Tesis Anggi Puspitasari

research
  • 07 Apr
  • 2023

Tesis Anggi Puspitasari

Air bersih adalah kebutuhan yang sangat mendasar dalam melaksanakan aktifitas untuk masyarakat di
perkotaan maupun di pedesaan yang berdampak langsung pada kesehatan dan kesejahteraan fisik, sosial dan
ekonomi masyarakat. PDAM merupakan salah satu unit usaha milik daerah yang bergerak dalam distribusi air
untuk masyarakat umum yang terdapat di setiap propinsi dan kabupaten. Kinerja Pelayanan PDAM adalah
komponen yang penting guna mengetahui baik tidaknya pelayanan yang diberikan PDAM kepada para
pelanggan. Kriteria pelayanan PDAM adalah cakupan pelayanan teknis, pertumbuhan pelanggan, tingkat
penyelesaian pengaduan, dan Kualitas air pelanggan. Kriteria-kriteria ini akan dimasukan ke dalam variabelvariabel sistem fuzzy dengan menggunakan metode Mamdani, sehingga penentuan kinerja Pelayanan PDAM
dapat ditentukan apakah pelayanan PDAM tersebut baik, cukup dan tidak baik. Menggunakan metode
Mamdani di dapatkan hasil dari 55 PDAM terdapat 16 PDAM dengan kinerja Pelayanan PDAM tidak baik,
21 PDAM dengan kinerja Pelayanan PDAM Cukup, serta terdapat 17 kinerja Pelayanan PDAM baik

Unduhan

 

REFERENSI