–Service Desk Command Center Kabupaten Tasikmalaya

research
  • 15 Nov
  • 2023

–Service Desk Command Center Kabupaten Tasikmalaya

Dinas Perhubungan, Komunikasi dan Informatika Kabupaten Tasikmalaya merupakan unsur pelaksana urusan pemerintahan bidang perhubungan, bidang komunikasi dan informatika serta bidang persandian. Pada Command Center dalam melakukan pelayanan yang menjadi jembatan atau penghubung antara masyarakat / pemerintahan masih dilakukan secara manual, sehingga dalam pengajuan layanan yang dihasilkan kurang maksimal. Oleh karena itu, tujuan dari dibuatkannya aplikasi E - Service Desk Command Center agar dapat memberikan kemudahan bagi instansi dalam melakukan pelayanan terhadap pemerintah kabupaten Tasikmalaya. Metode pengembangan perangkat lunak menggunakan metode Rapid Application Development serta pembuatan program menggunakan Framework Bootstrap. Hasil dari project ini mempermudah instansi dalam pengajuan layanan-layanan yang ada di Pemkab Tasikmalaya melalui aplikasi E - Service Desk Command Center. Serta dapat memudahkan petugas dalam pengarsipan surat pengajuan layanan yang telah dilakukan dan petugas dapat mencetak laporan secara otomatis.

Unduhan

 

REFERENSI

Agus Hermanto. (2018). Metode Pengembangan RAD (Rapid Application Development). https://agus-hermanto.com/blog/detail/metode-pengembangan-rad-rapid-application- development

Alfani, M. H. (2018). Analisis Pengaruh Quality of Work Life (Qwl) Terhadap Kinerja Dan Kepuasan Kerja Karyawan Pt. Bank Bri Syariah Cabang Pekanbaru. Jurnal Tabarru’: Islamic Banking and Finance, 1(1), 1–13. https://doi.org/10.25299/jtb.2018.vol1(1).2039

Andriani, A., & Qurniati, E. (2018). Sistem Informasi Penjualan Pada Toko Online Dengan Metode Rapid Application Development (RAD). Journal Speed – Sentra Penelitian Engineering Dan Edukasi, 10(3), 49–54. http://speed.web.id/ejournal/index.php/speed/article/view/392/385

Astono, B. Y. T., Febrian, M. S., Laksana, W. P., & Laveri, R. I. (2019). Sistem Pakar Diagnosa Penyakit Kucing Feline Virus Menggunakan Metode Certainty Factor Berbasis Web.

Pseudocode, 6(2), 149–155. https://doi.org/10.33369/pseudocode.6.2.149-155 Badan Informasi dan Komunikasi Nasional (BIKN), (2018).

Brito, M. (2018). Your Brand, the Next Media Company: How a Social Business Strategy Enables Better Content, Smarter Marketing, and Deeper Customer Relationship. QUE.

Daimah, D., & Pambudi, S. (2018). Pendekatan Sosiologi Dalam Kajian Pendidikan Islam.

Jurnal Pendidikan Islam, 9(2), 115–126. https://doi.org/10.22236/jpi.v9i2.1814 Hansen, S. (2020). Investigasi Teknik Wawancara dalam Penelitian Kualitatif Manajemen

Konstruksi. Jurnal Teknik Sipil, 27(3), 283. https://doi.org/10.5614/jts.2020.27.3.10 Kementerian Negara, Kementrian Kominfo, (2018).

Mania, S. (2018). Observasi Sebagai Alat Evaluasi Dalam Dunia Pendidikan Dan Pengajaran.

Lentera Pendidikan : Jurnal Ilmu Tarbiyah Dan Keguruan, 11(2), 220–233. https://doi.org/10.24252/lp.2008v11n2a7

Mar’atusholihah, H., Priyanto, W., & Damayani, A. T. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Tematik Ular Tangga Berbagai Pekerjaan. Mimbar PGSD Undiksha, 7(3), 253–260.

