Prosedur adalah suatu tahapan yang dilakukan oleh instansi pemerintah untuk memberikan pelayanan kepada masyarakat baik itu jasa, barang, maupun administratif sebagai bagian dari keperluan masyarakat. Surat Pengantar adalah salah satu dari pelayanan administrasi yang berada di Kelurahan Jurumudi Baru Kota Tangerang. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Bagaimana Prosedur Pelayanan Pembuatan Surat Pengantar Nikah Di Kelurahan Jurumudi Baru Kota Tangerang, Apa saja kendala yang dihadapi dalam proses Prosedur Pelayanan Pembuatan Surat Pengantar Nikah Di Kelurahan Jurumudi Baru Kota Tangerang dan Apa solusi mengatasi kendala dalam proses Pembuatan Surat Pengantar Nikah Di Kelurahan Jurumudi Baru Kota Tangerang. Metode pengumpulan data menggunakan metode wawancara, observasi, serta dokumentasi dengan metode analisisnya berupa analisis kualitatif deskriptif. Hasil dari Penelitian gunakan dalam Tugas Akhir ini dilakukan pada Kelurahan Jurumudi Baru Kota Tangerang, data tersebut mulai diambil periode Juli 2022 – September 2022 yaitu prosedur pelayanan pembuatan surat pengantar nikah di Kelurahan Jurumudi Baru Kota Tangerang. Prosedur Pelayanan Pembuatan Surat Pengantar Nikah Di Kelurahan Jurumudi Baru ini masih belum terlaksana dengan baik karena masyarakat masih banyak yang belum mengetahui persyaratan yang diperlukan. Hambatan dalam memberikan pelayanan pembuata surat pengantar nikah, masyarakat tidak mengetahui apa saja persyaratan dalam prosedur pelayanan pembuatan surat pengantar nikah, masyarakat kurangnya solusi dari Rt atau Rw terkait pelayanan pembuatan surat pengantar nikah di Kelurahan Jurumudi Baru Kota Tangerang.
Andani, M., & Oktavia, Y. (2022). Analisis Pelayanan Publik Pada Kelurahan Buliang Kecamatan Batu Aji Kota Batam. PUBLIKA: Jurnal Ilmu
Administrasi Publik, 8(2), 122. https://journal.uir.ac.id/index.php/JIAP/article/view/9848/4633
Arifin, R., Latif, N., & Putri, A. N. P. (2020). Pengelolaan Surat Menyurat Pada Kantor Balai Latihan Masyarakat Makassar Berbasis Web. Jurnal Teknologi
Informasi dan Komunikasi, 10,70-71. https://jurnal.akba.ac.id/index.php/inspiration/article/download/2555/163
Rusdiana, M. M., & Zaqiyah, Q. Y. (2022). Manajemen Perkantoran Modern. Penerbit Insan Komunika Jurusan Ilmu Komunikasi UIN SGD Bandung, 70-71.
Demak, Rizky Perdana Kiay. "Rukun Dan Syarat Perkawinan Menurut Hukum Islam Di Indonesia." Lex Privatum 6.6 (2018). 122. https://ejournal.unsrat.ac.id/index.php/lexprivatum/article/view/21508
Firmansyah, B. (2020). Pengelolaan Arsip Digital Surat Masuk Dan Keluar Menggunakan Teknik Document Scanning, Optical Character Recognition, Dan Data Indexing. Jurnal Sistem Informasi Bisnis (JUNSIBI), 1(1), 32. https://ejournal-ibik57.ac.id/index.php/junsibi/article/download/105/58
Kustina, K. T., Nurhayati, M., Pratiwi, E., Lesi Hertati, S. E., CAPM, A. C. C. A. C., Qodari, A., ... & Abdul Munim, S. E. (2022). Sistem Informasi Manajemen. Cendikia Mulia Mandiri (20), 27-28.
