Penelitian ini secara keseluruhan bertujuan untuk mengetahui pengaruh komunikasi pemasaran terpadu (Integrated Marketing Communication) yang meliputi; Advertising, Sales Promotion, Personal Selling, Direct Marketing, Public Relations dan Interactive Marketing terhapat minat donasi masyarakat pada lembaga nirlaba Dompet Dhuafa.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kuantitatif dan tehnik analisis data mengggunakan software SPSS untuk mencari regresi linier berganda. Penelitian ini dimulai dengan mengumpulkan teori pendukung, menyusun kuesioner sesuai dengan indikator- indikator yang didapatkan dari teori pendukung, kemudian memberikan kuesioner kepada 160 responden yang sudah ditentukan dari penentuan sampel dari sebuah populasi.
Dalam menganalisis data, langkah pertama yaitu menganalisa demografi responden yang berisikan profil responden, kemudian melakukan uji validitas dan reliabilitas instrument penelitian, uji asumsi klasik yang meliputi uji normalitas dan uji heterokedastisitas, dilanjutkan dengan pengujian hipotesis dan menentukan persamaan regresi linier berganda dan langkah terakhir yang dilakukan yaitu menjawab hipotesis penelitian.
Hasil analisis data menunjukan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan secara simultan variable X (Integrated Marketing Communication) terhadap variable Y (Minat Donasi), dengan hasil F hitung lebih besar dari F tabel yaitu 13,410 > 2,16. Secara parsial pada uji t, Integrated Marketing Communication yang meliputi; advertising, sales promotion, personal selling, public relations, direct marketing dan interactive marketing memiliki pengaruh yang kecil dan positif, tetapi hanya vaiabel advertising yang memiliki pengaruh signifikan terhadap minat donasi.
Tesis Arina Muntazah
Aaker, David A. (2013). Manajemen Pemasaran Strategi. Edisi kedelapan. Salemba Empat. Jakarta.
Abdullah, Thamrin. (2003). Manajemen Pemasaran. Jakarta: Rajawali Press.
Ardana, Komang. (2008). Perilaku Keorganisasian. Cetakan Pertama. Graha Ilmu. Yoyakarta.
Assael, Henry. (2001). Consumer Behavior 6th Edition. New York: ThomsonLearning.
Belch, George E. & Belch, Michael A. (2009). Advertising and Promotion: An Integrated Marketing Communication Perspective. Boston: McGraw Hill.
--------------------. (2012). Advertising and Promotion : An Integrated Marketing Communications Perspective. 9th Edition. New York: The McGraw-Hill Companies, Inc.,
Blythe, Jim. (2003). Essentials of Marketing Communication. England: Pearson Education.
Dedy N. Hidayat. (2003). Paradigma dan Metodologi Penelitian Sosial Empirik Klasik. Jakarta : Departemen Ilmu Komunikasi FISIP Universitas Indonesia.
Duncan, Tom. (2005). Principles of Advertising and IMC. International Edition, Edisi II. New York: Mc Graw Hill.
Effendy, Uchjana. (2002). Hubungan Masyarakat Suatu Studi Komunikologis. Bandung: Remaja Rosda Karya.
Ferdinand, August. (2002). Metode Penelitian Manajemen : Pedoman penelitian untuk Skripsi, Tesis, dan Desertasi Ilmu Manajemen. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
---------------------. (2002). Pengembangan Minat Beli Merk Ekstensi. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
Fill, Chris & Barbara Jamieson. (2011). Marketing Communications. Heriot - Watt University: Edinburgh Business School.
Hermawan, Agus. (2012). Komunikasi Pemasaran. Jakarta: Erlangga.
Idrus, M. (2009). Metode penelitian Ilmu Sosial. Yogyakarta: PT. Gelora Akasara Pratama.
Juwaini, Ahmad. (2011). Social Enterprise : Transformasi Dompet Dhuafa Menjadi World Class Organization. Jakarta: Expos.
Kasali, Rhenald. (2005). Manajemen Public Relations. Jakarta: Pustaka Utama Grafiti.
Kennedy, John E & R. Dermawan Soemanagara. (2006). Marketing Communication. Jakarta: PT. Bhuana Ilmu Populer.
Kinnear, T. C, dan Taylor, J. R. (2003). Riset Pemasaran, (Terjemahan oleh Thamrin). Edisi Tiga. Jakarta: Erlangga.
Kitchen, J Philip. (2010). Integrated Marketing Communication. London: Thompson.
Kotler, Phillip. (1997). Manajemen Pemasaran. Jakarta: PT. Prenhalindo.
------------------. (2000). Manajemen Pemasaran Edisi Millenium. Jakarta: PT. Prenhallindo.
------------------. (2003). Manajemen Pemasaran. Jakarta: PT Indeks Kelompok Media
-------------------. (2009). Marketing Management: An Asian Perspective. Singapore: Pearson.
Lucas, D.B & Britt, S.H. (2003). Advertising Psychology and Research. New York: Mc Graw-Hill.
Morissan. (2010). Manajemen Public Relations. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
-------------. (2010) Periklanan: Komunikasi Pemasaran Terpadu. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Nasution, S. (2003). Metode Research Cet.VI. Jakarta : Bumi Aksara.
Prisgunanto, Ilham. (2014). Komunikasi Pemasaran Era Digital. Jakarta: CV Prinsani Cendekia.
Priyatna, Suganda dan Elvinaro Ardianto. (2009). Tujuh Pilar Strategi Komunikasi Bisnis. Bandung: Widya Padjajaran.
Purwanto, Djoko. (2011). Komunikasi Bisnis. Jakarta: Erlangga.
