TESIS

research
  • 09 Apr
  • 2023

TESIS

Dian Indah Sari, Magister Manajemen Univ BSI Bandung, Pengaruh harga, Kualitas Pelayanan dan Kualitas Produk terhadap Kepuasan Pelanggan SMK Teratai Putih Global 2 Bekasi

Persaingan di dunia pendidikan sekarang sudah semakin ketat. Hal ini juga dirasakan oleh pelaku bisnis SMK Teratai Putih Global 2 Bekasi. Banyak sekolah sejenis yang bermunculan dengan keunggulan masing-masing. Agar pelanggan merasa puas dan tidak ketinggalan dengan sekolah lain, maka SMK Teratai Putih Global 2 Bekasi harus
mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi kepuasan pelanggan nya. Kepuasan pelanggan dapat diciptakan melalui harga, kualitas pelayanan dan kualitas produk . Secara khusus, penelitian ini membahas tentang kepuasan pelanggan SMK Teratai Putih Global 2
Bekasi. Penelitian ini menguji tiga variabel independen yaitu harga, kualitas palayanan dan kualitas produk yang dapat mempengaruhi kepuasan pelanggan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh ketiga variabel independen tersebut terhadap kepuasan
pelanggan. Penelitian ini dilakukan dengan metode kuesioner terhadap 100 pelanggan SMK Teratai Putih Global 2 Bekasi yang diperoleh dengan menggunakan teknik purposive sampling. Kemudian dilakukan analisis terhadap data-data yang diperoleh berupa analisis kuantitatif dan kualitatif. Analisis kuantitatif meliputi uji validitas dan uji reliabilitas, uji asumsi klasik, analisis regresi berganda, uji Goodness of Fit melalui koefisien regresi (R2), uji F, dan uji t. Analisis kualitatif merupakan interpretasi data yang diperoleh dalam penelitian serta hasil pengolahan data yang sudah dilaksanakan dengan memberi keterangan dan penjelasan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa semua variabel independen yang
diuji berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap kepuasan pelanggan melalui uji F dan ujit, sedangkan angka Adjusted R Square sebesar 0,487 menunjukkan 48,7% variasi kepuasan pelanggan SMK Teratai Putih Global 2 Bekasi yang dapat dijelaskan oleh ketiga variabel independen tersebut, dimana sisanya 50,3% dijelaskan oleh faktor-faktor lain di luar penelitian ini.

Kata Kunci : Harga, Kualitas Pelayanan, Kualitas Produk dan Kepuasan Pelanggan

Unduhan

 

REFERENSI

Alma, Buchari. 2005. Pemasaran Strategik Jasa Pendidikan, Cetakan Kedua, Bandung : alfabeta.

Al Rasyid, Harun. 2004. Statistika Sosial. Bandung: Program Pascasarjana Universitas Padjajaran

Arikunto, Suharsimi, 2005. Manajemen Penelitian. Cetakan kelima. Jakarta: PT.Rineka Cipta, Jakarta

Danim, Sudarmawan dan Suparno, 2009, Manajemen dan Kepemimpinan Transformasional Kekepalasekolahan: Visi dan Strategi Sukses Era Teknologi, Situasi Kritis, dan Internalisasi Pendidikan, Jakarta : Rineka Cipta

Dermawan, Rizky, 2007, Penerapan Total Quality Management (TQM) di Perguruan Tinggi (Menuju Perguruan Tinggi yang Berkualitas, Bunga Rampai Strategic, Manajemen Bisnis Berbasis Hasil Penelitian) Cetakan Kesatu Bandung: Alfabeta

Furqon. 2002. Statistika Terapan Untuk Penelitian. Cetakan Keempat. Bandung : Alfabeta

Griffin, Jill. 2005. Customer Loyalti. Menumbuhkan dan Mempertahankan Kesetiaan Pelanggan. Terjemahan. Edisi Revisi dan Terbaru. Jakrta : Penerbit Erlangga

Lupiyoadi, Rambat, 2001, Manajemen Pemasaran Jasa, Salemba Empat: Jakarta

Minarti, Sri. 2011. Manajemen Sekolah: Mengelola Lembaga Pendidikan Secara Mandiri. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media

