Pandemi Covid-19 berdampak terhadap banyak sektor termasuk sektor Pendidikan dan usaha mikro dan kecil, dengan ditambah pemerintah memperketat mobilitas masyarakat melalui PPKM Darurat sampai ke PPKM Level 4, dimana kebijakan tersebut memaksa setiap orang untuk mengurangi mobilitasnya. Perkembangan teknologi informasi saat ini berkembang dengan pesat. bisnis di bidang digital (e-commerce) atau yang berbasis internet saat ini sudah menjadi tuntutan zaman. Menurut Kepala Departemen Kebijakan Sistem Pembayaran Bank Indonesia, selama pandemi penjualan e-commerce meningkat sebesar 26% dengan konsumen baru sebesar 51%. Permasalahannya masih kurangnya pengetahuan generasi muda dalam bidang e-commerce (bisnis digital). Sehingga penggunaan internet khususnya pada anak asuh asrama belum dimanfaatkan untuk menambah penghasilan melalui e-commerce (bisnis digital). Program pengabdian kepada masyarakat (abdimas) di Asrama Yatim dan Dhuafa Al Alif 165 dilaksanakan untuk memberikan solusi dengan memberikan pelatihan pengenalan e-commerce melalui daring (dalam jaringan) dengan memanfaatkan aplikasi zoom. Tujuan pengabdian kepada masyarakat (abdimas) ini adalah sebagai wujud sumbangsih dari dosen UBSI dalam mengembangkan pengetahuan dan transfer knowledge kepada anak asuh di asrama dan bentuk penerapan tri dharma perguruan tinggi. Kegiatan dilakukan secara daring dengan metode pemberian materi ceramah, demonstrasi dan tanya jawab, dengan ketiga metode tersebut materi pelatihan tersampaikan dengan baik. Pada metode demonstrasi, peserta diminta untuk mempraktekan juga pada smartphone masing-masing, sehingga materi dapat diikuti dengan baik. Pelatihan ini diikuti 17 peserta dari anak asuh di Asrama Yatim dan Dhuafa Al Alif 165.Sebagai hasil kegiatan pengabdian kepada masyarakat (abdimas) ini adalah berupa peningkatan pemahaman anak asuh tentang e-commerce yang ditunjukan pada grafik, pemberitaan kegiatan pelatihan ini pada media elektronik dan publikasi jurnal ilmiah pengabdian masyarakat. Tingkat kepuasan peserta pada kegiatan pelatihan ini sangat baik yaitu 100% yang ditunjukan pada kuesioner yang dibagikan kepada peserta pelatihan, dimana semua peserta dengan 10 pertanyaan yang diberikan memberi tanggapan puas.
Laporan_Sertifikat_Surat Tugas_Pengabdian Masyarakat Semester Ganjil 2021-2022
DAFTAR PUSTAKA
Amstrong, G., & Philip, K. (2002). Dasar-dasar Pemasaran, jilid 1, alih Bahasa Alexander Sindoro dan Benyamin Molan. Jakarta: Penerbit Prenhalindo.
Ayu, S., & Lahmi, A. (2020). Peran e-commerce terhadap perekonomian Indonesia selama pandemi Covid-19. Jurnal Kajian Manajemen Bisnis, 9(2), 114–123.
Fuady, M. (2011). Pengantar hukum bisnis: Menata bisnis modern di era global.
Maryama, S. (2013). Penerapan e-commerce dalam meningkatkan daya saing usaha. Liquidity, 2(1), 73–79.
Ridwan, H., Masrul, M., & Juhaepa, J. (2018). Komunikasi Digital pada Perubahan Budaya Masyarakat E-Commerce dalam Pendekatan Jean Baudrillard. Jurnal Riset Komunikasi, 1(1), 99–108.
Suyanto, M. (2003). E-Commerce Perusahaan Top Dunia. Andi.