Era gobalisasi sekarang ini, menuntut perusahaan untuk meningkatkan pelayanan secara profesional sesuai dengan bidangnya masing– masing. Perubahan teknologi dan arus informasi yang sangat cepat telah mendorong perusahaan untuk menghasilkan produk atau layanan yang dapat memenuhi kebutuhan dan keinginan pelanggan, sehingga konsumen merasa puas dengan apa yang telah mereka dapatkan dari perusahaan. Banyak cara yang dapat dilakukan perusahaan dalam memenuhi kebutuhan dan keinginan pelanggan, salah satunya yaitu
dengan memberikan kesan atau citra yang baik dalam hal produk maupun pelayanan kepada pelanggan.Untuk mengetahui pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan pelanggan pada PT. Rotaryana Engineering Jakarta, maka digunakan metode penelitian observasi, wawancara, dokumentasi, dan kuesioner. Dan dari hasil penilitian
yang penulis peroleh dapat diketahui bahwa pelayanan mempunyai hubungan yang positif terhadap kepuasan pelanggan. yaitu sebesar 0,590% . dan mempunyai pengaruh yang signifikan yaitu sebesar 34,81% dan sisanya sebesar 65,19% dipengaruhi oleh faktor lain yang penulis tidak teliti. Oleh sebab itu kualitas pelayanan sangat perlu ditingkatkan dan diaplikasikan kepada setiap karyawan sehingga dapat meningkatkan kepuasan pelanggan.
Kata Kunci : Kualitas Pelayanan, Kepuasan Pelanggan
Prosiding
Amir, M. Taufik. (2005). Edisi Pertama. Dinamika Pemasaran jelajahi dan Rasakan. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.
Laksana, fajar. (2008). Manajemen Pemasaran Edisi Pertama Cetakan Pertama. Yogyakarta: Graha Ilmu.
Lupiyoadi, Rambat. (2008). Manajemen Pemasaran Jasa. Jakarta: SalembaEmpat.
Pasolong, Harbani. (2007). Teori Administrasi Public. Bandung: Alfabeta.
Purnama, Nursya’bani. (2006). Manajemen Kualitas Perspektif Globl Edisi Pertama Cetakan Pertama. Yogyakarta: Ekonissia Kampus Ekonomi UII Yogyakarta.
Riduwan. (2005). Skala Pengukuran Variabel- variabel Penelitian. Bandung: Alfabeta.
Siregar, Sofyan. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif. Edisi Pertama. Jakarta: Kencana
Sugiyanto. 2005. Analisa Statistik Sosial. Malang: Bayu Medika.
Sugiyono. (2007). Metode Penelitian Administrasi. Bandung. Alfabeta.
Suharsimi, Arikunto. (2010). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Yogyakarta:RinekaCipta
Amir, M. Taufik. (2005). Edisi Pertama. Dinamika Pemasaran jelajahi dan Rasakan. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.
Laksana, fajar. (2008). Manajemen Pemasaran Edisi Pertama Cetakan Pertama. Yogyakarta: Graha Ilmu.
Lupiyoadi, Rambat. 2008. Manajemen Pemasaran Jasa. Jakarta: SalembaEmpat.
Pasolong, Harbani. (2007). Teori Administrasi Public. Bandung: Alfabeta.
Purnama, Nursya’bani. (2006). Manajemen Kualitas Perspektif Globl Edisi Pertama Cetakan Pertama. Yogyakarta: Ekonissia Kampus Ekonomi UII Yogyakarta.
Riduwan. (2005). Skala Pengukuran Variabel- variabel Penelitian. Bandung: Alfabeta.
Siregar, Sofyan. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif. Edisi Pertama. Jakarta: Kencana
Sugiyanto. 2005. Analisa Statistik Sosial. Malang: Bayu Medika.
Sugiyono. (2007). Metode Penelitian Administrasi. Bandung. Alfabeta.
Suharsimi, Arikunto. (2010. Prosedur Penelitian Suatu
Pendekatan Praktik. Yogyakarta:RinekaCipta