Tidak dapat dipungkiri bahwa masalah permodalan dan keuangan menjadi masalah utama dalam kegiatan wirausaha. Sistem peminjaman modal yang dilakukan melalui bank terbilang sulit, apalagi UMKM yang pada umumnya tidak memiliki kelengkapan usaha seperti laporan keuangan. Karena itu, fintech mencoba untuk menawarkan sistem peminjaman modal yang lebih mudah dan cepat. Menariknya, sistem fintech ini terus mengalami peningkatan dari segi permintaan sehingga hal tersebut menarik untuk diamati guna mengetahui peran dan dampak yang berhasil dari munculnya fintech bagi pelaku usaha UMKM. Selanjutnya, literasi keuangan dan financial technology secara bersama-sama memberikan support terhadap keberlangsungan usaha (business sustaniability) pelaku usaha UMKM. Artinya, kedua variabel tersebut mampu memberikan stimulan bagi peningkatan kualitas profit serta eksistensi keberlangsungan usaha (business sustaniability) pelaku usaha UMKM sesuai dengan kebijakan yang diterapkan oleh pemerintah yang ingin meningkatkan kualitas pelaku usaha UMKM di era pandemi Covid-19
Usaha Mikro Kecil dan Menengah Ditinjau dari Aspek Literasi Keuangan dan Teknologi Finansial
Abyan, M. A. (2018). Konsep Penggunaan Financial Technology dalam Membantu Masyarakat Sub Urban di Indonesia dalam Melakukan Transaksi Finansial. ResearchGate, April, 1–8. https://doi.org/10.13140/RG.2.2.36402.30404
Ananda Dwi Amin, S. (2019). Pengembangan usaha mikro kecil dan menengah (umkm) berbasis industri kreatif di kota malang. Urnal Ilmu Ekonomi, X, 120–142.
Andi Riyanto dan Rusli Nugraha, G. R. (2020). MENYELARASKAN CUSTOMER SERVICE DAN KEPERCAYAAN MEREK UNTUK MEMAKSIMALKAN KEPUASAN KONSUMEN. 9, 82–99.
Anggraeni, B. D. (2015). PENGARUH TINGKAT LITERASI KEUANGAN PEMILIK USAHA. Jurnal Vokasi Indonesia Universitas Indonesia, 3(1), 23–30.
Arianto, B. (2020). Pengembangan UMKM Digital di Masa Pandemi Covid-19. 6(2), 233–247.
Audretsch, ; Carter, & Evans. (2010). Sustaining Entrepreneurship and Economic Growth. In Sustaining Entrepreneurship and Economic Growth. https://doi.org/10.1007/978-0-387-78695-7
Auliya, A. P., Rikzaa, E., Putra, S., Dewi, S. P., & Khairunnisa, Z. (2022). ONLINE BUSINESS TRANSFORMATION IN THE COVID-19 PANDEMIC ERA ( CASE STUDY OF MSME ACTIVITIES IN TANGERANG CITY ). 2022(1).
Awali Husni, R. F. (2020). DI TENGAH DAMPAK COVID-19. Balance Jurnal Ekonomi Dan Bisnis Islam, 1(2).
Bayu ,Wijayanti, Achmad, H. (2019). Tingkat Literasi Keuangan Kecamatan Purwoharjo Kabupaten Banyuwangi. 1–11.
Beni Kurniawan. Galih Raspati. (2014). Ekonomi Pembangunan (1st ed., Issue 1). AL FATH ZUMAR Kota sukabumi.
