Komunikasi yang dilakukan radio adalah komunikasi massa, yakni komunikasi kepada orang banyak dengan
menggunakan media dan gaya komunikasinya harus berupa komunikasi personal atau antar
pribadi karena pendengar
radio. Salah satu opsi atau pilihan utama pemanfaatan radio bagi perusahaan
-
perusahaan besar antara lain untuk
mempromosikan produk barang atau jasa mereka sebagai promosi penjualan (marketing promotion). Perusahaan
-
perusahaan te
rsebut mencoba mengiklankan produk mereka dengan semenarik mungkin. Penelitian ini bertujuan untuk
mengetahui hubungan pengetahuan dari sebuah komunitas pendengar terhadap iklan SmartFren di Radio Elgangga
dengan minat beli. Berbagai konsep, program, dan S
trategi Marketing Public Relations sangat diperlukan untuk menarik
sebanyak
-
banyaknya konsumen atau pengunjung, agar perusahaan tetap terus berkembang dan mampu menghadapi
pesaingnya dengan memberikan kepuasan dari konsumennya. Metode yang digunakan dalam
penelitian ini adalah
survey dengan pendekatan kuantitatif, dan pengetahuan (variable X) dan minat beli (variable Y) dengan menggunakan
teknik skala Likert dalam pemberian skor yang digunakan dalam kuesioner. Hasil penelitian dan kesimpulan
menunjukan bahw
a strategi Marketing Public Relations yang dilakukan berjalan cukup baik, pihak manajemen
merancang setiap strategi dan program
-
program yang dibuat dengan memperhatikan segmentasi pasar dan targeting
konsumen, sehingga dalam pembuatan program strategi sang
at cocok dengan keinginan dari pengunjungnya.
Unduhan
-
Terakhir download 15 May 2025 07:05
10498Hubungan Antara Pengetahuan Komunitas PendengarTerhadap Iklan SmartFrenDengan MinatBeliDi Radio ElganggaFaqihar
-
diunduh 101x |
Ukuran 853 KB
Referensi utama adalah jurnal internasional dan jurnal
Ajat Rukajat. (2018).
Pendekatan Penel
itian Kuantitatif
.
CV Budi Utama.
Alifahmi, H. (2008).
Marketing communications
orchestra: Harmonisasi iklan, promosi, dan
marketing public relations
. PT Sygma Examedia.
Arni, N. W. (2013). Strategi Marketing Public Relations
Radio Q Yogyakarta Menggunakan
Program Off
Air.
Jurnal Ilmu Komunikasi
,
11
(2), 155
–
166.
Effendy, O. U. (2007).
Ilmi Komunikasi Teori dan
Praktek
.
Rosdakarya.
Heru Mulyanto, A. W. (2010).
Penelitian Metode dan
Analisis
. CV Agung.
Kriyantoro, R. (2006).
Tehknik Praktis Riset Komunikasi
.
PT Kencana.
Masyhuri, M. Z. (2008).
Metodologi Penelitian Sosial
dan Ekonomi, Teori dan Aplikasi.
Alfabeta.
Morissan. (2012).
Metode Penelitian Survei
. Kencana.
Noor, J. (2011).
Metode Penelitian
. Kencana.
Ruslan, R. (2006).
Metode Penelitian Public Relati
ons
dan Komunikasi
. PT. Raja Grafindo Persada.
Singarimbun, M. dkk. (1995).
Metode Penelitian Survei
.
Pustaka LP3ES.
Sudjana, N., & Ibrahim. (1989).
Penelitian Kualitatif dan
Kuantitatif
. Sinar Baru.
Sugiono. (2013).
Metode Penelitian Manajemen
.
Alfabeta.
Watak, A. V. (2018). Strategi Promosi Pt. Radio Suara
Mitra 92,8 Fm Ratahan Dalam Meningkatkan Minat
Masyarakat Untuk Memasang Iklan.
ACTA
DIURNA KOMUNIKASI, 7 (3)