Aplikasi ujian berbasis komputer merupakan sistem
pelaksanaan ujian yang dilakukan dengan menggunakan media
komputer. Sistem ujian yang terkomputerisasi memiliki beberapa aspek
pendukung yang dapat memudahkan guru maupun siswa dalam proses
aksesnya. Seperti pada program studi akuntansi SMK Muhammadiyah
10 yang telah menggunakan CBT dalam pelaksanaan PTS (Penilaian
Tengah Semester) maupun PAS (Penilaian Akhir Semester) sejak tahun
ajaran 2019-2020, bertepatan dengan pandemi covid -19 dimana
pemerintah mewajibkan pelaksanaan kegiatan belajar mengajar jarak
jauh untuk mengurangi sebaran virus dilingkungan sekolah. Analisis
usability perlu dilakukan dengan tujuan meningkatkan kualitas sistem
yang digunakan. Metode usability engineering yang digunakan
merupakan metode yang diadopsi dari usability engineering lifecycle
yang terdiri dari tahapan platform constraints, general design principles,
conseptual model, dan screen design. Hasil dari penelitian ini berupa
informasi kelayakan aplikasi CBT sehingga sistem ujian berbasis
komputer ini masih dapat digunakan pada SMK Muhammadiyah 10
Jakarta.
ST Jurnal Justek Maret 2023
Laporan Jurnal Justek Maret 2023
Analisis Usability Engineering Pada Aplikasi CBT Program Studi Akuntansi SMK Muhammadiyah 10 Jakarta
Astini. (2020). Tantangan Dan Peluang Pemanfaatan Teknologi Informasi Dalam Pembelajaran Online Masa Covid-19. Jurnal Ilmu Pendidikan, 79 - 88.
Gadsdon. (2010). Moodle 1,9 Theme Design: Beginner's Guide. Birmingham UK: Packt Publishing Ltd.
Karfindo, Firlan Mustafa. (2017). Pengembangan Aplikasi Computer Based Test (CBT) Untuk Sekolah Menegah Atas (SMA). Jurnal Ilmiah Teknologi Sistem Informasi-UNIPDU, 42-48.
Kenneth E. Kendall, Julie E. Kendall. (2011). Systems Analysis and Design. New Jersey: Pearson Education, Inc.
Kesuma, Chandra, Desiana Nur Kholifah. (2019). Sistem Informasi Akademik BerbasisWeb Pada Lkp Rejeki Cilacap. EVOLUSI - Jurnal Sains dan Manajemen Vol 7 (1), 82-88.
M. Brady, J. Loonam. (2010). Exploring the use of entity relationship diagramming as a technique to support grounded theory inquiry. Qualitative Research in Organizations and Management: An International Journal, -.
Marsani Asfi, Nopi Fitrianingsih. (2020). Implementasi Algoritma Naive Bayes Classifier sebagai Sistem Rekomendasi Pembimbing Skripsi. InfoTekJar (Jurnal Nasional Informatika dan Teknologi Jaringan).
O.Brien, James A. (2010). Management Information System. New York: Mc Graw Hill Irwin.
Regi Witanto, Hanhan Hanafiah Solihin. (2016). Perancangan Sistem Informasi Penerimaan Siswa Baru Berbasis Web (Studi Kasus: SMP Plus Babussalam Bandung). Jurnal Infotronik, Volume 1, No. 1, 54-63.
Rosa. A.S, M. Shalahuddin. (2016). Rekayasa Perangkat Lunak Terstuktur dan Berorientasi Objek. Bandung: Informatika.
S, R. (2011). Konsep Dasar Rekayasa Perangkat Lunak. Jakarta.
Sudiati, Edy Listiarini, Didik Purwanto. (2017). Analisa dan Rancang Bangun Customer Relationship Managemet Pada Kecamatan Margorejo Kabupaten Pati. Sentra Penelitian Engeineering dan Edukasi .
Suryani N, Setiawan A, Putri A. (2018). Media Pembelajaran Inovatif dan Pengembangannya. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Teddyana, A. (2017). Computer Based Test Untuk Seleksi Masuk Politeknik Negeri Bangkalis. Jurnal Teknologi Informasi dan Komunikasi 8(2), 114-124.
Utami Mizani Putri, Sri Rahayu. (2018). Aplikasi Computer Based Test (CBT) Sebagai Alternatif Evaluasi Hasil. Jurnal Sistem Informasi (JUSIFO), 153-164.
Widoyoko, E. P. (2013). Evaluasi Program Pembelajaran: Panduan Praktis Bagi Pendidik dan Calon Pendidik. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Wirawan. (2011). Evaluasi: Teori, Model, Standar, Aplikasi dan Profesi. Jakarta: Rajagrafindo Persada.
Zaduqisti. (2013). Problem-Based Learning (Konsep Ideal Model Pembelajaran untuk Peningkatan Prestasi Belajar dan Motivasi Berprestasi). Forum Tarbiyah-Edukasia Islamika.