Bililah, Z. (2021). Peran Dan Kendala Fintech Syariah Pada Umkm. Ar-Ribhu: Jurnal Manajemen Dan Keuangan …, 2(2), 252–266. https://ejournal.unzah.ac.id/index.php/arribhu/article/view/671
Burchi, A., Włodarczyk, B., Szturo, M., & Martelli, D. (2021). The effects of financial literacy on sustainable entrepreneurship. Sustainability (Switzerland), 13(9), 1–21. https://doi.org/10.3390/su13095070
Candraningrat, I. R., Abundanti, N., Mujiati, N. W., Erlangga, R., & Jhuniantara, I. M. G. (2021). The role of financial technology on development of MSMEs. Accounting, 7(1), 225–230. https://doi.org/10.5267/j.ac.2020.9.014
Direktorat Jenderal Perikanan dan Budi Daya KKP. (2021). Renstra Kementrian Kelaytan dan Perikanan. In Kementerian Kelautan dan PerikananKementrian Kelaytan dan Perikanan (Pertama, Issue 1). menterian Kelautan dan PerikananKementrian Kelaytan dan Perikanan. https://statistik.kkp.go.id/home.php
Dwi Hadya Jayani. (2021). Jumlah UMKM Indonesia. Databoks.Katadata.Co.Id, 1(1), 2. https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2021/08/12/umkm-indonesia-bertambah-198-pada-2019#:~:text=Indonesia memiliki 65%2C5 juta,ribu unit merupakan usaha kecil
Edward UP Nainggolan (Kakanwil. (2021). UMKM bangkit Ekonomi Indonesia Terangkat (Vol. 3, Issue April). Edward UP Nainggolan (Kakanwil
Ghozali, I. (2016). Desain Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif untuk Akuntansi, Bisnis dan Ilmu Sosial Lainnya (1st ed.). Yoga Pratma: ( Fakultas Ekonomika Dan Bisnis UNDIP Semarang ).
Giones, F., Brem, A., & Clark, J. H. (2017). Digital Technology Entrepreneurship : A Definition and Research Agenda. 7(5), 44–51.
Goyal, K., & Kumar, S. (2021). Financial literacy: A systematic review and bibliometric analysis. International Journal of Consumer Studies, 45(1), 80–105. https://doi.org/10.1111/ijcs.12605
Hadi, D. F., & Zakiah, K. (2021). STRATEGI DIGITAL MARKETING BAGI UMKM ( USAHA MIKRO KECIL DAN MENENGAH ) UNTUK BERSAING DI ERA PANDEMI. Jurnal Ilmu Ekonomi, X(X), 120–142, 16(1), 32–41.
Haekal, F. (2021). Pengaruh Literasi Keuangan Terhadap Pengelolaan Keuangan UMKM Di Kota Palopo. Skripsi Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Muhammadiyah Palopo, 1–48. http://www.akrabjuara.com/index.php/akrabjuara/article/view/919
Handayani, N. (2007). Modal sosial dan keberlangsungan usaha. Skripsi, 1–248.
Hardilawati, W. laura. (2020). Strategi Bertahan UMKM di Tengah Pandemi Covid-19. Jurnal Akuntansi Dan Ekonomika, 10(1), 89–98. https://doi.org/10.37859/jae.v10i1.1934
Hendriansyah. (2022). Sekitar 1100 KUKM Telah Terverifikasi Dalam Pendataan Diskumindag. Portalsukabubumikota.Go.Id, 1. https://portal.sukabumikota.go.id/19243/sekitar-1100-kukm-telah-terverifikasi-dalam-pendataan-diskumindag/
Intan Rike Febriyant, Galih Raspati, U. A. J. (2021). PENGARUH DISPLAY PRODUCT DAN PRICE DISCOUNT DI MASA PANDEMIC COVID-19 TERHADAP IMPULSE BUYING PRODUK FOOD SUPERMARKET (STUDI PADA KONSUMEN TOSERBA YOGYA CIRANJANG. CAKRAWALA – Repositori IMWI, 4(4).
Ishak, K. (2016). Maqosid Syari’Ah Sebagai Dasar Sistem Ekonomi Berkeadilan. Neliti, 2(1), 591–606. www.agustiantocenter.com,
Jati, H., Rosary, P. E. De, H.J.Fanggidae, A., & Makatita, R. F. (2021). the Importance of Financial Literacy and Technological Literacy for the Sustainability of the Culinary Business in Kota Kupang During the Covid -19 Pandemic. International Journal of Economics, Business and Management Research, 5(01), 15–41.
