Tahun 2013, bencana ekologis di Indonesia meningkat sampai 293%, disebabkan eksploitasi hutan untuk industri ekstraktif, milik beberapa pejabat di pemerintahan. 2014 adalah tahun politik, dengan adanya Pileg dan Pilpres. Walhi melakukan pemberdayaan komunikasi lingkungan hidup kepada caleg/parpol dan kandidat pilpres. Walhi mengusung Platform Gerakan Politik Lingkungan Hidup, agar calon wakil rakyat dan pemimpin yang terpilih akan memproduksi kebijakan yang pro lingkungan hidup. Tujuan penelitian untuk memahami tujuan pemberdayaan, strategi, hambatan dan pola komunikasi lingkungan hidup Walhi pada Pemilu 2014. Tipe penelitian bersifat deskriptif kualitatif dengan paradigma konstruktivis. Metode penelitian yang digunakan studi kasus dengan teknik pengambilan data melalui wawancara dan studi literatur. Penelitian ini menggunakan teori komunikasi lingkungan hidup dari Robert Cox dan model komunikasi relevansi dari Ulrich Nitsch. Hasil penelitian menunjukkan strategi pemberdayaan komunikasi lingkungan hidup Walhi pada pemilu 2014 bertujuan mendorong calon pemimpin legislatif dan eksekutif agar ketika terpilih berkomitmen memproduksi kebijakan pro lingkungan hidup. Strategi dilakukan dengan cara melobi Caleg/Parpol dan Kandidat Pilpres, media relations dan sinergi LSM. Hambatannya adalah isu-isu di lapangan. Pola komunikasinya melibatkan Caleg/Parpol dan Kandidat Pilpres dengan perbedaan pada respon.
Strategi Pemberdayaan Komunikasi Lingkungan Hidup Wahana Lingkungan Hidup Indonesia (WALHI) pada Pemilihan Umum 2014
Ady. 2014. Menakar Komitmen Ekologis Capres Cawapres: Masterplan Percepatan dan Perluasan Pembangunan Ekonomi Indonesia dikritik. http://www.hukumonline.com/berita/baca/lt539ab77c92b7f/menakarkomitmen-ekologis-capres-cawapres (diakses pada 4 Maret 2015).
Amienyi, Osabuohien P. 2001. Redeveloping Communication for Social Change, Theory, Practice and Power. Journalism and Mass Communication Quarterly. Vol.78, No.2, pp.:402-204
Ardianto, Elvinaro; Bambang Q-Anees. 2011. Filsafat Ilmu Komunikasi. Bandung: Simbiosa Rekatama Media.
Argenti, Paul A. 2010. Komunikasi Korporat = Corporate Communication. Jakarta: Salemba Humanika.
Auer, M.R. 2000. School of Public and Environmental relationship. Global Governance. Vol.33, No.2, pp.:155-180.
Belasen, Alan T. 2008. The Theory and Practice of Corporate Communication: a Competing Values Perspective. Los Angeles: Sage Publications.
Berhane, Yoseph. 2010. A Study on the Communication between Environmental NGOs and the Media in Ethiopia. Master Thesis. Swedish University. Uppsala.
Betsill, Michele M.; Elisabeth Corell (ed). 2008. NGO Diplomacy: the Influence of Nongovernmental Organizations in International Environmental Negotiations. Cambridge: MIT Press.
Bungin, Burhan. Ed. 2007. Metodologi Penelitian Kualitatif: Aktualisasi Metodologis ke Arah Ragam Varian Kontemporer. Jakarta: RajaGrafindo Persada.
_______. 2011. Penelitian Kualitatif: Komunikasi, Ekonomi, Kebijakan Publik dan Ilmu Sosial Lainnya. Jakarta: Kencana.
Cerin, Pontus. 2002. Communication in Corporate Environmental Reports. Corporate Social Responsibility and Environmental Management. Vol.9, No.1, pp.: 46-67.
Cox, R. 2006. Environmental Communication and the Public Sphere. California: Sage Publications.
Craig, Robert T.; Heidi Muller. Ed. 2007. Theorizing Communication: Readings Across Traditions. Los Angeles: Sage Publications.
Creswell, John W. 2002. Research Design: Qualitative & Quantitative Approaches = Desain Penelitian: Pendekatan Kualitatif dan Kuantitatif. Jakarta: KIK Press.
Cutlip, Scott M., Allen H. Center dan Glen M. Broom. 2010. Effective Public Relations. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Davie, William R. and T. Michael Maher. 2006. Maxwell McCombs: AgendaSetting Explorer. Journal of Broadcasting & Electronic Media. Vol.50, No.2, June, pp: 358-364.
Denzin, Norman K.; Yvonna S. Lincoln. Ed. 2009. Handbook of Qualitative Research. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Depoe, Stephen P.; John W. Delicath; Marie-France Aepli Elsenbeer (ed.). 2004. Communication and Public Participation in Environmental Decision Making. Albany: New York Press.
Djatmiko, Yayat Hayati. 2004. Perilaku Organisasi. Bandung: Alfabeta.
Effendy, Onong Uchjana. 2004. Ilmu Komunikasi: Teori dan Praktek. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Griffin, E.M. 2011. A First Look at Communication Theory. New York: McGrawHill.
Grindstaff, Laura. 2011. Communication Power. Contemporary Sociology. Vol.40, No.6, pp.: 698-700.
