Museum Kehutanan adalah lembaga yang dikelola oleh Kementerian LH dan Kehutanan yang mempunyai misi mengedukasi publik dengan pelayanan yang baik. Kesuksesan dan kepuasan dalam pelayanan public tidak lepas dari pengelolaan komunikasi internal dari organisasi pemerintah dengan pegawainya, karena pegawai di bidang pelayanan adalah ujung tombak dalam pelayanan publik. Peran dan fungsi humas pada sebuah organisasi cukup penting dalam pengelolaan komunikasi internal. Salah satunya melalui program pelatihan bagi pegawai pelayanan publik. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis peran dan fungsi Humas Museum Kehutanan dalam pelatihan pelayanan prima. Tipe penelitian bersifat deskriptif kualitatif dengan paradigma konstruktivis. Metode penelitian yang digunakan studi kasus. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peran dan fungsi kehumasan bagi internal pada Museum Kehutanan dilakukan oleh Bagian Tata Usaha. Pelatihan layanan prima bermanfaat dalam memberikan peningkatan kinerja dari sisi pengetahuan, motivasi, dan kebersamaan.
ANALISIS PERAN DAN FUNGSI HUMAS MUSEUM KEHUTANAN DALAM PELATIHAN PELAYANAN PRIMA
Abdurrachman, Oemi. (2001). Dasar-dasar Public Relations. Bandung: Citra Aditya Bakti.
Afdhal, Ahmad Fuad. (2004). Tips & Trik Public Relations. Jakarta: Grasindo.
Cangara, Hafied. (2003). Pengantar Ilmu Komunikasi. Jakarta: Raja Grafindo.
Clutterbuck, David & Kernaghan, Susan. (2003). Daya Pemberdayaan: Menggali dan Meningkatkan Potensi Karyawan Anda. Jakarta: Bhuana Ilmu Populer.
Cutlip, Scott M., Center, Allen H. & Broom, Glen M. (2007). Effective Public Relations. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Djatmiko, Yayat Hayati. (2004). Perilaku Organisasi. Bandung: Alfabeta.
Effendy, Onong Uchjana. (2002). Hubungan Masyarakat: Suatu Studi Komunikologis. Bandung: Remaja Rosdakarya.
----------, (2003). Dinamika Komunikasi. Bandung: Remaja Rosdakarya.
----------, (2004). Ilmu Komunikasi: Teori dan Praktek. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Irawan D., Irawan. (2002). 10 Prinsip Kepuasan Pelanggan. Jakarta: Elex Media Komputindo.
Jefkins, Frank. (2003). Public Relations. Jakarta: Erlangga.
Mahmud, Mahidin. (2001). Manajemen Humas. Jakarta: Universitas Terbuka.
Meleong, J. Lexy. (2004). Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Mulyana, Deddy. (2000). Ilmu Komunikasi: Suatu Pengantar. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Pace, R. Wayne & Faules, Don F. (2001). Komunikasi Organisasi: Strategi Meningkatkan Kinerja Perusahaan. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Pusat Bahasa Departemen Pendidikan Nasional. (2005). Kamus Besar Bahasa Indonesia. Ed.3. Jakarta: Balai Pustaka.
Ruslan, Rosady. (2007). Manajemen Public Relations & Media Komunikasi: Konsepsi dan Aplikasi. Edisi Revisi. Jakarta: RajaGrafindo Persada.
Sati, Irmulan & Basya, Muslim (ed.). (2006). Tantangan Indonesia Baru: Strategi dan Aktivitas Public Relations. Jakarta: BPP Perhumas.
Soemirat, Soleh & Ardianto, Elvinaro. (2002). Dasar-dasar Public Relations. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Widjaja, H.A.W. (2000). Ilmu Komunikasi: Pengantar Studi. Edisi Revisi. Jakarta: Rineka Cipta.
Wiryanto. (2004). Pengantar Ilmu Komunikasi. Jakarta: Grasindo.
Yin, Robert K. (2005). Studi Kasus: Desain dan Metode. Jakarta: Raja Grafindo.