Kementerian Keuangan Republik Indonesia. (2021). Macroeconomic and Fiscal Policy Framework of 2022. 339.
Kementerian Keunagan RI. (2022). Kerangka Ekonomi Makro dan Pokok -Pokok Kebiajkan Fiskal Tahun 2022. Kementerian Keunagan RI, 3(April), 49–58.
Kenneth C. Laudon, arol G. T. (2021). E-Commerce 2021 : Business , Technology , and Society , 16th 16th edition (16th editi). Pearson Education Limited.
Kurniawan Beni dan Raspati Galih. (2014a). Ekonomi Internasional (1st ed., Issue 3). Tangerang : Al Fath Zumar, 2014. https://katalogdisarpuspematangsiantar.perpusnas.go.id/detail-opac?id=22199&tipe=koleksi
Kurniawan Beni dan Raspati Galih. (2014b). ekonomi pembangunan.pdf (1st ed.). Al FAth Zumar. https://isbn.perpusnas.go.id/Account/SearchBuku?searchTxt=galih+raspati+&searchCat=Pengarang
Ligthelm, A. (2011). Survival analysis of small informal businesses in South Africa, 2007-2010. Eurasian Business Review., 1(160–179).
Meitriana, M. A., Herawati, N. T., & Sujana, I. N. (2021). The Effects of Financial Literacy, Education, and Technology on the Sustainability of Sawan District’s Micro, Small, and Medium Enterprises (MSMEs). Proceedings of the 6th International Conference on Tourism, Economics, Accounting, Management, and Social Science (TEAMS 2021), 197(Teams), 539–542. https://doi.org/10.2991/aebmr.k.211124.077
Muhammad Noor Ramadhani, M. Cholid Mawardi, A. F. K. S. (2022). PENGARUH FINTECH AKUNTANSI DIGITAL TERHADAP PELAPORAN UMKM DI KABUPATEN MALANG. Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Islam Malang, 11(04), 99–105.
Mulia, R. A., & Saputra, N. (2020). Analisis faktor-faktor yang mempengaruhi yang mempengaruhi return saham. Jurnal El-Riyasah, 11(1), 111–134.
Narto, G. B. H. (2020). PENGUATAN STRATEGI PEMASARAN PUDAK DI TENGAH PANDEMI COVID-19 UNTUK MENINGKATKAN KEUNGGULAN. Urnal INTECH Teknik Industri Universitas Serang Raya Vol, 6(1), 48–54.
Nazir, M. (2011). Metoda Penelitian (Edisi Revi). Ghalia Indonesia.
OJK. (2017). Strategi Nasional Literasi Keuangan Indonesia (Revisit 2017). Otoritas Jasa Keuangan, 1–99.
OJK. (2021). Strategi Nasional Literasi Keuangan Indonesia. Otoritas Jasa Keuangan, 378.
Open Data Jabar. (2021). Jumlah UMKM di Kota Sukabumi. https://opendata.jabarprov.go.id/id/dataset/jumlah-usaha-mikro-kecil-menengah-umkm-berdasarkan-kabupatenkota-di-jawa-barat
Pakpahan, R., & Fitriani, Y. (2020). ANALISA PEMANFAATAN TEKNOLOGI INFORMASI DALAM PEMBELAJARAN JARAK JAUH DI TENGAH PANDEMI VIRUS CORONA COVID-19. 4(2), 30–36.
Pertiwi, U. M., Tanjungpura, U., Mikro, U., & Keuangan, L. (2014). Penerapan Financial Technology dan Peningkatan literasi keuangan Untuk Strategi Penguatan Bisnis UMKM di Kalimantan Barat. 365–376.
