Pola Komunikasi Interpersonal Antara Guru Dengan Siswa Dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa (Studi Kasus SD Harapan Jaya)

research
  • 17 Nov
  • 2023

Pola Komunikasi Interpersonal Antara Guru Dengan Siswa Dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa (Studi Kasus SD Harapan Jaya)

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui komunikasi interpersonal guru dalam meningkatkan prestasi belajar siswa SD Harapan Jaya. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif. Subjek penelitian adalah guru dan siswa. Objek penelitian adalah komunikasi interpersonal. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui wawancara mendalam, observasi. Teknik analisis data dilakukan secara deskriptif kualitatif dengan menggunakan teknik analisis data interaktif. Teknik analisis interaktif dilakukan dengan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil yang diperoleh menunjukkan bahwa komunikasi yang dilakukan guru yakni dengan menggunakan komunikasi verbal dan komunikasi nonverbal. Komunikasi interpersonal yang dilakukan oleh guru dan siswa SD Harapan Jaya sudah termasuk efektif karena secara garis besar siswa telah merasa mempunyai hubungan yang baik dengan guru, sehingga tujuan yang diinginkan dapat tercapai yakni meningkatnya prestasi belajar siswa. Melalui komunikasi interpersonal yang dilakukan oleh guru, diperoleh hasil bahwa dapat meningkatkan prestasi belajar siswa SD Harapan Jaya.

Unduhan

 

REFERENSI

Ajif, P. (2013). Pola Jaringan Sosial pada Industri Kecil Rambut Palsu di Desa Karangbanjar, Kecamatan Bojongsari, Kabupaten Purbalingga. Jurnal Penelitian, 31–40. https://eprints.uny.ac.id/18100/5/BAB III 09.10.033 Aji p.pdf
Ansori. (2015). Siswa. Paper Knowledge . Toward a Media History of Documents, 3(April), 49–58.
Gmbh, S. B. H. (2016). Komunikasi Interpersonal. 1–23.
Hamalik, O. (2013). Proses Belajar Mengajar. Jakarta. PT Bumi Aksara. Hasanah, W. (2018). Tujuan Komunikasi Interpersonal.
Ii, A. (2013). Definisi Prestasi. Pengertian Prestasi, 53(9), 1689–1699. http://pasca.um.ac.id/conferences/index.php/SNPJ/article/viewFile/998/669
Kusumawardhani, I. (2016). Pengaruh Penggunaan Kartu UNO Sebagai Media Permainan Tentang Buah dan Sayur Pada Anak Sekolah Dasar di SDN Brosot. Jurnal Gizi Dan Dietetik Indonesia (Indonesian Journal of Nutrition and Dietetics), 4(2), 2–3. http://eprints.poltekkesjogja.ac.id/239/
Mardiana. (2017). Upaya Guru dalam Meningkatkan Hasil Belajar Mata Pelajaran PAI (Pendidikan Agama Islam) di SMPN 12 Bandar Lampung. Laboratorium Penelitian Dan Pengembangan FARMAKA TROPIS Fakultas Farmasi Universitas Mualawarman, Samarinda, Kalimantan Timur, April, 5–24.
Maslow. H, A. (2019). Motivasi dan Keperibadian (Teori Motivasi dengan Pendekatan Hierarki Kebutuhan Manusia). 9–25.
Materi, A. (2013). Prestasi. 7–23.
Megri, E. T. (2017). KOMUNIKASI INTERPERSONAL GURU PEMBIMBING AKADEMIS DENGAN SISWA DALAM MENINGKATKAN PRESTASI DI MAN 1 PEKANBAR. 1–23.
Muamanah, H. (2020). Pelaksanaan Teori Belajar Bermakna David Ausubel Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. 5(01). https://doi.org/10.29240/belajea.v5
Nofrion. (2016). Komunikasi Pendidikan: Penerapan Teori dan Konsep Komunikasi
(Issue October).
Nurholis, M. H. (2019). Pengantar Sosiologi Sastra. Pustaka Setia Bandung, 1(2), 344.
Pangkapi, M. A. (2019). KOMUNIKASI INTERPERSONAL DALAM PENGASUHAN
ANAK YATIM PIATU (Studi pada Pengasuh dan anak Yatim Piatu di Yayasan Panti Asuhan Sunan Giri Malang). 6–23.