Muhidin, Sambas Ali dan Abdurrahman Maman 2009, Analisis Korelasi dan Regresi dan Jalur dalam Penelitian. Bandung, CV Pustaka Setia

Mulyasa, E 2009, Implementasi Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan: Kemandirian Guru dan kepala Sekolah, Jakarta: Bumi Aksara

Mowen dan Minor, 2002, Perilaku Konsumen, Jakarta, Penerbit Erlangga

Nasution, M.N 2000, Manajemen Mutu Terpadu (Total Quality Management), Jakarta, Ghalia Indonesia

Rangkuti F, 1997, Riset Pemasaran Jasa, Jakarta, Gramedia

Ratnasari, Ririn Tri dan H Aksa, Mastuti 2011, Teori dan Kasus Manajemen Pemasaran Jasa, Penerbit Ghalia Indonesia

Robins, Stephen 2006, Perilaku Organisasi, Terjemahan, Bunyamin, Malon, Jakarta, Index

Sabestian, Pied 1994, Dimensi Administrasi Pendidikan, Surabaya, Usaha Nasional Sallis, Edward , 2006, Total Quality Management In Education, Yogyakarta: Ircisod

Santoso, Teguh. 2011. Marketing Strategic Meningkatkan Pangsa Pasar dan Daya Saing. Jakarta : Oryza

 

Sugiyono, 1999, Metode Penelitian Bisinis, Cetakan Pertama, Bandung, Alfabeta

Sunyoto, Danang. 2011. Riset Bisnis Dengan Analisis Jalur SPSS. Yogyakarta: Penerbit Gaya Media

Tjiptono, Fandy, 2008, Service Manajemen Mewujudkan Pelayanan Prima, Yogyakarta, Andi Offset.

Tampubolon, Daulat.P. 2011. Perguruan Tinggi Bermutu : Paradigma Baru Manajemen Pendidikan Tinggi Menghadapi Tantangan Abad ke-21, Jakarta: Gramedia Pustaka Umum

Wirawan, 2004, Profesi dan Standar Evaluasi, Jakarta, Uhamka Press

Wibowo, Lili Adi. 2007. Pengaruh Kualitas Produk, Jasa dan harga terhadap Kepuasan Pengguna Komputer pada Laboratorium Perguruan Tinggi di Kota Bandung, Bunga Rampai strategic, Manajemen Bisnis Berbasis hasil Penelitian, Cetakan Kesatu. Bandung: Alfabeta

Perundang-undangan :

Peraturan Pemerintah Nomor 63 Tahun 2009. Tentang Sistem Penjaminan Mutu Pendidikan.Jakarta : Depdiknas

Undang-undang Nomor 20 Tahun 2003. Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta : Depdiknas

Undang-undang Nomor 14 Tahun 2005. Tentang Guru dan Dosen. Jakarta: Depdiknas Peraturan Pemerintah Nomor 19 Tahun 2005. Tentang Standar Nasional Pendidikan. Jakarta: Depdiknas

Tesis :

Apriani, Monica. 2011. Analisis Pengaruh Fasilitas, Kualitas Layanan dan Kepuasan Pelanggan Terhadap Minat Mereferensikan. Studi Kasus Pada Konsumen Jasa Pelayanan Cuci Sepeda Motor dan Mobil Star Clean di Semarang. Skripsi. Undip. Semarang

Manullang, Ida.2008. Pengaruh Kualitas Layanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Jasa Penerbangan PT.Garuda Indonesia Airways di Bandara PoloniaMedan. Tesis. Universitas Sumatera Utara, Medan

Prasetyaningrum, Indah Dwi. 2009. Analisis Pengaruh Pembelajaran dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Mahasiswa dan Loyalitas Mahasiswa. Studi Kasus Pada Undaris Ungaran.Tesis. Undip Semarang

Sugeng, Amin.2000. Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Studi Kasus Pada PT.PLN (Persero) Cabang Semarang di Kotamadya Semarang. Tesis. Undip Semarang