Pranada Sy, A. (2022). Fakultas ekonomi dan bisnis islam universitas islam negeri raden intan lampung 1443 h/2022 m (Vol. 19). AKULTAS EKONOMI DAN BISNIS ISLAM UNIVERSITAS ISLAM NEGERI RADEN INTAN LAMPUNG.
Puspitasari, I. (2021). Pengaruh Karakteristik Wirausaha, Modal Usaha dan Strategi Pemasaran Terhadap Perkembangan UMKM di Kecamatan Sumbersari, Kabupaten Jember. Universitas Jember.
Putu, N., Puspitasari, D., Bahari, R., & Damar, N. (2019). PENERAPAN TEKNOLOGI DIGITAL MARKETING UNTUK. 2, 165–171.
Rahadi, D. R. (2020). FINANCIAL TEKNOLOGY (M.Mifta Farid (ed.); Pertama, Issue September). PT. Filda Fikrndo.
Rahayu, L. S., & Anah, L. (2021). The Financial Technologies Utilization to Increase the Competitive Advantage of Product Marketing. Jurnal Economic Resource, April, 159–166. https://mail.jurnal.fe.umi.ac.id/index.php/JER/article/view/901
Raspati, G., Marsusanti, E., Yuniati, Y., & Riyanto, A. (2020). Efek Kepemimpinan, Budaya Organisasi dan Kepuasan Kerja Terhadap Kinerja. Widya Cipta: Jurnal Sekretari Dan Manajemen, 4(2), 92–98. https://doi.org/10.31294/widyacipta.v4i2.8319
Remund, D. L. (2010). Financial literacy explicated: The case for a clearer definition in an increasingly complex economy. Journal of Consumer Affairs, 44(2), 276–295. https://doi.org/10.1111/j.1745-6606.2010.01169.x
Rochmi Widayanti, Ratna Damayanti, F. M. (2017). Pengaruh Financial Literacy Terhadap Keberlangsungan Usaha (Business Sustainability) Pada UMKM Desa Jatisari. JURNAL ILMIAH MANAJEMEN & BISNIS, 18(1), 89–100.
Rochmi Widayanti1, Ratna Damayanti, F. M. (2017). Jurnal Ilmiah Manajemen.
Athar, Abrial. Prospek Usaha Penangkapan Ikan dan Illegal Fishing. diakses pada tanggal 23 Maret 2015.
Abyan, M. A. (2018). Konsep Penggunaan Financial Technology dalam Membantu Masyarakat Sub Urban di Indonesia dalam Melakukan Transaksi Finansial. ResearchGate, April, 1–8. https://doi.org/10.13140/RG.2.2.36402.30404
Ananda Dwi Amin, S. (2019). Pengembangan usaha mikro kecil dan menengah (umkm) berbasis industri kreatif di kota malang. Urnal Ilmu Ekonomi, X, 120–142.
Riyanto, Andi dan Nugraha, Rusli. (2020). MENYELARASKAN CUSTOMER SERVICE DAN KEPERCAYAAN MEREK UNTUK MEMAKSIMALKAN KEPUASAN KONSUMEN. 9, 82–99.
Anggraeni, B. D. (2015). PENGARUH TINGKAT LITERASI KEUANGAN PEMILIK USAHA. Jurnal Vokasi Indonesia Universitas Indonesia, 3(1), 23–30.
Arianto, B. (2020). Pengembangan UMKM Digital di Masa Pandemi Covid-19. 6(2), 233–247.
Audretsch, ; Carter, & Evans. (2010). Sustaining Entrepreneurship and Economic Growth. In Sustaining Entrepreneurship and Economic Growth. https://doi.org/10.1007/978-0-387-78695-7
Auliya, A. P., Rikzaa, E., Putra, S., Dewi, S. P., & Khairunnisa, Z. (2022). ONLINE BUSINESS TRANSFORMATION IN THE COVID-19 PANDEMIC ERA ( CASE STUDY OF MSME ACTIVITIES IN TANGERANG CITY ). 2022(1).
