Abstrak
Upaya pemerintah dalam mencegah penyebaran virus covid 19 terus dilakukan, seperti mengeluarkan kebijakan larangan mudik lebaran 2021 sebagai upaya tidak terjadi gelombang besar penularan virus covid 19. Kebijakan ini sudah di informasikan dan juga sudah di sosialisasikan kepada masyarakat melalui pemberitaan di media cetak, social maupun televi dan radio. Hal ini dilakukan agar masyarakat mematuhi peraturan yang di diterbitkan oleh pemerintah. Melalui terori komunikasi massa dan Laswell, diharapkan pesan yang disampaikan dapat di pahami oleh masyarakat walaupun sebagian kecil masih saja ada penolakan karena pulang ke kampong halaman itu sudah menjadi tradisi. Dengan melakukan observasi dan pengumpulan data di lapangan masyarakat mendukung kebijakan ini tetapi meminta pemerintah
memberikan kelonggaran atau alternative pilihan kepada masyarakat.
Kata Kunci: Strategi komunikasi, Pemerintah, Kebijakan atau peraturan, Pademic covid 19
jurnal
DAFTAR PUSTAKA
Achmad, dkk. 1997. Strategi Komunikasi.
Bandung: Citra Aditya Bhakti.
Effendy, Onong Uchjana. 1981. Dimensidimensi Komunikasi. Bandung: Alumni.
Effendy, Onong Uchjana. 2003. Ilmu, Teori
dan Filsafat Komunikasi. Bandung:
Citra Aditya Bakti.
Effendy, Onong Uchjana. (2007. Ilmu
Komunikasi (Teori dan Praktek).
Bandung : PT. Remaja Rosdakarya.
Erliana Hasan. 2005. Komunikasi
Pemerintahan. Bandung: Refika
Aditama
Liliweri,Alo. 2011. Komunikasi: Serba Ada
Serba Makna. Jakarta: Kencana
Prenanda Media Group.
Mulyana,Deddy. 2009. Ilmu komunikasi;
suatu pengantar.Bandung: Remaja
Rosdakaraya
Sendjaja S. Djuarsa, Ph.D., dkk. 1998.Teori
Komunikasi. Banten : Universitas
terbuka. Jakarta