Rakhmat, Jalaluddin. (2009). Metode Penelitian Komunikasi: Dilengkapi Contoh Analisis Statisik. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Schiffman dan Kanuk. (2008). Perilaku konsumen. Edisi 7. Jakarta: Indeks
Sekaran, Uma & Roger Bougie. (2010). Research Method for Business. A Skill Building Approach. United Kingdom: John Willey & Sons ltd.
Shimp, Terrence. (2000). Periklanan Promosi Aspek Tambahan Pemasaran Terpadu Jilid II. Jakarta: Erlangga
Smith, Pa. (1998). Marketing Communication : An Integrated Approach, London: Kogan Page.
Smith, Ronald D. (2002). Manajemen public relations dan media komunikasi. Jakarta: Rajawali Press.
Soefijanto, T.A & I.K Idris (2012). Integrated Marketing Communication: Komunikasi Pemasaran di Indonesia. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama
Soemanagara. (2012). Strategic Marketing Communication. Bandung: Alfabeta.
Sugiyono. (2011). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R & D, Bandung: Alfabeta CV.
Suharsimi, Arikunto. (2006). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: PT. Rineka.
Supranto, J. (2010). Statistika. Jakarta: Erlangga.
Tuckwell, Keith. (2008). Integrated Marketing Communication: Strategic Planning Perspectives. Canada: Pearson
Lidyawatie. (2008). Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa. Bandung: Alfabeta.
Malhotra, Naresh K. 2010. Marketing Research: An Applied Orientation. Pearson Prentice-Hall.
Neuman, W.L. (2006). Social Research Methods: Qualitative and Quantitative Approach, 6th ed. Boston: Allyn and Bacon.
Wright, Lauren K, Lovelock H Christoper. (2007). Manajemen Pemasaran Jasa, Alih Bahasa Agus Widyanto, Cetakan kedua. Jakarta: PT Indeks.
Jurnal Ilmiah dan Karya Ilmiah:
Alexandru, C. S. 2014. Osgood’s semantic differential: a review of the Romanian
social sciences literature. Journal of University of Craiova, Romania.
Dolnicar, S. and K. Lazarevski. (2009). Marketing in non-profit organizations: aninternational perspective,” International Marketing Review.
Fauzi, Muhammad. (2017). Implementasi Integrated Marketing Communication Dalam Pengumpulan Donasi Masyarakat Program Ramadhan Di Lembaga Dompet Dhuafacabang Daerah Istimewa Yogyakarta Tahun 2017 M /1. Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
Fiqhyany, rahmah dan Ari Prasetyo. (2014). Pengaruh Komunikasi Pemasaran Terpadu terhadap Niat Muzakki dalam Membayar Zakat, Infak, Shodaqoh pada Yayasan Nurul Hayat Cabang Tuban. Journal of Integrated Marketing Communication.
Marlianshani, Vera. (2015). Implementasi Integrated Marketing Communication (Imc) Organisasi Nirlaba Dompet Dhuafa Cabang Yogyakarta. Universitas Islam Indonesia.
Mintarti, Nana. (2009). Marketing Organisasi Nirlaba. Retrieved from http://www.imz.or.id/new/article/56/marketing-organisasi-nirlaba/?lang=id.
Nandia Radia, Andi. (2010). Analisis Pengaruh Penerapan Integrated marketing Communication terhadap keputusan Pembelian Produk Elektronik Panasonic. Universitas Indonesia.
Putra, Dewangga dan Tri indra Wijaksana. (2017). The Influence Of Store Atmosphere Towards Customer Purchase Intention Of Armor Kopi Bandung. Journal of Communication Management.
Rafiq, M dan Ahmed, R. (2000). Advances in the internal marketing concept: Definition, synthesis and extension. Journal of Services Marketing, 14:6, 449-462.
Rizky, M.F. & Yasin, H. (2014). Pengaruh Promosi dna Harga Terhadap Minat Beli Perumahan Obama PT. Nailah Adi Kurnia Sei Mencirim Medan. Jurnal Manajemen & Binsis, Vol. 14(2), hal. 135-143.
Schultz, Don E. (2010). New, Newer, Newest : Evolving Stage of IMC. Journal of Integrated Marketing Communication.
Viliaus, Caroline dan Rudolf L Tobing. (2017). Pengaruh Komunikasi Pemasaran Terpadu Terhadap Minat Beli Konsumen Pond’s Yang Dimediasi Oleh Brand Equity. Journal of Integrated Marketing Communication.
Wulandari, Rizky. (2016). Pengaruh Integrated Marketing Communication terhadap Loyalitas Donatur Rumah Zakat/Muzakki Yogyakarta. Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga.
Internet:
Badan Amil Zakat Nasional. (2017). Statistik Zakat Nasional 2016. Jakarta: Badan Amil Zakat Nasional.
Badan Pusat Statistik. (2018). Gini Ratio Provinsi 2002-2017. Update terakhir: tanggal 5 Januari 2018.
Badan Pusat Statistik. (2018). Jumlah Penduduk Miskin Menurut Provinsi, 2007-2017. Update terakhir: tanggal 5 Januari 2018.
http://dictionary.cambridge.org/dictionary/english/integrate
http://ekisopini.blogspot.com/2009/09/integrated-marketing-communications.html
https://www.bps.go.id/dynamictable/2017/04/26/1116/gini-ratio-provinsi-2002-2017.html.
https://www.dompetdhuafa.org/about
https://www.dompetdhuafa.org/page/visi%20dan%20misi/visi_dan_misi/ind/33
https://www.bps.go.id/dynamictable/2016/01/18/1119/jumlah-penduduk-miskin-menurut-provinsi-2007-2017.html.
https://zakat.or.id/dompet-dhuafa-gelar-workshop-ziswaf-integrated-marketing-communication/
wa.co.id/swa/trends/marketing/empat-strategi-dompet-dhuafa-tingkatkan-dana-zakat