Kemajuan teknologi yang semakin pesat mendorong setiap perguruan tinggi harus dapat mengelola informasi dengan baik dan kebutuhan informasi setiap pengguna dapat diberikan secara cepat dan tepat. E-learning merupakan salah satu teknologi yang digunakan untuk pembelajaran mahasiswa secara online. Dengan adanya e-learning proses belajar mahasiswa tidak lagi dibatasi dengan tempat dan waktu karena dapat diakses dimananpun dan kapanpun dengan cepat dan mudah.
Penelitian ini menjelaskan tentang hasil penelitian mengenai faktor-faktor yang mempengaruhi penerimaan dan pembelajaran e-learning dengan pendekatan Unified theory of acceptance and use of technology (UTAUT). Data yang dikumpulkan diperoleh dari responden yaitu mahasiswa STMIK Nusa Mandiri. Variabel yang digunakan dalam penelitian ini terdiri dari variabel eksogen atau independen dan variabel endogen atau dependen. Variabel eksogen yaitu, harapan kinerja (performance expectancy), harapan usaha (effort expectancy), pengaruh sosial (social influence) dan kondisi memfasilitasi (facilitating condition) dan variabel endogen yaitu, niat perilaku (behavioural intentions) dan perilaku pengguna (use behavioural). Hasil pengujian ini menunjukan bahwa performance expectancy memiliki korelasi positif dan signifikan terhadap behavioural intention begitu pula facilitating condition memiliki korelasi positif dan signifikan terhadap use behavioral.