Muhaling, A. R., Palandeng, I. D., & Sumarauw, J. S. (2021). Implementasi Standar
Operasional Prosedur (SOP) Layanan Pada PT. Taspen (Pesero) Cabang
Manado. Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis dan
Akuntansi, 9(4),574.
https://ejournal.unsrat.ac.id/v3/index.php/emba/article/view/36411/33892
Marzuki, F. I., Nurwahidah, L. S., & Asmaniah, Z. (2021). ANALISIS BENTUK DAN BAHASA SURAT RESMI DINAS PENDIDIKAN KABUPATEN GARUT TAHUN 2021. Caraka: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra
Indonesia serta Bahasa Daerah, 10(2),118. https://journal.institutpendidikan.ac.id/index.php/caraka/article/download/140 2/949
Meliagustin, E. H. (2019). Harmin,“Kemampuan menulis surat dinas siswa kelas VII SMP Negeri 11 Kendari,”. Jurnal Bahasa dan Sastra, 4(2), 289. http://ojs.uho.ac.id/index.php/BASTRA/article/download/10740/7564
Meliagustin, E. H. (2019). Harmin,“Kemampuan menulis surat dinas siswa kelas VII SMP Negeri 11 Kendari,”. Jurnal Bahasa dan Sastra, 4(2), 290. http://ojs.uho.ac.id/index.php/BASTRA/article/download/10740/7564
Munawar, A. (2019). Sahnya Perkawinan Menurut Hukum Positif Yang Berlaku Di Indonesia. Al-Adl: Jurnal Hukum, 7(13), 22-23.
Musyafah, A. A. (2020). Perkawinan Dalam Perspektif Filosofis Hukum
Islam. Crepido, 2(2), 113.
https://ejournal2.undip.ac.id/index.php/crepido/article/download/9555/4883
Munawar, A. (2019). Sahnya Perkawinan Menurut Hukum Positif Yang Berlaku Di Indonesia. Al-Adl: Jurnal Hukum, 7(13), 22-23.
Rahman, B., Susetyo, B., & Primasari, D. (2019). Analisis kinerja pelayanan surat-menyurat berbasis web di pgri kabupaten bogor. ikraith-informatika, 3(1), 5. https://journals.upi-yai.ac.id/index.php/ikraith-informatika/article/view/282/175
Sopwandin, I. (2021). Manajemen Perpustakaan Perguruan Tinggi: Transformasi Perpustakaan Menuju Pelayanan Berbasis Digital. Bogor: Guepedia. com. (11), 65-66.
Sulisna, A. (2018). Faktor yang Berhubungan dengan Pelaksanaan Standar Prosedur
Operasional Kerja di Unit Kerja Rekam Medis RSUD Dr. RM Djoelham
Binjai. JurnalRekamMedic, 1(2),88.
http://ejournal.helvetia.ac.id/index.php/jrm/article/view/3988
Sari, P., & Sazly, S. (2021). Prosedur Pelayanan Perpanjangan IPTM Pada Sudin Pertamanan Dan Hutan Kota TPU Tegal Alur Unit Kristen Jakarta
Barat. Jurnal Administrasi Bisnis, 1(2), 105. http://jurnal.bsi.ac.id/index.php/jab/article/view/844/515
Susilo, J., Pujiatna, T., & Firmasari, S. (2020). Pembinaan Tata Bahasa dan Bentuk Surat-Menyurat Indonesia Berbasis Microsoft di Desa Mandala, Dukupuntang Kabupaten Cirebon. JPPM (Jurnal Pengabdian dan
Pemberdayaan Masyarakat), 4(1), 174. https://jurnalnasional.ump.ac.id/index.php/JPPM/article/view/5498
Tantu, A. (2019). Arti Pentingnya Pernikahan. Al-Hikmah Journal for Religious
Studies, 14(2), 257.
https://journal.uin-alauddin.ac.id/index.php/al_hikmah/article/view/403
Usman, R. (2020). Makna pencatatan perkawinan dalam peraturan perundang-undangan perkawinan di Indonesia. Makna Pencatatan Perkawinan Dalam Peraturan Perundang-Undangan Perkawinan Di Indonesia, (14), 255-256. https://ejournal.inzah.ac.id/index.php/assyariah/article/view/765
Wianti, W., & Rachman, A. N. A. (2019). Analisis Prosedur Pelatihan Karyawan
pada PT Istana Karang Laut Jakarta Selatan. Jurnal Manajemen Dan Bisnis
Sriwijaya, 17(3), 160.
https://ejournal.unsri.ac.id/index.php/jmbs/article/download/6432/5498