Penanganan pesanan online merupakan rangkaian proses manajemen pesanan yang timbul akibat pembelian customer secara online mulai dari proses penerimaan pesanan, pencetakan label shipping atau packing slip hingga pemenuhan pesanan dan diserahkan kepada kurir ekspedisi untuk dikirim ke alamat penerima. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana prosedur penanganan pesanan online, divisi yang terlibat dalam menangani pesanan online, serta untuk mengetahui kendala yang terjadi dan bagaimana upaya yang dilakukan dalam mengatasi kendala saat menangani pesanan online pada CV Jims Honey Official. Metode penelitian yang digunakan oleh penulis adalah metode deskriptif kualitatif. Dengan metode pengumpulan data melalui cara observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa CV Jims Honey Official memiliki tiga jenis prosedur penanganan pesanan online berdasarkan metode pembayarannya yaitu pesanan dengan metode pembayaran saldo tagihan atau kredit, dengan pembayaran tunai, dan juga pembayaran melalui marketplace. Dengan total pesanan online yang masuk pada web e-commerce CV Jims Honey Official selama tiga bulan sebanyak 5671 pesanan. Dalam penanganan pesanan tersebut terdapat beberapa divisi yang terlibat juga tidak lepas dari kendala pada pelaksanaannya, namun kendala tersebut dapat diatasi demi terpenuhinya pesanan customer atau reseller.
TA_22190141
Dewi, I. K. (2018). Perancangan Standard Operating Procedure (SOP) Sistem Penjualan dalam Rangka Meningkatkan Aktivitas Pengendalian Internal (Studi Kasus Distributor Besi Beton di Sidoarjo) [Universitas Katolik Widya Mandala Surabaya]. http://repository.ukwms.ac.id/id/eprint/1994.
Fitriani, D. N. (2021). Pembelajaran E-Learning pada Pusat Pendidikan dan Pelatihan Perpustakaan Nasional RI. Pusdiklat Perpustakaan Nasional Republik Indonesia. https://pusdiklat.perpusnas.go.id/berita/read/83/pembelajaran-e-learning-padapusat-pendidikan-dan-pelatihan-perpustakaan-nasional-ri.
Hartati, D.,& Rahman, A. (2018). Pengaruh Prinsip Prosedur Kerja, Ambiguitas Peran dan Burnout Terhadap Kinerja Pegawai Dinas Peternakan Dan Perkebunan Kabupaten Rokan Hulu. Jurnal Ilmiah Cano Ekonomos, 7(2), 104–114.
Martina. (2020, October 30). Pengertian Order Fulfillment serta Tahapannya. Ukirama.Com. https://ukirama.com/id/blogs/pengertian-order-fulfillment-serta-tahapannya.
Merlinda. (2015). Penanganan dan Perlindungan Hukum Terhadap Korban Tindak Pidana Kekerasan dalam Rumah Tangga (KDRT) di Indonesia dan India [Universitas Internasional Batam]. http://repository.uib.ac.id/320/6/S-1151027Chapter2.pdf.
Muliawaty, L., & Hendryawan, S. (2020). Peranan E-Government dalam Pelayanan Publik (Studi Kasus: Mal Pelayanan Publik Kabupaten Sumedang). Jurnal Ilmu Administrasi, 11(2), 101–112. https://journal.unpas.ac.id/index.php/kebijakan/ article/download/2898/1285/.
Muna, F. N. (2019). Pengaruh Pembelian Online dan Pembelian Offline Terhadap Keputusan Pembelian dengan Minat Sebagai Variabel Intervening [Universitas Islam Indonesia]. https://dspace.uii.ac.id/bitstream/handle/123456789/16201/ 15312072.pdf?sequence=13&isAllowed=y.
Musrifah, R., & Sukananda, S. (2019). Analisis Perlindungan Hukum Terhadap Nasabah dalam Transaksi E-Banking di Indonesia. Jurnal Hukum, 4(1), 98–124. https://doi.org/10.32503/DIVERSI.V4I1.353.
Prasetio, A., & Dkk. (2021). Konsep Dasar E-Commerce (A. Karim (ed.); 1st ed.). Yayasan Kita Menulis. https://books.google.co.id/books?hl=id&lr=&id=xt8HeaaaQ BAJ&oi=fnd&pg=PA55&dq=e+commerce+adalah.
Rolland, A. (2021). Prosedur Pengadaan Barang dan Jasa Secara Online Oleh PT Karlin Mastrindo Jakarta [Politeknik Negeri Jakarta]. https://repository.pnj.ac.id/ id/eprint/4079/2/pdf II_watermark.pdf.
Sihombing, F. R. . (2019). Peranan Sistem Informasi Akuntansi dalam Pengelolaan Pesanan Pelanggan pada PT Traktor Nusantara Cabang Medan [Universitas HKBP Nommensen]. https://repository.uhn.ac.id/handle/123456789/2326.
Sukandar, C. A. (2018, October 18). Belum Tahu 3 Jenis Metode Penjualan Online? Simak Penjelasan Berikut. Wartaekonomi. ttps://www.wartaekonomi.co.id/ read199715/belum-tahu-3-jenis-metode-penjualan-online-simak-penjelasan-berikut.
Syahreza, V. (2020). Prosedur Penanganan Impor PT. Sarana Bandar Logistik [Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Indonesia Jakarta]. http://repository.stei.ac.id/831/4/BAB II.pdf.
Taufiq, A. R. (2019). Penerapan Standar Operasional Prosedur (SOP) dan Akuntabilitas Kinerja Rumah Sakit. Jurnal Komunikasi Ilmiah Akuntansi Dan Perpajakan, 12(1), 56–66. https://doi.org/10.22441/profita.2019.
Ulya, A. (2019). Tinjauan Atas Prosedur Penagihan Piutang Usaha Pada PT Trengginas Jaya Bandung [Universitas Komputer Indonesia]. In Journal of Chemical Information and Modeling (Vol. 75, Issue 9). https://elibrary.unikom.ac.id/ id/eprint/2415/8/UNIKOM_ULYA AMALIYAH_10.BAB II.pdf.
Zakawali, G. (2022, June 2). 7 Jenis E-Commerce Berdasarkan Model Bisnisnya. Sirclo. https://store.sirclo.com/blog/jenis-e-commerce/.