AGUS PRIADI, HUBUNGAN ANTARA POLA ASUH ORANG TUA DAN KONSEP DIRI DENGAN PERILAKU LINGKUNGAN PADA MAHASISWA- MAHASISWI AKADEMI SEKRETARI DAN MANAJEMEN BINA SARANA INFORMATIKA JAKARTA PUSAT . TESIS. JAKARTA.: PROGRAM PASCASARJANA UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA. 2012.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara persepsi anak terhadap pola asuh orang tua dan konsep diri dengan perilaku lingkungan pada mahasiswa-mahasiswi.
Penelitian ini dilaksanakan di sebuah perguruan tinggi swasta setingkat akademi yang konsentrasinya terfokus pada sekretari dan manajemen di wilayah Jakarta Pusat.
Metode penelitian yang digunakan adalah survei. Responden penelitian ini adalah para mahasiswa dan mahasiswi kampus Akademi Sekretari dan Manajemen Bina Sarana Informatika yang berjumlah 120 orang yang dipilih berdasarkan teknik simple random sampling. Instrumen yang digunakan berupa kuesioner.
Instrumen divalidasi dengan menggunakan analisis butir dengan rumus korelasi product moment, sedangkan reliabilitas diukur dengan menggunakan Alpha Cronbach. Analisis data menggunakan teknik korelasi yang terdiri dari korelasi sederhana, korelasi parsial dan korelasi ganda, serta teknik regresi yang terdiri dari regresi linier dan regresi ganda.
Hasil penelitian menemukan:
Berdasarkan temuan tersebut dapat disimpulkan bahwa perilaku lingkungan dapat ditingkatkan melalui upaya perbaikan pola asuh orang tua dan pengembangan konsep diri.
Perbaikan pola asuh orang tua dapat dilakukan melalui upaya melakukan komunikasi yang lebih dekat dan sering antara orang tua dengan anak, mencoba untuk memberikan dukungan dan motivasi yang lebih untuk meningkatkan rasa kepercayaan diri anak, memantau dan mengikuti perkembangan proses tumbuh kembang anak hingga dewasa sampai pada tahap mereka harus bersosialisasi.
Pengembangan konsep diri dapat dilakukan melalui upaya perenungan, analisis diri, pemberian konseling, pemberian pelatihan pengembangan diri, serta meningkatkan pemahaman dan pengamalan ajaran agama
DAFTAR PUSTAKA
Ahmadi, Abu. 1991. Sosiologi Pendidikan. Jakarta : PT Rieneka Cipta.
Azjen, Icek and Martin Fishbein. 1980. Understanding Attitudes and
Predicting Social Behavior. New Jersey: Prentice Hall Inc.
Azwar, Saifuddin. 1997. Reliabilitas dan Validitas. Yogyakarta:Pustaka Pelajar.
B, Walgito. 1997. Psikologi Suatu Pengantar. Yogyakarta: Andi Offset.
Berliner, David, C. dan Robert C. 1996. Calfee, Hull’s Drive Theory, dalam Handbook of Educational Psychology. New York: Prentice Hall International.
Bloom, Benyamin S. 1981. Taxonomy of Educational Objectives, Book I :Cognitive Domain, London : Longman Group Ltd.
Chiras , Daniel D. 1985. Environmental Science : A Framework for Decision Making, California : The Benjamin Cummings Publishing Company,Inc.
Darajat, Zakiyah. 1996. Ilmu Jiwa Agama. Jakarta : Bulan Bintang.
Davidoff. 1998. Psikologi Suatu Pengantar. Jakarta: Erlangga.
Depdikbud. 1998. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta : Balai Pustaka.
Djaali. 2009. Psikologi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.
Donelson, Elaine.1990. Asih, Asah, Asuh Keutamaan Wanita. Yogyakarta : Kanisius, 1990.
Gordon, Thomas. 1994. Menjadi orang tua efektif. Jakarta : Gramedia.
Guanti, Andi, Usman M. 2008. Pengaruh Konsep Diri, Motivasi Kerja, dan Keterampilan Manajerial Terhadap Efektivitas Kerja Anggota Legislatif. Disertasi.
Gunarsa, Singgih D. dan Ny.Y. Singgih D. Gunarsa. 1995. Psikologi
Perkembangan Anak dan Remaja. Jakarta : PT. BPK. Gunung Mulia.
Hasan, Iqbal. 2006. Analisis Data Penelitian dengan Statistik. Jakarta: Bumi Aksara.
Hardy, Malcom dan Steve Heyes.1986. Pengantar Psikologi, Terj. Soenardji. Jakarta :Erlangga.
Hauck, Paul. 1993. Psikologi Populer : Mendidik Anak dengan Berhasil.
Jakarta : Arcan.
Hayati, Sri. 2001. Pemahaman Konsep Ekologis Global pada Siswa SD di Kota Bandung. Bandung: Lemlit-UPI.
