Apotek Rakyat Mandiri adalah usaha dagang yang bergerak di bidang kesehatan,
usaha ini memberikan pelayanan kepada masyarakat dengan menjual berbagai macam
obat, alat kesehatan, kosmetik, serta jasa pelayanan dalam bidang kesehatan lainnya.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses prosedur pengadaan, dokumen
yang diperlukan, dan untuk mengetahui kendala serta solusinya. Metode analisa
Tugas Akhir ini berupa analisa deskriptif kualitatif yaitu metode analisis data tanpa
menggunakan analisis statistik. Analisis ini sangat penting untuk dilakukan karena
pada prosedur ini ketersediaan barang akan terjamin stoknya digudang penyimpanan.
Metode pengumpulan data dalam penyusunan Tugas Akhir adalah mengumpulkan
berkas wawancara, melakukan pengamatan langsung ketempat pengadaan, dan
mengumpulkan dokumen. Hasil dari penelitian ini yaitu dapat mengetahui prosedur
pengadaan barang yang meliputi cek stok obat, pembelian obat, penerimaan obat,
serta pengecekan obat yang masuk. Dokumen yang diperlukan dalam pengadaan
yaitu surat pesanan, faktur, beserta dokumen laporan pengadaan. Adapun kendala
berupa supplier yang kurang teliti dalam pengiriman barang dan tidak tertatanya
faktur pembelian jatuh tempo. Dalam hal ini Apotek Rakyat Mandiri selalu
mengingatkan supplier untuk selalu cek ulang sebelum melakukan pengiriman dan
staff gudang harus mencatat tanggal tempo saat faktur datang agar pembayaran serta
persediaan obat menjadi lebih efektif dan efisien.
TA_22190086
Agus, P. (2018). Mudah Memahami Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah. Bandung: Fokusmedia CV.
Arsana, I. P. J. (2016). Manajemen Pengadaan Barang dan Jasa Pemerintah. Yogyakarta: Deepublish.
Aryadi, H., & W. (2019). Tinjauan Prosedur Pembelian Barang di Bagian Purchasing pada PT Duraconindo Pratama Jakarta. Jurnal Akuntansi Dan Manajemen, 16(02), 225–236. https://ejournal.stei.ac.id/index.php/JAM/article/view/244
Faisal, N. I., Morasa, J., & Mawikere, L. M. (2017). Analisis Sistem Pengadaan Barang dan Jasa (Penunjang Langsung) pada Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Kota Manado. Jurnal Riset Akuntansi Going Concern, 12(2), 1122–1132. https://ejournal.unsrat.ac.id/index.php/gc/article/view/18613
Irawan, R., Dewi, I. K., Wijaya, D., Prana, I., & Cahyani, S. I. (2020). Analisa Prosedur Administrasi Pengadaan Barang Pada PT Helix Sukses Makmur Tangerang. Jurnal Akrab Juara, 5(2), 174–181. http://akrabjuara.com/index.php/akrabjuara/article/view/1034/915
Saija, R. (2019). Dimensi Hukum Pengadaan Barang/Jasa. Yogyakarta: Deepublish. Siahaya, W. (2016). Manajemen Pengadaan. Bogor: In Media.
Soemohadiwidjojo, & A. (2017). Mudah Menyusun SOP (Standar Operating Procedure). Jakarta: Penebar Plus.
Sugiyah, & N. (2019). Prosedur Pengadaan Barang Impor Produk Sepatu Di PT Sinar Pratama Agung Jakarta. Jurnal Akuntansi Dan Manajemen, 16(2), 267– 286.
https://ejournal.stei.ac.id/index.php/JAM/article/view/248
Sugiyah, & N. (2020). Administrasi Progam Beasiswa Bagi Pegawai Negeri Sipil Di Badan Pengawasan Keuangan Dan Pembangunan. Jurnal Administrasi Kantor, 8(1), 1–12.
https://www.ejournal-binainsani.ac.id/index.php/JAK/article/view/1357
Sutha, D. W. (2018). Administrasi Perkantoran. Sidoarjo: Indomedia Pustaka.
Utojo, H. I. (2019). Manajemen Pengadaan Barang Dan Jasa. Yogyakarta: Deepublish.
Wijaya, D., & Irawan, R. (2018). Prosedur Administrasi Penjualan Bearing Pada Usaha Jaya Teknik Jakarta Barat. Jurnal Ekonomi Dan Manajemenan Manajemen, 16(1), 26–30 https://ejournal.bsi.ac.id/ejurnal/index.php/perspektif/article/view/2495