GTZ. 2000. Environmental Communication for Sustainable Development: a Practical Orientation. Eschborn: GTZ.
_______, 2006. Strategic Communication for Sustainable Development: a Conceptual Overview. Eschborn: GTZ.
Hernandar, Jajang. 2004. Strategi Komunikasi Organisasi Non Pemerintah (ORNOP) Lingkungan Hidup: Studi Kasus Strategi dan Program Komunikasi Walhi dalam Penanganan Isu Tailing PT. Newmont Minahasa Raya (Periode 1999-2002).Tesis. Universitas Indonesia. Jakarta.
Hidayat, Herman. 2008. Politik Lingkungan Pengelolaan Hutan Masa Orde Baru dan Reformasi. Jakarta: Yayasan Obor Indonesia
Hong, Dayong (et al.). 2010. The Growing Nongovernmental Forces for Environmental Protection in China. An International Journal of East Asian Science, Technology and Society. No.4, pp.: 457-460.
Hovland, Ingie. 2005. Successful Communication: A Toolkit for Researchers and Civil Society Organizations. London: Overseas Development Institute (ODI).
Indonesia. Komisi Pemilihan Umum. Keputusan No.35 Tahun 2004 tentang Kampanye Pemilihan Presiden dan Wakil Presiden.
Jefkins, Frank. 2003. Public Relations. Jakarta: Erlangga.
Kasali, Rhenald. 1999. Manajemen Public Relations: Konsep dan Aplikasi. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Kenney, Brad. 2008. LSM dan Kalangan Bisnis – Cita cita Bersama, Saling Percaya. eJournal USA, vol.13, no.3
Koran Jakarta. 2014. Bencana Ekologis. http://koran-jakarta.com/?4004-bencana%20ekologis (diakses pada 4 Maret 2015).
Kristanti, Elin Yunita. 2015. Ilmuwan: 4 dari 9 Batasan Bumi Sudah Dilanggar Manusia. http://news.liputan6.com/read/ilmuwan-4-dari-9-batasan-bumisudah-dilanggar-manusia.htm (Diakses tanggal 25 Februari 2015)
Krisyantono, Rahmat. 2009. Teknik Praktis Riset Komunikasi Disertai Contoh Praktis Riset Media Public Relations, Advertising, Komunikasi Organisasi, Komunikasi Pemasaran. Jakarta: Kencana Prenada.
Liputan6 TV. 2015. Jakarta Terancam Perubahan Iklim. http://news.liputan6.com/read/jakarta-terancam-perubahan-iklim.htm (Diakses tanggal 25 Februari 2015)
Littlejohn, Stephen W.; Karen A. Foss. 2009. Teori Komunikasi = Theories of Communication. Jakarta: Salemba Humanika.
Lundgren, Lars J.. Ed. 2000. Knowing and Doing - on Knowledge and Action in Environmental Protection. Stockholm: Environmental Protection Agency.
Maiers, Christina; Margaret Reynolds; Mark Haselkom. 2005. Challenges to Effective Information and Communication Systems in Humanitarian Relief Organizations. Dalam: IEEE International Profesional Communication Conference Proceedings. Hal.: 82-91.
McKenzie-Mohr, D. 2007. Fostering Sustainable Behaviour: an Introduction to Community-Based Social Marketing. Canada: New Society Publishers
Mehers, M. 1998. Environmental Communication Planning Handbook. Geneva: International Academy of the Environment.
Meleong, J. Lexy. 2013. Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Miller, Katherine. 2005. Communication Theories: Perspectives, Processes, and Contexts. Boston: McGraw-Hill.
Morissan. 2013. Teori Komunikasi: Individu hingga Massa. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Mulyana, Deddy. 2000. Ilmu Komunikasi: Suatu Pengantar. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Nitsch, U. 2000. The Art of Environmental Communication. Dalam: Lars J. Lundgren. Ed. 2000. Knowing and Doing - on Knowledge and Action in Environmental Protection. Stockholm: The Swedish Environmental Protection Agency.
Oppenheimer, Michael. 2006. Science and Environmental Policy: The Role of Nongovernmental Organizations. Social Research. Vol.73, No.3, pp.: 881-892.
Pusat Bahasa Departemen Pendidikan Nasional. 2005. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Ed.3. Jakarta: Balai Pustaka.
Rahmat, Abdi. 2003. Peran LSM dalam Penguatan Civil Society di Indonesia: Studi Kasus Walhi. Tesis. Depok: Pascasarjana UI.
Salusu, J. 2008. Pengambilan Keputusan Stratejik untuk Organisasi Publik dan Organisasi Nonprofit. Jakarta: Grasindo.
Usman, Husaini; Purnomo Setiady Akbar. 2006. Metodologi Penelitian Sosial. Jakarta: Bumi Aksara.
Venus, Antar. 2004. Manajemen Kampanye: Panduan Teoritis dan Praktis dalam Mengefektifikan Kampanye Komunikasi. Bandung: Simbiosa Rekatama Media.
Walhi. 2014. Tinjauan Lingkungan Hidup Walhi 2014: Politik 2014, Utamakan Keadilan Ekologis. http://www.walhi.or.id/tinjauan.pdf (Diakses pada tanggal 04 Maret 2015)
Widjajanto, Kenmada. Ed. 2013. Perencanaan Komunikasi: Konsep dan Aplikasi. Bandung: Ultimus.
Yin, Robert K. 2005. Studi Kasus: Desain dan Metode. Jakarta: Raja Grafindo