Hayati, Sri. 1999. Wawasan Ekologis Global Masyarakat Kota Bandung.
Disertasi. Jakarta: PPS-UNJ.
http://www.selfknowledge.com/8905.htm.2003.
Hurlock, Elizabeth B. 1990. Perkembangan Anak/Child Development, Terj. Meitasari Tjandrasa, Jakarta : Erlangga.
Idris, Zahara dan Lisma Jamal. 1992. Pengantar Pendidikan Jakarta :
Gramedia Widiasarana.
Irwanto, dkk. 1997. Psikologi Umum. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.
Rakhmat. 2001. Psikologi Komunikasi. Edisi Revisi. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
James F. Calhaun dan Joan Ross Acocella. 1995. Psikologi Tentang
Penyesuaian dan Hubungan Kemanusiaan, terjemahan Sarmoko.
Semarang, IKIP Semarang.
John, Fien, et.al. 1997. Education for the Environment. Victoria: Deakin
University.
Keliat. AB.1992. Gangguan konsep diri. Jakarta: GC.
M., Idrus dalam Tafiardi. 2011. Hubungan antara Konsep diri dan kebutuhan akan aktualisasi diri dengan indeks prestasi kumulatif mahasiswa.Tesis.
Mohamad, Soerjani.1997. Pembangunan dan Lingkungan: Meniti Gagasan dan Pelaksanaan Sustainable Development. Jakarta: IPPL.
Munandar, Utami. 1982. Pemanduan Anak Berbakat. Jakarta : CV. Rajawali.
Munandar, Utami. 1992. Hubungan Isteri, Suami dan Anak dalam Keluarga, Jakarta : Pustaka
Newman, Philip R. and Barbara M. Newman. 1981. Living The Process of Adjustment Ontario: The Dorsey Press.
Otto Soemarwoto. 1992. Indonesia dalam Kancah Isu Lingkungan Global. Jakarta: Gramedia.
Parsono. 1994. Materi Pokok Landasan Kependidikan. Jakarta : Universitas terbuka
Poerbakawatja, Soegarda., 1976. Ensiklopedi Pendidikan. Jakarta : Gunung Agung.
Pudjijogyanti dalam M. Nur Ghufron dan Rini Risnawita S.2010.Teori-Teori Psikologi Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.
Putrawan, Made. 1990. Pengujian Hipotesis Dalam Penelitian-Penelitian
Sosial. Jakarta: Rineka Cipta.
R.B. Burn. 1993. Konsep Diri: Teori, Pengukuran, Perkembangan dan
Perilaku, alih bahasa Eddy. Jakarta: Arcan.
Safarino, Edward, P. and James W. Amstrong. 1980. Child and Adolescent Development. London : Scott, Foresman and Company.
Shavelson, R. J., Hubner, J. J., & Stanton, G. C. 1976. Self-concept:
Validation of construct interpretations. Review of Educational
Research.
Shochib, Mohammad. 1998. Pola Asuh Orang Tua Dalam Membantu
Disiplin diri.Jakarta : PT. Rieneka Cipta.
Singarimbun, Masri dan Sofyan Effendi. 1989. Metode Penelitian Survei Jakarta : LP3ES, 1989.
Sobur, Alex. 2003. Psikologi Umum Bandung: Pustaka Setia.
Stenberg, Robert J. 2008. Psikologi Kognitif (Edisi keempat), diterjemahkan oleh Yadi Santoso. Jakarta: Pustaka Pelajar.
Stuart and Sundeen S.J. 1998. Principles and practice of phychiatric nursing.Sixth edition. St.Louis Mosby Year Book.
Swan, James A., and Stapp, William B. 1974. Environmental Education:
Strategies Toward a More Livable Future. London: John Wiley &
Sons.
Tarmuji, Tarsis. 2004. Hubungan Pola Asuh Orang Tua dengan Agresivitas Remaja. http://www. Pdk.go.id/Jurnal/37/hubungan pola asuh orang tua.htm.
TIM Penyusun Kamus Pusat Pembinaan dan Pengembangan Bahasa. 1998. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta : Balai Pustaka.
Van Rensburg, Eureta Janse. 1994. “Social Transformation in Response to the Environment Crisis:The Role of Education and Research”.
Australian Journal of Environmental Education Vol 10.
Yatim-Irwanto, Danny I. 1991. Kepribadian Keluarga Narkotika. Jakarta :Arcan.
Yeqing Bao, Effects of Parental Style and Power on Adolescent’s Influence in Family Consumption Decisions, h. 2, 2004,
(http://scholar.lib.vt.edu./theses/available/etd- 04302001-144238/).
Yusuf, Syamsu. 1986. Psikologi Perkembangan Anak dan Remaja, Terj.
Sumarji, (Jakarta :Erlangga.