TESIS

research
  • 08 Apr
  • 2023

TESIS

Kesadaran Merek (Brand Awareness) menurut Aeker adalah kesanggupan seorang calon pembeli untuk mengenali atau mengingat kembali bahwa suatu merek merupakan bagian dari kategori produk tertentu. Kesadaran menggambarkan keberadaan merek didalam pikiran konsumen yang dapat menjadi penentu dalam berbagai kategori. Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh Brand Awareness terhadap Brand Extensibility dan Repurchase Intention melalui Quality Perception. Penelitian ini dilaksanakan di tempat yang berbeda-beda untuk mendapatkan responden. Dengan alasan tempat-tempat tersebut  memudahkan peneliti mencari responden. Populasi dan sampel penelitian ini adalah para pengguna Lifebuoy, yang berjumlah 150 responden. Teknik analisis yang digunakan untuk menganalisis pengaruh variabel Brand Awareness terhadap Brand Extensibility dan Repurchase Intention melalui Quality Perception adalah dengan menggunakan SEM (Structural Equation Model). Hasil analisis menunjukkan bahwa terdapat  pengaruh  positif  yang signifikan antara Kesadaran Merek terhadap Perluasan Merek  dan Pembelian Ulang melalui Persepsi Kualitas. Kesimpulan dari penelitian ini adalah Brand Awareness yang dimiliki konsumen  Lifebuoy berpengaruh positif terhadap Quality Perception. Hal ini menunjukkan bahwa semakin tinggi tingkat Brand Awareness didalam benak konsumen  Lifebuoy akan semakin meningkat pula Quality Perception yang dimiliki.

Unduhan

  • tesis MNI ok.pdf

    Tesis MNI ok

    •   diunduh 88x | Ukuran 2,029 KB

 

REFERENSI

Aaker, David A.(1991). Managing brand Equity: Capitalizing on the value of a Brand Names, Free Press, New York, NY. New York: The Free Press.

Aaker, David A. (1997). Building Strong Brands. The Free Press. New York, NY.

Davidow, Moshe (2003), "Have You Heard The World?" the Effect of Word of Mouth on Perceived Justice, Satisfaction and Repurchase Intentions Following Complaint Handling", Journal of Consumer Satisfaction, Dissatisfaction and Complaining Behaviour. Volume 16. pp. 68-80.

Delgado, E. Munuera, J.L and Yaque, MJ. "Development and Validation of a Brand Trust Scale", International Journal of Market Research, vol. 45 No. 1, pp. 35-34.

Erdem, T., Swait, J. (1998), "Brand equity as a signaling phenomenon", Journal of Consumer Psychology, Vol. 7 No. 2, pp. 131-58.

Gabbot, Mark and Gillian Hogg. Consumer and Service. United Stated of America: John Wiley-Chichester, 1998.

Hasan, A. (2008). Marketing (1st ed.), Jakarta: P.T BUKU KITA.

Hellier, P.K.; Geursen. G.M ; Carr. R.A; Rickkard, J.A. (2003). Customer Repurchase Intention. European Journal of Marketing. Vol 37 No. 11/12, pp. 1762-1800.

Hermawan, Asep (2003). Pedoman Metodologi Penetitian Bisnis, Jakarta : LPFE.

Hoeffler, S. And Keller, K.L (2002), 'Building brand equity through corporation societal marketing", Journal of Public Policy and Marketing, vol. 21 No. 1, pp. 78-79.

Jones, D.L.; Motherbaugh; Beatty, S.E. (2003). The Effect of Locational Convenience on Customer Repurchase Intention Across Service Types. Journal of Service Marketing. Vol 17 (7) pp. 701-712.

Keller, Kevin L. (1998). Strategic Brand Management; Building, Measuring and Managing Brand Equity. Prentice Hall.

Keller, (2001), "Building customer-based brand equity", Marketing Management, Vol. 10 No. 2, pp. 15-19

Keller, Kevin and Kotler, Philip. (2005). Marketing Management. Prentice - Hall.

Kotler, Philip (1997). Marketing Management: Analysis Planning, Implementation and Control. New Jersey: Prentice Hall.

Kotler, Philip and Gary Amstrong (2003). "An Introduction: Principles of Marketing", Sixth edition. New Jersey: Prentice Hall Int'l.

Kotler, Philip. (2005). Manajemen Pemasaran. Jakarta: PT. INDEKS Kelompok Gramedia.

Rochaety, Eti dan Ratih Tresnati, (2005), Kamus Istilah Ekonomi, Cetakan Pertama, Jakarta: PT. Bumi Aksara.

Sugiyono. (2010). Statistik untuk Penelitian. Bandung: ALFABETA.

Schiffman, Leon G, dan Leslie Lazar kanuk. Consumer Behaviour, 7th edition Prentice Hall, 2000.

Schoenbachler, Denise D. (2004) "Building Brand Loyalty Through Individual Stock Ownership", Journal of Product & Brand Management, vol. 13, No.7.

Sekaran, Uma. (2003). "Research Method in Business, A Skill Building Approach", Third Edition. United State of America; John Wiley & Sons. Inc.

Stanton, William J., Michael J. Etzel and Bruce J. Walker (1994). Fundemental of Marketing. USA: McGraw-Hill, Inc.

Wells, W.D. and Prensky, D. (19%). Consumer Behaviour. New York: Wiley.

Yu, C.; Wei, Y. & Wang, H. (2008). Global brand equity model: combining customer-based wyh product-market outcome approaches, Journal of Product & Brand Management, Vol 17 No. 5, pp. 305-316.