Awali Husni, R. F. (2020). DI TENGAH DAMPAK COVID-19. Balance Jurnal Ekonomi Dan Bisnis Islam, 1(2).
Bayu ,Wijayanti, Achmad, H. (2019). Tingkat Literasi Keuangan Kecamatan Purwoharjo Kabupaten Banyuwangi. 1–11.
Beni Kurniawan. Galih Raspati. (2014). Ekonomi Pembangunan (1st ed., Issue 1). AL FATH ZUMAR Kota sukabumi.
Bililah, Z. (2021). Peran Dan Kendala Fintech Syariah Pada Umkm. Ar-Ribhu: Jurnal Manajemen Dan Keuangan …, 2(2), 252–266. https://ejournal.unzah.ac.id/index.php/arribhu/article/view/671
Burchi, A., Włodarczyk, B., Szturo, M., & Martelli, D. (2021). The effects of financial literacy on sustainable entrepreneurship. Sustainability (Switzerland), 13(9), 1–21. https://doi.org/10.3390/su13095070
Candraningrat, I. R., Abundanti, N., Mujiati, N. W., Erlangga, R., & Jhuniantara, I. M. G. (2021). The role of financial technology on development of MSMEs. Accounting, 7(1), 225–230. https://doi.org/10.5267/j.ac.2020.9.014
Direktorat Jenderal Perikanan dan Budi Daya KKP. (2021). Renstra Kementrian Kelaytan dan Perikanan. In Kementerian Kelautan dan PerikananKementrian Kelaytan dan Perikanan (Pertama, Issue 1). menterian Kelautan dan PerikananKementrian Kelaytan dan Perikanan. https://statistik.kkp.go.id/home.php
Dwi Hadya Jayani. (2021). Jumlah UMKM Indonesia. Databoks.Katadata.Co.Id, 1(1), 2. https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2021/08/12/umkm-indonesia-bertambah-198-pada-2019#:~:text=Indonesia memiliki 65%2C5 juta,ribu unit merupakan usaha kecil
Edward UP Nainggolan (Kakanwil. (2021). UMKM bangkit Ekonomi Indonesia Terangkat (Vol. 3, Issue April). Edward UP Nainggolan (Kakanwil
Ghozali, I. (2016). Desain Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif untuk Akuntansi, Bisnis dan Ilmu Sosial Lainnya (1st ed.). Yoga Pratma: ( Fakultas Ekonomika Dan Bisnis UNDIP Semarang ).
Giones, F., Brem, A., & Clark, J. H. (2017). Digital Technology Entrepreneurship : A Definition and Research Agenda. 7(5), 44–51.
Goyal, K., & Kumar, S. (2021). Financial literacy: A systematic review and bibliometric analysis. International Journal of Consumer Studies, 45(1), 80–105. https://doi.org/10.1111/ijcs.12605
Hadi, D. F., & Zakiah, K. (2021). STRATEGI DIGITAL MARKETING BAGI UMKM ( USAHA MIKRO KECIL DAN MENENGAH ) UNTUK BERSAING DI ERA PANDEMI. Jurnal Ilmu Ekonomi, X(X), 120–142, 16(1), 32–41.
Haekal, F. (2021). Pengaruh Literasi Keuangan Terhadap Pengelolaan Keuangan UMKM Di Kota Palopo. Skripsi Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Muhammadiyah Palopo, 1–48. http://www.akrabjuara.com/index.php/akrabjuara/article/view/919
Handayani, N. (2007). Modal sosial dan keberlangsungan usaha. Skripsi, 1–248.
