CV. Prima Kreasi Framedia merupakan sebuah perusahaan yang bergerak dalam bidang percetakan yang berlokasi di kota Jakarta Timur. CV. Prima Kreasi Framedia mulai beroperasi sejak tahun 2013, dengan bisnis utama percetakan buku, spanduk, brosur, dan lain-lain merupakan perusahaan yang terafiliasi atau bukan merupakan anak perusahaan dari suatu group, tetapi murni merupakan perusahaan yang beroperasi mandiri. Namun sistem pemasaran pada CV. Prima Kreasi Framedia masih belum terbilang baik, adapun cara yang digunakan dalam memasarkan produk yaitu masih menggunakan media cetak seperti memasang banner dan spanduk serta masih mencetak dan menyebarkan leaflet.
Untuk pemesanan dan pembelian masih belum bisa dilakukan secara online, mengharuskan customer datang langsung ke perusahaan untuk melakukan transaksi pemesanan dan pembelian, cara tersebut dinilai sangat kurang efisien. Dibutuhkan website yang menarik yang digunakan untuk memasarkan produk, dan dapat meningkatkan pelayanan dan transaksi yang lebih efektif dan efisien. Adapun metode penelitian yang digunakan terdiri dari observasi, wawancara dan studi pustaka sedangkan model pengembangan sistem yang digunakan adalah model waterfall, dengan bahasa pemrograman PHP dan database yang digunakan adalah MySQL. Hasil dari penelitian ini berupa Sistem Informasi Penjualan Jasa Percetakan Berbasis Website. Website yang diciptakan bisa dipakai untuk sumber informasi mengenai produk dan juga bisa melakukan transaksi secara online dengan mudah.
Jurnal Rancang Bangun
REFERENSI
[1] D. Astuti and G. Triyono, “Rancangan Sistem Informasi Penjualan Pada Percetakan Gemilang Dengan Metodologi Berorientasi Obyek,” vol. 2, no. 3, pp. 233–237, 2019.
[2] V. Marudut, M. Siregar, and P. B. Indonesia, “SISTEM INFORMASI PEMBELIAN DAN PENJUALAN,” vol. 1, no. 2, 2017.
[3] D. S. Mahardian, “Sistem Informasi Pemesanan Jasa Percetakan Berbasis Web,” Swabumi, vol. 5, pp. 65–
73, 2011.
[4] A. Tirtana, A. Zulkarnain, B. K. Kristanto, S. Suhendra, and M. A. Hamzah, “Rancang Bangun Aplikasi E-Commerce Untuk Meningkatkan Pendapatan UMKM,” J. Ilm. Teknol. Inf. Asia, vol. 14, no. 2, p. 101, 2020, doi: 10.32815/jitika.v14i2.473.
[5] R. Hidayat, S. Marlina, and L. D. Utami, “Perancangan Sistem Informasi Penjualan Barang Handmade Berbasis Website Dengan Metode Waterfall,” Simnasiptek, pp. 176–183, 2017.
[6] Turisto, "Oldest inhabited dwellings," Notes Queries, vol. 182, no. 23, p. 321, 1942, doi: 10.1093/nq/182.23.321 -a.
[7] A. H. Thohari, S. Suhardi, N. B. Kurniawan, and P. Yustianto, “Rekayasa Sistem Keterbukaan Data Pemerintah untuk Mendukung Transparansi dan Partisipasi Pemerintah Daerah,” J. Nas. Tek. Elektro dan Teknol. Inf., vol. 6, no. 3, 2017, doi:10.22146/jnteti.v6i3.325.
[8] A. P. Sistem and A. Sistem, “Analisis sistem.”
[9] E. P. Sari, E. Pudjiarti, and H. Susanti, “Sistem Informasi Penjualan Pakaian Wanita Berbasis Web(E- Commerce) Pada Pt . Bunitop Indonesia,” vol. 12, no. 01, pp. 1 –13, 2020.
[10] Destiana & Fajrin, “Sistem Informasi Penjualan Barang Berbasis Web Pada Pt. Catur Daya Persada
Jakarta,” Paradig. - J. Komput. dan Inform., vol. 16, no. 2, pp. 32–43, 2014, [Online]. Available: http://ejournal.bsi.ac.id/ejurnal/index.php/paradigma/article/view/775/634.
[11] E. Pudjiarti, A. A. Yana, and N. Hidayatun, “Pembangunan e-Commerce Berbasis Web untuk Strategi Penjualan CCTV,” no. 1, pp. 42–45, 2019.
[12] S. Dharwiyanti and R. S. Wahono, "Pengantar Unified Modeling LAnguage (UML)," IlmuKomputer.com, pp. 1–13, 2003, [Online]. Available:http://www.unej.ac.id/pdf/yanti-uml.pdf.
[13] Nugraha and Octasia, “Sistem Informasi Penjualan Kaos Berbasis Web Pada Distro Sickness Berbasis ECommerce,” Sniptek, pp. 294–297, 2016, doi:10.1016/j.carbon.2006.06.004.
[14] S. Nurajizah, “SISTEM INFORMASI PERPUSTAKAAN BERBASIS WEB DENGAN METODE PROTOTYPE : STUDI KASUS SEKOLAH ISLAM GEMA NURANI BEKASI,” pp.214–219, 2015.
[15] F. Exacta, “DOI: 10.30998/faktorexacta.v11i2.2510,” vol. 11, no. 2, pp. 186–195, 2018, doi:10.30998/faktorexacta.v11i2.2510.