuesioner terhadap 30 populasi guru, dan dianalisis menggunakan bantuan program SPSS ver. 19.0. Peneliti mengemukakan hasil bahwa kompetensi berpengaruh secara signifikan terhadap kinerja guru dengan nilai t hitung sebesar 4,474 yang artinya lebih besar dari t tabel sebesar 2,052. Adapun pengembangan karier tidak berpengaruh secara signifikan terhadap kinerja guru dengan nilai t hitung sebesar 0,668 yang artinya lebih kecil dari t tabel sebesar 2,052. Kemudian kompetensi dan pengembangan karier secara bersama-sama berpengaruh secara signifikan dengan hasil f hitung sebesar 21,348 yang artinya lebih besar dari f tabel sebesar 3,34.
BAB III
BAB II
BAB IV
Afdhal, Syamsu, R., Nopian, S. I., Tobari, Ina, Y., Mauli, M. S., Hendy, T., Roy, S., Cecep, H., B., H. H., Citra, A. D. N., Ratnawati, Irpan, N. M., Surip, & Y., R. A. (2023). Manajemen Sumber Daya Manusia (S. D. Purnama (ed.); Cetakan 1). PT GLOBAL EKSEKUTIF TEKNOLOGI. https://books.google.co.id/books/about?id=8CO9EAAAQBAJ&redir_esc=y
Anggraini, W. R., Sri, H. C., & Woro, U. (2021). Pengaruh Kompetensi Kepribadian dan Kecerdasan Emosional Terhadap Kinerja Guru SMP Negeri 13 Balikpapan. Jurnal Manajerial Bisnis, 4(3), 257–268. https://doi.org/https://doi.org/10.37504/jmb.v4i3.343
Apriyanto, & Iswadi. (2017). METODE PENELITIAN KUANTITATIF (Cetakan 1). Yogyakarta: Wahana Resolusi.
Aziz, H. A. (2019). Analisis Faktor-Faktor Peningkatan Kinerja Guru Dalam Upaya Pencapaian Kualitas Proses Pembelajaran Di Sekolah. Al Amin: Jurnal Kajian Ilmu Dan Budaya Islam, 2(02), 149–159. https://doi.org/https://doi.org/10.36670/alamin.v2i02.23
Dewi, A. P., & Rusdinal. (2020). Perkembangan Karir Guru. JMKSP (Jurnal Manajemen, Kepemimpinan, Dan Supervisi Pendidikan), 5(1), 8–13. https://doi.org/10.31851/jmksp.v5i1.3489
Dwi, A. A., Asep, M., Dhika, W. I. G., Aris, A., Imas, S., Leni, S., Leonita, S., Qomarotun, N., Dwi, P. D., & Christyanti, D. I. (2022). Manajemen Sumber Daya Manusia (Y. Fera & P. A. Rizki (eds.); Cetakan 1). TOHAR MEDIA.
Dwi, N. (2020). Pengembangan Karier, Motivasi Intrinsik, dan Komunikasi Interpersonal Terhadap Kinerja Guru SMP Negeri 1 Sruweng Kebumen. Th. 2020 [Universitas Putra Bangsa]. http://eprints.universitasputrabangsa.ac.id/id/eprint/563
Effiyaldi, Paul Karolus Pasaribu, J., Suratno, E., Kadar, M., Naibaho, R., Kumara Hati, S., & Aryati, V. (2022). Penerapan Uji Multikolinieritas Dalam Penelitian Manajemen Sumber Daya Manusia. Jurnal Ilmiah Manajemen Dan Kewirausahaan, 1(2), 94–102. https://ejournal.unama.ac.id/index.php/jumanage
Fenna, A. (2021). Pengaruh Promosi Jabatan Terhadap Motivasi Karyawan Pada PT. Kereta Api Indonesia (PERSERO) Daerah Operasi 1 Jakarta. Universitas Bina Sarana Informatika.