Hardilawati, W. laura. (2020). Strategi Bertahan UMKM di Tengah Pandemi Covid-19. Jurnal Akuntansi Dan Ekonomika, 10(1), 89–98. https://doi.org/10.37859/jae.v10i1.1934
Hendriansyah. (2022). Sekitar 1100 KUKM Telah Terverifikasi Dalam Pendataan Diskumindag. Portalsukabubumikota.Go.Id, 1. https://portal.sukabumikota.go.id/19243/sekitar-1100-kukm-telah-terverifikasi-dalam-pendataan-diskumindag/
Intan Rike Febriyant, Galih Raspati, U. A. J. (2021). PENGARUH DISPLAY PRODUCT DAN PRICE DISCOUNT DI MASA PANDEMIC COVID-19 TERHADAP IMPULSE BUYING PRODUK FOOD SUPERMARKET (STUDI PADA KONSUMEN TOSERBA YOGYA CIRANJANG. CAKRAWALA – Repositori IMWI, 4(4).
Ishak, K. (2016). Maqosid Syari’Ah Sebagai Dasar Sistem Ekonomi Berkeadilan. Neliti, 2(1), 591–606. www.agustiantocenter.com,
Jati, H., Rosary, P. E. De, H.J.Fanggidae, A., & Makatita, R. F. (2021). the Importance of Financial Literacy and Technological Literacy for the Sustainability of the Culinary Business in Kota Kupang During the Covid -19 Pandemic. International Journal of Economics, Business and Management Research, 5(01), 15–41.
Kementerian Keuangan Republik Indonesia. (2021). Macroeconomic and Fiscal Policy Framework of 2022. 339.
Kementerian Keunagan RI. (2022). Kerangka Ekonomi Makro dan Pokok -Pokok Kebiajkan Fiskal Tahun 2022. Kementerian Keunagan RI, 3(April), 49–58.
Kenneth C. Laudon, arol G. T. (2021). E-Commerce 2021 : Business , Technology , and Society , 16th 16th edition (16th editi). Pearson Education Limited.
Kurniawan Beni dan Raspati Galih. (2014a). Ekonomi Internasional (1st ed., Issue 3). Tangerang : Al Fath Zumar, 2014. https://katalogdisarpuspematangsiantar.perpusnas.go.id/detail-opac?id=22199&tipe=koleksi
Kurniawan Beni dan Raspati Galih. (2014b). ekonomi pembangunan.pdf (1st ed.). Al FAth Zumar. https://isbn.perpusnas.go.id/Account/SearchBuku?searchTxt=galih+raspati+&searchCat=Pengarang
Ligthelm, A. (2011). Survival analysis of small informal businesses in South Africa, 2007-2010. Eurasian Business Review., 1(160–179).
Meitriana, M. A., Herawati, N. T., & Sujana, I. N. (2021). The Effects of Financial Literacy, Education, and Technology on the Sustainability of Sawan District’s Micro, Small, and Medium Enterprises (MSMEs). Proceedings of the 6th International Conference on Tourism, Economics, Accounting, Management, and Social Science (TEAMS 2021), 197(Teams), 539–542. https://doi.org/10.2991/aebmr.k.211124.077
Muhammad Noor Ramadhani, M. Cholid Mawardi, A. F. K. S. (2022). PENGARUH FINTECH AKUNTANSI DIGITAL TERHADAP PELAPORAN UMKM DI KABUPATEN MALANG. Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Islam Malang, 11(04), 99–105.
Mulia, R. A., & Saputra, N. (2020). Analisis faktor-faktor yang mempengaruhi yang mempengaruhi return saham. Jurnal El-Riyasah, 11(1), 111–134.
Narto, G. B. H. (2020). PENGUATAN STRATEGI PEMASARAN PUDAK DI TENGAH PANDEMI COVID-19 UNTUK MENINGKATKAN KEUNGGULAN. Urnal INTECH Teknik Industri Universitas Serang Raya Vol, 6(1), 48–54.
Nazir, M. (2011). Metoda Penelitian (Edisi Revi). Ghalia Indonesia.
OJK. (2017). Strategi Nasional Literasi Keuangan Indonesia (Revisit 2017). Otoritas Jasa Keuangan, 1–99.
OJK. (2021). Strategi Nasional Literasi Keuangan Indonesia. Otoritas Jasa Keuangan, 378.
