PT Pos Indonesia adalah Perusahaan yang bergerak dalam bidang Jasa Kurir dan
Logistik, Jasa Keuangan, dan menjual berbagai produk Benda Pos. Dalam
pelaksanakan Administrasi Pemasaran, PT Pos Indonesia sistem tertentu, salah
satunya sistemnya mitra usaha atau kemitraan, yaitu pihak yang bekerja sama dengan
perusahaan untuk memberikan layanan suatu produk dan memiliki suatu kontrak kerja
dalam menjalankan suatu mitra usaha. Dalam hal kemitraan PT Pos Indonesia
menyediakan dua Mitra Usaha yaitu Agenpos dan O-Ranger, Sebagai yaitu pihak yang
bekerjasama dengan PT Pos Indonesia. Metode yang digunakan dalam penelitian yaitu
Observasi, Wawancara dan Dokumentasi. hasil penelitan dijabarkan dalam bentuk alur
flowchart dan hasil dijabarkan dalam bentuk tabel yaitu alur tentang administrasi,
pemasaran dan hasil pemasarannya berupa tabel berisi daftar anggota dari Mitra usaha
Agenpos dan O-Ranger serta kendala yang terjadi serta cara mengatasi kendala
tersebut. Kendala dari Koordinator Mitra Agenpos yaitu, Persaingan dengan
kompetitor, Agenpos ada yang mengandalkan Walk In Custumer, dan jam operasional
terbatas. Cara mengatasi kendala yaitu pemasaran Agenpos lebih agresive lagi, jam
opersioanal ditambah dan tidak mengandalkan Walk in Custumer lagi. Kendala dari
koordinator Mitra O-Ranger adalah server yang terkadang error, susah mencari
pelanggan, dan setoran terkadang mengalami keterlambatan. Cara mengatasi kendala
oleh koordinator O-Ranger yaitu memperbaiki sinyal yang terkendala oleh TSI,
melakukan promosi di tempat umum dan menagih setoran yang tertunda.
TA_22190359
Agenpos PT Pos Indonesia. (n.d.). Graha Pos Indonesia bandung. Diambil 7 Juni 2022,
dari https://www.posindonesia.co.id/en/content/agen-pos
Febriani, N. S. & W. W. A. D. (2018). Teori dan Praktis Riset Komunikasi
Pemasaran Terpadu. Malang: UB Press.
https://www.google.co.id/books/edition/Teori_dan_Praktis_Riset_Komunikasi_
Pemas/MtqFDwAAQBAJ?hl=id&gbpv=1&dq=teori+pemasaran&printsec=fron
tcover
Firmansyah, H. &, Wardhana, A. (2022). Pelayanan Publik di Era Tatanan Normal
Baru. Bandung: Media Sains Indonesia.
https://www.google.co.id/books/edition/Pelayanan_Publik_di_Era_Tatanan_No
rmal_B/FlNgEAAAQBAJ?hl=id&gbpv=1&dq=tujuan+administrasi+adalah&p
g=PA5&printsec=frontcover
Himmah, S. R. & L. S. (2021). Perkembangan Kemitraan Pelaku Usaha. Jombang:
LPPM Universitas KH A. Wahab hasbullah.
https://www.google.co.id/books/edition/Perkembangan_Kemitraan_Pelaku_Usa
ha/LbsxEAAAQBAJ?hl=id&gbpv=1&dq=Kemitraan&pg=PA9&printsec=front
cover
Kamalludin, A. (2017). Administrasi Bisnis. Makassar: CV SAH MEDIA.
https://www.google.co.id/books/edition/Administrasi_Bisnis/SkFtDwAAQBAJ
?hl=id&gbpv=1&dq=administrasi+adalah&printsec=frontcover
Kusumowardhani, W. (2021). Seri Health Management : Promosi Kesehatan dan
Pemberdayaan Masyarakat. Jakarta: Guepedia.
https://www.google.co.id/books/edition/Seri_Health_Management_PROMOSI_
KESEHATAN/bI1LEAAAQBAJ?hl=id&gbpv=1&dq=kemitraan+adalah&pg=
PA47&printsec=frontcover
Mustofa, A. (2020). Administrasi Pelayanan Kesehatan Masyarakat. Surabaya: CV
Jakad Media Publishing.
https://www.google.co.id/books/edition/ADMINISTRASI_PELAYANAN_KE
SEHATAN_MASYARA/ArrODwAAQBAJ?hl=id&gbpv=1&dq=manfaat+ilm
u+administrasi&printsec=frontcover
O-Ranger PT Pos Indonesia. (n.d.). Graha Pos Indonesia Bandung. Diambil 7 Juni
2022, dari https://www.posindonesia.co.id/en/content/o-ranger
Prayitno, S. &, Harjanto, R. (2021). Manajemen Komunikasi Pemasaran Terpadu -
Rajawali Pers. Yogyakarta: PT Raja Grafindo Persada.