Giantoro, H. M., Haryadi, & Ratno, P. (2019). Pengaruh Kompetensi Guru, Kepemimpinan Kepala Sekolah Menurut Persepsi Guru dan Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Guru SMK Negeri di Kabupaten Purbalingga. Jurnal Ekonomi, Bisnis, Akuntansi, 21(02). https://doi.org/https://doi.org/10.32424/jeba.v21i2.1290
Gojali, S. R. (2021). Hubungan Gaya Kepemimpinan Kepala Madrasah Dengan Kinerja Guru MTS Daarul Mukhlishin Bahap Kecamatan Dolok Kabupaten Padang Lawas Utara. Universitas Islam negeri Sumatera Utara Medan.
Irianto, E. H. (2020). Pengaruh Iklim Organisasi , Kompetensi , dan Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Pegawai BPP Aparatur Sukamandi. Jurnal Sekretari Dan Manajemen, 4(1), 40–48. https://doi.org/http://ejournal.bsi.ac.id/ejurnal/index.php/widyacipta
Ismail, M. (2019). Pengaruh Kompetensi Dosen, Kurikulum dan Motivasi Terhadap Prestasi Belajar Mahasiswa Fakultas Agama STAI LAA ROIBA Bogor. As-Syar’i : Jurnal Bimbingan & Konseling Keluarga, 1(1), 48–57. https://doi.org/https://doi.org/10.47467/as.v1i1.47
Iwan, H. (2019). Metodelogi Penelitian Pendidikan Kuantitatif, Kualitatif dan Mixed Methode (Cetakan 1). Hidayatul Quran Kuningan.
Juhji, Wahyudin, W., Muslihat, E., & Suryapermana, N. (2020). Pengertian, Ruang Lingkup Manajemen, dan Kepemimpinan Pendidikan Islam. Jurnal Literasi Pendidikan Nusantara, 1(2), 111–124. https://doi.org/http://jurnal.uinbanten.ac.id/index.php/jlpn
Kurniawan, & Woro, U. (2021). Pelaksanaan Pengembangan Karir Guru di SMK TI Labbaika Samarinda. Jurnal Manajerial Bisnis, 4(3), 222–234. https://doi.org/https://doi.org/10.37504/jmb.v4i3.340
Lelyana, P. (2019). PENGEMBANGAN KARIER GURU. Jurnal Ilmiah Manajemen Pendidikan Program Pascasarjana, 13(3), 265–272. https://doi.org/https://ejournal.unib.ac.id/index.php/manajerpendidikan/article/view/10176
Miftahul, J. N., & Herinto. (2021). Konsep Uji Validitas dan Reliabilitas dengan Menggunakan SPSS.
Mukhtar, A., & MD, L. (2020). Pengaruh Kompetensi Guru Terhadap Kinerja Guru dan Prestasi Belajar Siswa di Kota Makassar. Jurnal Idaarah, IV(1), 1–15. https://doi.org/10.24252/idaarah.v4i1.13899
Munawir, Nafisatul, A., & Salsa, B. Q. (2022). Pengembangan Profesi dan Karir Guru. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 7(1), 75–83. https://doi.org/10.29303/jipp.v7i1.339
Muri, Y. A. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif & Penelitian Gabungan (Cetakan 1). KENCANA.
Murtiana, I., Singagerd, F. I. S., & TH, M. N. (2022). Pengembangan Karir Dan Komitmen Kerja Terhadap Kinerja Guru Smp. Dikombis : Jurnal Dinamika Ekonomi, Manajemen Dan Bisnis Pascasarjana Sabura, 1(3), 395–404. https://doi.org/10.24967/dikombis.v1i3.1803
Nabela, S., Fitria, H., & Nurkhalis. (2021). Pengaruh Kompetensi Profesional dan Motivasi Kerja Guru Terhadap Kinerja Guru. ISEJ: Indonesian Science Education Journal, 2(1), 12–16.