Open Data Jabar. (2021). Jumlah UMKM di Kota Sukabumi. https://opendata.jabarprov.go.id/id/dataset/jumlah-usaha-mikro-kecil-menengah-umkm-berdasarkan-kabupatenkota-di-jawa-barat
Pakpahan, R., & Fitriani, Y. (2020). ANALISA PEMANFAATAN TEKNOLOGI INFORMASI DALAM PEMBELAJARAN JARAK JAUH DI TENGAH PANDEMI VIRUS CORONA COVID-19. 4(2), 30–36.
Pertiwi, U. M., Tanjungpura, U., Mikro, U., & Keuangan, L. (2014). Penerapan Financial Technology dan Peningkatan literasi keuangan Untuk Strategi Penguatan Bisnis UMKM di Kalimantan Barat. 365–376.
Pranada Sy, A. (2022). Fakultas ekonomi dan bisnis islam universitas islam negeri raden intan lampung 1443 h/2022 m (Vol. 19). AKULTAS EKONOMI DAN BISNIS ISLAM UNIVERSITAS ISLAM NEGERI RADEN INTAN LAMPUNG.
Puspitasari, I. (2021). Pengaruh Karakteristik Wirausaha, Modal Usaha dan Strategi Pemasaran Terhadap Perkembangan UMKM di Kecamatan Sumbersari, Kabupaten Jember. Universitas Jember.
Putu, N., Puspitasari, D., Bahari, R., & Damar, N. (2019). PENERAPAN TEKNOLOGI DIGITAL MARKETING UNTUK. 2, 165–171.
Rahadi, D. R. (2020). FINANCIAL TEKNOLOGY (M.Mifta Farid (ed.); Pertama, Issue September). PT. Filda Fikrndo.
Rahayu, L. S., & Anah, L. (2021). The Financial Technologies Utilization to Increase the Competitive Advantage of Product Marketing. Jurnal Economic Resource, April, 159–166. https://mail.jurnal.fe.umi.ac.id/index.php/JER/article/view/901
Raspati, G., Marsusanti, E., Yuniati, Y., & Riyanto, A. (2020). Efek Kepemimpinan, Budaya Organisasi dan Kepuasan Kerja Terhadap Kinerja. Widya Cipta: Jurnal Sekretari Dan Manajemen, 4(2), 92–98. https://doi.org/10.31294/widyacipta.v4i2.8319
Remund, D. L. (2010). Financial literacy explicated: The case for a clearer definition in an increasingly complex economy. Journal of Consumer Affairs, 44(2), 276–295. https://doi.org/10.1111/j.1745-6606.2010.01169.x
Rochmi Widayanti, Ratna Damayanti, F. M. (2017). Pengaruh Financial Literacy Terhadap Keberlangsungan Usaha (Business Sustainability) Pada UMKM Desa Jatisari. JURNAL ILMIAH MANAJEMEN & BISNIS, 18(1), 89–100.
Rochmi Widayanti1, Ratna Damayanti, F. M. (2017). Jurnal Ilmiah Manajemen. Kusuma Dewi Arum Sari & Agus Frianto, 18(1), 89–100.
Rosyad, A. A., & Wiguna, A. B. (2018). ANALISIS KEBERLANGSUNGAN USAHA MIKRO MALANG RAYA (Tinjauan Perspektif Ekonomi Islam). Jurnal Manajemen Dan Kewirausahaan, 564, 1–16.
Sa’diyah, S. dan S. H. (2022). NGKAT LITERASI KEUANGAN SYARIAH PELAKU UMKM DAN PENGARUHNYA TERHADAP PERKEMBANGAN UMKM DI KECAMATAN JEPARA. Jurnal Ilmu Akuntansi Dan Bisnis Syaria, IV(01), 146–161.