https://www.google.co.id/books/edition/Manajemen_Komunikasi_Pemasaran_T
erpadu_R/rEwaEAAAQBAJ?hl=id&gbpv=1&dq=pemasaran+adalah&pg=PA3
1&printsec=frontcover
Purwanto. (2019). Administrasi Sarana dan Prasarana, Yogyakarta: UNY Press.
https://www.google.co.id/books/edition/Administrasi_Sarana_dan_Prasarana/O
gYREAAAQBAJ?hl=id&gbpv=1&dq=administrasi+adalah&pg=PA11&printse
c=frontcover
Raharjo, T. weda. (2018). Pengembangan Ekonomi Masyarakat Melalui Penguatan
Kemitraan Usaha UMKM, Koperasi dan Korporasi. Surabaya: CV Jakad Media
Publishing.
https://www.google.co.id/books/edition/Pengembangan_Ekonomi_Masyarakat_
Melalui/Z86GDwAAQBAJ?hl=id&gbpv=1&dq=kemitraan+adalah&pg=PA11
&printsec=frontcover
Rahman, M. (2017). Ilmu Administrasi Bisnis. Makassar: CV SAH MEDIA,
https://www.google.co.id/books.google.co.id/books?hl=id&lr=&id=pVNtDwA
AQBAJ&oi=fnd&pg=PR1&dq=ahli+teori+administrasi&ots=nux0pzXCD2&si
g=hPv7mOQUfhskVEoIQLowEvAO_TE&redir_esc=y#v=onepage&q=ahli
teori administrasi&f=false
Ridwansyah, A. (2015). Markplus Selling Way. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.
https://www.google.co.id/books/edition/Markplus_Selling_Way/6xdIDwAAQB
AJ?hl=id&gbpv=1
Rosmaladewi, O. (2018). Manajemen Kemitraan : Multistakeholder dalam
pemberdayaan masyarakat. Yogyakarta: Deepubulish CV Budi Utama.
https://www.google.co.id/books/edition/Manajemen_Kemitraan_Multistakehold
er_Dal/MoKYDwAAQBAJ?hl=id&gbpv=1&dq=kemitraan+adalah&pg=PA20
&printsec=frontcover
Sa’adah, L. &, Chusnul, M. (2021). Manajamen Pemasaran NU care Lazisnu.
Jombang: LPPM Universitas KH A. Wahab hasbullah.
https://www.google.co.id/books/edition/Manajemen_Pemasaran_NU_Care_LA
ZISNU/tIQwEAAAQBAJ?hl=id&gbpv=1&dq=tujuan+pemasaran&pg=PA17&
printsec=frontcover
Saleh, M. Y. & D. M. (2019). Konsep dan Strategi Pemasaran. Makassar: CV Sah
Media.
https://www.google.co.id/books/edition/Konsep_dan_Strategi_Pemasaran/pZuDwAAQBAJ?hl=id&gbpv=1&dq=tentang+pemasaran+pemasaran&printsec=fr
ontcover
Sawir, M.
(2021).
Ilmu
Administrasi dan
Analisis
Kebijakan
Publiik.
Yogyakarta:
Deepublish.
https://www.google.co.id/books/edition/Ilmu_Administrasi_Dan_Analisis_Kebi
jakan/3Nk7EAAAQBAJ?hl=id&gbpv=1&dq=pengertian+administrasi&pg=PA
8&printsec=frontcover
Sewaka,
Katri
Anggraini, & D.
S.
(2022).
Digital
Marketing.
Tangerang
Selatan:
Pascal
Book.
ontcover&pg=PA167&dq=Tujuan+Kemitraan&hl=id&source=newbks_fb&redi
r_esc=y#v=onepage&q=Tujuan Kemitraan&f=false
Sherly, S. &, Halim, F. (2020). Pemasaran Internasional. Medan: Yayasan Kita
Menulis.
https://www.google.co.id/books/edition/Pemasaran_Internasional/J1gNEAAAQ
BAJ?hl=id&gbpv=1&dq=pemasaran&pg=PA74&printsec=frontcover
Suryana, E. (2015). Administrasi Pendidikan Dalam Pembelajaran. Yogyakarta:
Deepublish.
https://www.google.co.id/books/edition/Administrasi_Pendidikan_Dalam_Pemb
elajar/jH6QDwAAQBAJ?hl=id&gbpv=1
Thian, A. (2021). Manajemen Pemasaran. Medan: Andi Offset.
https://www.google.co.id/books/edition/Manajemen_Pemasaran/VshQEAAAQ
BAJ?hl=id&gbpv=1&dq=pemasaran&printsec=frontcover
Tjiptono, F. & A. D. (2016). Pemasaran : Esensi & Aplikasi. Medan: Andi Offset.
Utomo, K. P. & Syarief, P. (2021). Dasar Manajemen dan Kewirausahaan .Bandung:
Widina Bakti Persada.
https://www.google.co.id/books/edition/DASAR_MANAJEMEN_DAN_KEWI
RAUSAHAAN/GgpGEAAAQBAJ?hl=id&gbpv=1&dq=kemitraan+adalah&pg
=PA17&printsec=frontcover
https://books.google.co.id/books?id=rFxpEAAAQBAJ&newbks=0&printsec=fr