Strategi Pemasaran Perumahan Spring Garden Residence Pada PT Pacific Exintraco Kota Bekasi

research
  • 21 Jul
  • 2023

Strategi Pemasaran Perumahan Spring Garden Residence Pada PT Pacific Exintraco Kota Bekasi

Pemasaran merupakan pondasi dalam melaksanakan kegiatan usaha, terutama untuk perusahaan jasa pengembang perumahan dalam mempertahankan manajemen perusahaan serta untuk mengembangkan perusahaannya termasuk PT Pacific Exintraco yang memasarkan produk properti Spring Garden Residence yang berlokasi di Jatimurni, Bekasi. Strategi pemasaran yang diterapkan oleh PT Pacific Exintraco sebelum pandemi terdapat bauran pemasaran 4P yang terdiri dari product (produk), price (harga), place (lokasi/tempat), dan promotion (promosi). Namun pada tahun 2020 terjadi adanya pandemi covid-19 yang sangat berpengaruh besar bagi perusahaan sehingga hasil penjualan produk properti menurun hingga 80%. Metode pengumpulan data dalam penyusunan Tugas Akhir adalah metode observasi, wawancara, dan dokumentasi dengan metode analisanya berupa analisis kualitatif deskriptif yaitu analisa data pada suatu latar alamiah dengan maksud menafsirkan objek, fenomena, atau setting sosial yang dituangkan dalam tulisan yang bersifat naratif. Hasil penelitian yang didapat yaitu PT Pacific Exintraco melakukan perubahan pada strategi pemasaran sebelumnya berdasarkan analisis SWOT pada lingkungan internal dan eksternal perusahaan serta menetapkan segmentasi pada target sasaran PT Pacific Exintraco, pasar sasaran yang dituju, posisi sasaran sebagai agen developer dengan menyesuaikan kondisi pasar selama masa pandemi. Perubahan itu bertujuan agar strategi pemasaran yang diterapkan dapat memasuki segmen ekonomi pasar dan perubahan strategi pemasaran tersebut itu menghasilkan perubahan untuk hasil penjualan pada PT Pacific Exintraco mulai bulan oktober 2020 dan sampai sekarang.

 

 

Unduhan

 

REFERENSI

Afdillah. (2017). Pengaruh Strategi Pemasaran Terhadap Minat Konsumen Membeli Produk Perumahan (Kasus Pada Perumahan Surya Mandiri Teropong Pt. Efa Artha Utama). Jurnal JOM FISIP Vol. 4 No. 1, 1–12. Diambil dari https://jom.unri.ac.id/index.php/JOMFSIP/article/view/11916/11561.

 

Anggito, dan Setiawan. (2018). Metodologi penelitian kualitatif. Sukabumi: CV Jejak.

 

Arfianto, dan Nugrahanti. (2018). Rancang Bangun Aplikasi Penjualan Perumahan Berbasis Web Pada Cv. Grand Permata Residence Magetan. Jurnal Seminar Nasional Teknologi Informasi Dan Komunikasi. https://prosiding.unipma.ac.id/index.php/SENATIK/article/view/1313.

 

Atmoko. (2018). Strategi Pemasaran Untuk Meningkatkan Volume Penjualan Di Cavinton Hotel Yogyakarta. Journal of Indonesian Tourism, Hospitality and Recreation, 83–96. https://ejournal.upi.edu/index.php/Jithor/article/view/13769.

 

Astuti, dan Nurhafifah. (2020). Manajemen Pemasaran: UMKM Dan Digital Sosial Media. Yogyakarta: Deepublish.

 

Dayat. (2019). Strategi Pemasaran Dan Optimalisasi Bauran Pemasaran Dalam Merebut Calon Konsumen Jasa Pendidikan. Jurnal Mu’allim, 1(2), 299–318. Diambil dari http://jurnal.yudharta.ac.id/v2/index.php/muallim.

 

Raharjo, dan Rinawati. (2019). Penguatan Strategi Pemasaran dan Daya Saing UMKM Berbasis Kemitraan Desa Wisata. Surabaya: Jakad Media Publishing.

 

Rusdi. (2019). Strategi Pemasaran untuk Meningkatkan Volume Penjualan pada Perusahaan Genting UD. Berkah Jaya. Jurnal Studi Manajemen Dan Bisnis, 6(2), 83–88. Diambil dari https://journal.trunojoyo.ac.id/jsmb/article/view/6686.

 

Saleh, Said, dan Sobirin. (2019). Konsep dan Strategi Pemasaran: Marketing Concepts and Strategies. Makassar: SAH MEDIA.

 

Santoso. (2017). Hukum Perumahan. Jakarta: Prenada Media.

Triyono. (2019). Manajemen Pemasaran. Yogyakarta: Deepublish.

 

Wijoyo. (2021). Strategi Pemasaran UMKM di masa pandemi. Solok: Insan Cendekia Mandiri.