Neka, F. A., & Teddi, F. (2022). Pengaruh Pelatihan dan Pengembangan, Motivasi, Kompetensi terhadap Kinerja Guru SMA di Kota Batam di Mediasi Komitmen Organisasi. EBISMEN, 1(2), 27–45. https://journal.unimar-amni.ac.id/index.php/EBISMEN/article/view/15
Niken, H., Aris, Hi., & CItra, P. B. (2022). Pengaruh Disiplin Kerja Terhadap Kinerja Guru Pada SMP Negeri 258 Jakarta Timur. Jurnal AKRAB JUARA, 7(2), 44–57. https://doi.org/https://doi.org/10.58487/akrabjuara.v7i2.1821
Novi, W. R. A., & Andrie, W. S. (2020). Pengaruh Kompetensi Terhadap Pengembangan Karir dan Kinerja Guru di Kota Jember. Jurnal Pendidikan Ekonomi Undiksha, 12(1), 148–156. https://doi.org/https://doi.org/10.23887/jjpe.v12i1.24797
Nurhidayah, A. S., Liastuti, E., & Muljadi. (2023). Pengaruh Pengembangan Karier Terhadap Kinerja Guru di SMP Binong Permai. Jurnal Comparative Ekonomi Dan Bisnis, 5(1), 48–58. https://doi.org/10.31000/combis.v5i1.8076
Pratiwi, G., & Lubis, T. (2021). Pengaruh Kualitas Produk dan Harga Terhadap Kepuasan Pelanggan UD Adli di Desa Sukajadi Kecamatan Perbaungan. Jurnal Bisnis Mahasiswa, 1(3), 121–134. https://doi.org/10.58939/afosj-las.v1i3.83
Pratiwi, V. A., Daryati, Y., & Julio, I. N. (2021). Pengaruh Pengembangan Karier Terhadap Kepuasan Kerja Guru SMAN 1 Suranenggala. Jurnal Ekonomi Manajemen, 15(2), 11–21. http://oaj.stiecirebon.ac.id/index.php/jem/article/view/109%0Ahttps://oaj.stiecirebon.ac.id/index.php/jem/article/download/109/104
Puji, L. I. (2021). Pengaruh Kompetensi Guru Terhadap Kinerja Guru SMA Xaverius 1 Palembang di Masa Pandemi Covid-19. Universitas Sriwijaya.
Rabukit, D. (2019). Pengaruh Disiplin Kerha Terhadap Kinerja Guru. Jurnal Serunai Ilmu Pendidikan, 5(2), 163–170. https://doi.org/https://doi.org/10.37755/sjip.v5i2.231
Rahim, Bata, Il. G., & Mansur, A. (2019). Pengaruh Kompetensi Profesional, Kepemimpinan Kepala Sekolah dan Kinerja Mengajar Guru Terhadap Prestasi Belajar Siswa di SMK Insan Cemerlang Kabupaten Berau. YUME : Journal of Management, 2(1). https://journal.stieamkop.ac.id/index.php/yume
Rino, R. (2020). Analisis Pengaruh Kualitas Website Admin PMB BSI-Group Terhadap Kepuasan Pengguna Menggunakan Metode Webqual 4.0. Riset Dan E-Jurnal Manajemen Informatika Komputer, 5(1), 31–42. https://doi.org/http://doi.org/10.33395/remik.v4i1.10629
Rohman, H. (2020). Pengaruh kompetensi guru terhadap kinerja guru. Jurnal MADINASIKA Manajemen Dan Keguruan, 1(2), 92–102. https://ejurnalunma.ac.id/index.php/madinasika
Rosnidah, I., Hidayat, M. T., & Nahdiyyah, I. R. (2022). Pengaruh Kompetensi dan Motivasi Terhadap Kinerja Pengelolaan Keuangan Daerah. Jurnal Ecodemica : Jurnal Ekonomi, Manajemen, Dan Bisnis, 6(1), 58–67.
