Implementasi Metode Waterfall Dalam Mengembangkan Sistem Informasi Ujian Online Dengan Fitur Proctoring

research
  • 11 Aug
  • 2023

Implementasi Metode Waterfall Dalam Mengembangkan Sistem Informasi Ujian Online Dengan Fitur Proctoring

Sistem ujian online berbasis web dengan fitur pengawasan proctoring telah menjadi
tren yang populer dalam lembaga pendidikan dan perguruan tinggi saat ini. Penelitian ini
bertujuan untuk merancang dan mengembangkan sistem informasi ujian online yang aman dan
terpercaya dengan fitur pengawasan proctoring. Sistem ini memberikan fleksibilitas waktu dan
tempat bagi peserta ujian, sambil mengurangi biaya dan upaya administratif yang terkait
dengan ujian konvensional. Metode pengembangan Perangkat lunak yang digunakan yaitu
waterfall, dengan tahapan analisis kebutuhan, perancangan, implementasi, testing, dan
perawatan. Model yang diusulkan mampu mengefisiensikan kegiatan ujian disekolah serta
kecurangan dalam ujian dapat di minimalisir. Penelitian ini diharapkan dapat meningkatkan
kualitas evaluasi dan pengawasan ujian, serta memberikan kontribusi yang signifikan bagi
pengembangan sistem ujian online yang lebih baik dan efektif di dunia pendidikan

Unduhan

  • 2382-73-8881-1-10-20230707.pdf

    Implementasi Metode Waterfall Dalam Mengembangkan Sistem Informasi Ujian Online Dengan Fitur Proctoring

    •   diunduh 230x | Ukuran 259 KB

 

REFERENSI

[1] A. Rifai and Y. P. Yuniar, “Penerapan Metode Waterfall Dalam Perancangan Sistem

Informasi Ujian Pada SMK Indonesia Global Berbasis Web,” J. Khatulistiwa Inform., vol.

7, no. 1, pp. 1–6, 2019, doi: 10.31294/jki.v7i1.64.

[2] A. B. Sidiq and D. Kurniadi, “Perancangan Sistem Informasi Ujian Online Berbasis Web

pada SMK N 1 Solok,” Voteteknika (Vocational Tek. Elektron. dan Inform., vol. 9, no. 2, p.

44, 2021, doi: 10.24036/voteteknika.v9i2.111521.

[3] M. F. N. Asrofi, W. T. Saputro, and H. M. Jumasa, “Sistem Informasi Ujian Online Tryout

Berbasis Web Di Bimbingan Bela-jar Mystaners Bintaro Jakarta Selatan,” INTEK J.

Inform. dan Teknol. Inf., vol. 3, no. 2, pp. 52–58, 2020, [Online]. Available:

http://jurnal.umpwr.ac.id/index.php/intek/article/view/841

[4] Sanjaya, Y. K. Wongkar, and A. Taryanti, “Perancangan Sistem Informasi Ujian Online

Berbasis Website pada SD Integral Hidayatullah Depok,” Swabumi, vol. 9, no. 2, pp. 82–

89, 2021, doi: 10.31294/swabumi.v9i2.11131.

[5] Muslimin, A. Qaslim, and M. Assidiq, “SISTEM INFORMASI UJIAN ONLINE PILIHAN

GANDA BERBASIS WEB,” Peqguruang Conf. Ser., vol. 2, no. April, 2020.

[6] T. Sumitra and D. Setiadi, “Sistem Informasi Ujian Mandiri Mahasiswa Berbasis Tes

Klasik,” J. Sist. Informasi) Univ. Suryadarma, vol. 7, no. 1, 2020, doi:

10.35968/jsi.v7i1.384.

[7] J. Jia and Y. He, “The design, implementation and pilot application of an intelligent online

proctoring system for online exams,” Interact. Technol. Smart Educ., vol. 19, no. 1, pp.

112–120, Feb. 2022, doi: 10.1108/ITSE-12-2020-0246/FULL/XML.

[8] Y. Atoum, L. Chen, A. X. Liu, S. D. H. Hsu, and X. Liu, “Automated Online Exam

Proctoring,” IEEE Trans. Multimed., vol. 19, no. 7, pp. 1609–1624, Jul. 2017, doi:

10.1109/TMM.2017.2656064.

[9] T. Potluri, S. Venkatramaphanikumar, and K. Venkata Krishna Kishore, “An automated

online proctoring system using attentive-net to assess student mischievous behavior,”

Multimed. Tools Appl., pp. 1–30, Feb. 2023, doi: 10.1007/S11042-023-14604-

W/TABLES/6.

[10] M. J. Hussein, J. Yusuf, A. S. Deb, L. Fong, and S. Naidu, “An Evaluation of Online

Proctoring Tools,” Open Prax., vol. 12, no. 4, pp. 509–525, doi:

10.3316/INFORMIT.620366163696963.

[11] M. Prabowo, Metodologi Pengembangan Sistem Informasi. Salatiga: L2PM IAIN Selatiga,

2020.

[12] M. G. Putra, S. R. Natasia, Y. T. Wiranti, H. Octantica, and Sadriansyah, Media

Pembelajaran Dengan Metode GAMIFICATION. Malang: Media Nusa Creative, 202AD.