Sanjaya, P. K. A. & I. P. N. (2020). TATA KELOLA MANAJEMEN & KEUANGAN USAHA MIKRO KECIL MENGENGAH (M. K. Muh. Yunus, S.Sos. (ed.); 1st ed.). CV. CAHAYA BINTANG CEMERLANG Redaksi.
Saribu, D. S. (2017). Tantangan dan Solusi Bisnis UMKM di Era New Normal. 207–217.
Styaningrum, F. (2021). Konsep Sistem Ekonomi Kerakyatan Dalam Pemberdayaan Umkm Indonesia. E-Jurnal Ekonomi Dan Bisnis Universitas Udayana, 10(8), 565. https://doi.org/10.24843/eeb.2021.v10.i08.p01
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung : Alfabeta.
Sugiyono. (2017a). etode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D (25th ed.). Alfabeta.
Sugiyono. (2017b). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta.
Suharsimi, A. (2013). Prosedur Penelitian : Suatu Pendekatan Praktik (Edisi Revisi). Jakarta: Rineka Cipta. https://doi.org/10.1017/CBO9781107415324.004
Suhasti, W., Nugroho, A. P., Penggalih, R., & Febry, L. (2022). The Influence of Islamic Financial Literacy on the Use of Digital Financial Services in Yogyakarta The Influence of Islamic Financial Literacy on the Use of Digital Financial Services in Yogyakarta. January.
Sulaeman. (2021). 4,8 Juta UMKM Telah Go Digital pada Maret 2021. Liputan 6, 8–11. https://www.liputan6.com/bisnis/read/4544531/48-juta-umkm-telah-go-digital-pada-maret-2021
Sulaksono, J., & Zakaria, N. (n.d.). Peranan Digital Marketing Bagi Usaha Mikro , Kecil , Dan Menengah ( UMKM ) Desa Tales Kabupaten Kediri. 4(1), 41–48.
Sumadi. (2019). Dinamika transformasi UMKM di era digitalisasi pandemi covid-19. Prosiding Seminar Nasional & Call for Paper STIE AAS, September, 189–200.
Suryani, E. (2021). ANALISIS DAMPAK COVID-19 TERHADAP UMKM (STUDI KASUS : HOME INDUSTRI KLEPON DI KOTA BARU DRIYOREJO). Jurnal Informasi Penelitian, 1(8).
Thomas, B., & Subhashree, P. (2020). Factors that influence the financial literacy among engineering students. Procedia Computer Science, 172(2019), 480–487. https://doi.org/10.1016/j.procs.2020.05.161
Wachyu, W., & Winarto, A. (2020). Peran Fintech dalam Usaha Mikro Kecil dan Menengah ( UMKM ). 3(1), 61–73.
Wahyu Rumbianingrum dan Candra Wijayangka. (2018). Pengaruh Literasi Keuangan Terhadap Pengelolaan Keuangan Umkm. Jurnal Manajemen Dan Bisnis. Jurnal Manajemen Dan Bisnis (Almana), 2(3), 41–50.
Wan Laura Hardilawati. (2020). Jurnal Akuntansi & Ekonomika. Jurnal Akuntansi & Ekonomika, 10(1), 91–98.
Wella, S. F. (2020). IMPLEMENTASI SUSTAINABILITY SEBAGAI ALAT PEMASARAN PADA ERA PANDEMI COVID-19. 4(2), 343–354.
Wijoyo, H. ; W. (2020). Digitalisasi Usaha Mikro, Kecil dan Menengah. Prosiding Seminar Nasional Kahuripan I Tahun 2020, 1, 9–13.
Winarto, W. W. A. (2020). Peran Fintech dalam Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM). Jesya (Jurnal Ekonomi & Ekonomi Syariah), 3(1), 61–73. https://doi.org/10.36778/jesya.v3i1.132
Yuningsih, Y. Y., Raspati, G., Riyanto, A., & Rahayu, Y. (2022). Refleksi Persepsi dan Preferensi Merek Terhadap Institusional Konsumen dalam Pengambilan Keputusan Pembelian. 20(1), 60–67.