Rulam, A. (2018). Profesi Keguruan: Konsep &Strategi Mengembangkan Profesi & Karier Guru (Hi. Nur (ed.); Cetakan 1). AR-RUZZ Media.
Saharia, Mashur, R., & Ririn, O. A. (2023). Pengaruh Kompetensi, Keterampilan Dasar Mengajar, dan Sikap Kerja Terhadap Kinerja Guru SMP Negeri 4 Wonomulyo Kabupaten Polewali Mandar. Cash Flow Jurnal Manajemen, 2(1), 145–154. https://e-jurnal.nobel.ac.id/index.php/jcf/article/view/3749
Sakban, Ifnaldi, N., & Bin, R. R. (2019). Manajemen Sumber Daya Manusia. Alignment: Journal of Administration and Educational Management, 2(1), 93–104. https://doi.org/https://doi.org/10.31539/alignment.v2i1.721
Salabi, A. S. (2021). Pengembangan Karier Guru di Pesantren Darul Ihsan Hamparan Perak Deli Serdang. Continuous Education: Journal of Science and Research, 2(1), 1–16. https://doi.org/10.51178/ce.v2i1.170
Sri, D. N., & Sari, N. (2021). Profesionalisme Kinerja Guru dan Kemampuan Literasi Digital Guru Berpengaruh Terhadap Kualitas Pembelajaran Daring SMK Kota Jambi. Jurnal Ilmiah Dikdaya, 11(2), 161–165. https://doi.org/10.33087/dikdaya.v11i1.1
Sri, H. (2020). Pengaruh Motivasi, Kompensasi, dan Pengembangan Karir Terhadap Kinerja Guru di SMP Hang Tuah IV Surabaya. Jurnal Berkala Ilmiah, 16. http://repository.stiemahardhika.ac.id/1760/
Sri, L. (2018). Manajemen Sumber Daya Manusia (Cetakan 1). DEEPUBLISH.
Sudung, S., & Marto, S. (2021). PENGARUH KOMPETENSI GURU TERHADAP KINERJA GURU SMA XAVERIUS 1 PALEMBANG DI MASA PANDEMI COVID-19. 1(2), 158–168. https://doi.org/10.47476/reslaj.v4i1.435
Sugiyono. (2013). METODE PENELITIAN KUANTITATIF, KUALITATIF, DAN R&D (Cetakan). ALFABETA, CV.
Syaiful, S. (2013). Kemampuan Profesional Guru dan Tenaga Kependidikan. ALFABETA.
Vaidatul, A. (2021). Pengaruh Kompetensi dan Komitmen Organisasi Terhadap Kinerja Karyawan PT. HAMATEK INDO Bekasi. Jurnal Inovatif Manasiswa Manajemen, 1(2), 158–168.
Wakil, A. (2022). Peningkatan Kinerja Karyawan Ditinjau dari Aspek Motivasi dan Pengembangan Karir. Al-Idarah : Jurnal Manajemen Dan Bisnis Islam, 3(1), 37–44. https://doi.org/10.35316/idarah.2022.v3i1.37-44
Yasokhi, H., Zahara, L. S., Ghozali, Opralisda, B.-B. D., Oktafina, S. A., & Eddi, S. (2022). Pengaruh Disiplin Kerja, Motivasi Kerja dan Pengembangan Karir Terhadap Kinerja Pegawai. Ekonomi, Keuangan, Investasi Dan Syariah (EKUITAS), 4(2), 794–803. https://doi.org/10.47065/ekuitas.v4i2.2374
Yeti, S. R. (2020). Pengaruh Gaya Kepemimpinan, Pelatihan, dan Kompensasi Terhadap Kinerja Guru Sekolah Al Azhar Bumi Serpong Damai, Tangerang Selatan. Jurnal MADANI, 3(1), 42–55.