Mukrimaa, S. S., Nurdyansyah, Fahyuni, E. F., YULIA CITRA, A., Schulz, N. D., د ,غسان., Taniredja, T., Faridli, E. M., & Harmianto, S. (2018). No 主観的健康感を中心とした在宅高齢者における健康関連指標に関する共分散構造分析Title. Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 6(August), 128.

Oktaviani, N., & Sauda, S. (2019). Pemodelan dan Implementasi Aplikasi Mobile Umrah Guide Menggunakan Unified Modeling Language. Jurnal Sains Dan Informatika, 5(2), 177–186. https://doi.org/10.34128/jsi.v5i2.184

Parlika, R., Nisaa’, T. A., Ningrum, S. M., & Haque, B. A. (2020). Studi Literatur Kekurangan Dan Kelebihan Pengujian Black Box. Teknomatika, 10(02), 131–140.

Purba, A. T., & Siregar, V. M. M. (2020). Sistem Penyeleksi Mahasiswa Baru Berbasis Web Menggunakan Metode Weighted Product. Jurnal Teknik Informasi Dan Komputer (Tekinkom), 3(1), 1. https://doi.org/10.37600/tekinkom.v3i1.117

Putra, A. M., Priyadi, Y., & Riskiana, R. R. (2021). Implementasi Metode Similaritas Pada Software Requirements Specification (srs) Pengembangan Startup Haylingo Berdasarkan Use Case Diagram Menggunakan Text Mining. EProceedings of Engineering, 8(5), 10498– 10514.

Putra, D. W. T., & Andriani, R. (2019). Unified Modelling Language (UML) dalam Perancangan Sistem Informasi Permohonan Pembayaran Restitusi SPPD. Jurnal TeknoIf, 7(1), 32. https://doi.org/10.21063/jtif.2019.v7.1.32-39

Suaidah, S., & Sidni, I. (2018). Perancangan Monitoring Prestasi Akademik Dan Aktivitas Siswa Menggunakan Pendekatan Key Performance Indicator (Studi Kasus Sma N 1 Kalirejo).

Jurnal Tekno Kompak, 12(2), 62. https://doi.org/10.33365/jtk.v12i2.154

Sujono, S., Mayasari, M. S., & Koloniawan, K. (2019). Prototipe Aplikasi Simpan Pinjam Pada Koperasi Darma Karya Pangkalpinang Babel. Jurnal Sisfokom (Sistem Informasi Dan Komputer), 8(1), 68–73. https://doi.org/10.32736/sisfokom.v8i1.609

Syafitri, E. R., & Nuryono, W. (2020). Studi Kepustakaan Teori Konseling “Dialectical Behavior Therapy.” Jurnal BK Unesa, 53–59. https://core.ac.uk/download/pdf/287304825.pdf

Tabrani, M., & Rezqy Aghniya, I. (2020). Implementasi Metode Waterfall Pada Program Simpan Pinjam Koperasi Subur Jaya Mandiri Subang. Jurnal Interkom: Jurnal Publikasi Ilmiah Bidang Teknologi Informasi Dan Komunikasi, 14(1), 44–53. https://doi.org/10.35969/interkom.v14i1.65

Togatorop, P. R., Simanjuntak, R. P., Manurung, S. B., & Silalahi, M. C. (2021). Pembangkit Entity Relationship Diagram Dari Spesifikasi Kebutuhan Menggunakan Natural Language Processing Untuk Bahasa Indonesia. Jurnal Komputer Dan Informatika, 9(2), 196–206. https://doi.org/10.35508/jicon.v9i2.5051

Tri Snadhika Jaya. (2018). Pengujian Aplikasi dengan Metode Blackbox Testing Boundary Value Analysis. Jurnal Informatika Pengembangan IT (JPIT), 3(2), 45–46. http://www.ejournal.poltektegal.ac.id/index.php/informatika/article/view/647/640

Zagoto, M. M., Yarni, N., & Dakhi, O. (2019). Perbedaan Individu Dari Gaya Belajarnya Serta Implikasinya Dalam Pembelajaran. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran, 2(2), 259– 265. https://doi.org/10.31004/jrpp.v2i2.481