Ernawati Chrismonica (21190142), Prosedur Administrasi Arsip Surat Pada Kantor Dinas Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan Provinsi DKI Jakarta
Dinas Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan Provinsi DKI Jakarta merupakan dinas pelaksana pemerintah daerah yang diberi wewenang dan tanggung jawab dalam melaksanakan tugas penanganan masalah kebakaran. Di dalam kantor terdapat bagian mulai dari Sub bagian umum yaitu merupakan unit kerja staff yang di pimpin oleh Kepala Dinas yang bertanggung jawab memonitoring setiap staff. Pada subbagian umum tersebut untuk melaksanakan tugas administrasi dinas atau bagian surat-menyurat juga mempunyai peranan yang sangat penting untuk membantu Prosedur administrasi arsip surat atau pelaksanaan tugas sehari-hari sesuai aturan-aturan atau prosedur yang berlaku. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui pelaksanaan pelayanan prosedur administrasi arsip surat bagian subbagian umum Dinas Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan Provinsi DKI Jakarta serta mengetahui kendala yang dihadapi dan serta memberi solusi. Metode pengumpulan data dalam penyusunan tugas akhir ini menggunakan metode observasi, wawancara dan studi dokumentasi. Prosedur administrasi arsip surat meliputi pembuatan mencatat di buku agenda, membuat disposisi, pencatatan kembali, penginputan dan pengarsipan pada surat. Kegiatan Prosedur administrasi arsip surat yang dijalankan adalah untuk memudahkan alur administrasi serta memudahkan evaluasi instansi. Harapan kedepannya dari penulis adalah segala kendala yang terjadi pada saat melaksanakan prosedur administrasi arsip surat agar dapat diperhatikan dan diperbaiki agar tidak menghambat kegiatan itu sendiri.
Daftar Pustaka
BAB II
Alfiani Enggar Sawitri*), A. I. (2023). Analisis Penggunaan Aplikasi Tata Surat Dalam Pengelolaan Surat Masuk dan Surat Keluar Pada Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Tengah. Korespondensi. , 2-5.
Asrielansyah, M. (2018). Prosedur kegiatan administrasi Surat. 37-38.
dewantara, a. (2022). Pengertian Arsip Menurut Lembaga Administrasi Negara, Pedoman Tata Surat-Menyurat dan Kearsipan. Jakrta: Dunia Arsip.
Diah Wijayanti Sutha (2018). ADMINISTRASI PERKANTORANCara Mudah Memahami Konsep Dasar Administrasi Perkantoran Secara Umum. Sidoarjo: Indomedia pustaka.
Muhamad Sadi Is, S. M. (2021). Hukum Administrasi Negara. Jakarta:
Prenada Media.
Habiburrahman. (2018). Penggunaan Perangkat Lunak Dalam Pengelolaan Arsip Konvensional Dan Elektronik (Vol. 4). Jakarta Pusat : Jurnal Ilmu Perpustakaan, Informasi dan Kearsipan -Khizanah Al-Hikmah .
Hani Derina Putri, E. m. (2021, juli-desember). Sistem Pengarsipan surat pada kantor UPTD/korwil disdikbud muara telang. adminika , 65-67.
Rifai, O. S. (2018). Perancangan Sistem Informasi Pengelolaan Administrasi Surat Menyurat Di Kantor Desa Sumberdem Kecamatan Wonogiri Kabupaten Malan. Seminar Nasional Sistem Informasi , 1230-1231.
Robby Yuli Endra, Usman Rizal, dan Fenty Ariani. (2021). E-Arsip Berbasis Image Archives Management Process Model Untuk Meningkatkan Efektifitas Pengelolaan Arsip. Jurnal EXPLORE , 7, 6-7.
Sambas Ali Muhidin, Budi Santoso dan Hendri Winata. (2019). Pengelolaan Arsip Digital. Jurnal Pendidikan Bisnis dan Manajemen (JPBM) , 2, 2-3.