Dalam menentukkan source pengiklan selalu mencari siapa yang yang akan menarik perhatian target khalayaknya apakah seorang penyanyi, bintang film, atlet atau seorang model. Mereka mencari seorang yang mampu menyampaikan pesan iklan kepada khalayak.
Penelitian ini menggunakan teori modeling bandura, teori endorser, dan teori brand image untuk membantu peneliti untuk mengamati pengaruh endorser terhadap terciptanya sebuah citra merek, dan memfokuskan sudut pandang penelitian terhadap variabel-variabel yang ditetapkan.
Populasi yang diteliti adalah 279 orang mahasiswa/i Advertising salemba 45 semester 2 dan 4. Alasan memilih populasi ini adalah karena mahasiswa/i semester ini adalah bagian dari masyarakat yang sedang menuju ke arah dewasa dengan menyerap segala informasi yang mereka terima, kemudian mereka dapat menyaring kembali informasi-informasi yang didapat. Kemudian para mahasiswa/i ini sesuai dengan target penelitian, BSI memposisikan produknya di kisaran umur 18 – 24 tahun dan erat hubungannya dengan orang muda yang aktif (memiliki banyak kegiatan).
Untuk mengetahui seberapa besar pengaruh Endorser (variabel X) terhadap Pembentukkan Citra (variabel Y) BSI Versi “Mirip Obama” dalam Iklan Televisi di Kalangan mahasiswa/I D3 Advertising semester 2 dan 4 BSI Salemba 45 digunakan analisis korelasi pearson yaitu korelasi Pearson’s Product Moment.
Hasil dari penelitian ini menghasilkan nilai korelasi sebesar 0,718 dan koefisien penentu sebesar 51,5 %. Dapat diartikan bahwa terdapat pengaruh endorser mirip Obama terhadap pembentukkan brand image BSI bernilai 0,718 yaitu memiliki tingkat hubungan yang positif kuat dengan presentase hubungan sebesar 51,5 %.
LAPORAN PENELITIAN DOSEN YAYASAN
Sumber Buku :
Belch, George E. and Michael E. Belch, Advertising and Promotion, Mcgraw Hill, 2002
DeFleur and Denis McQuail: Understanding Mass Communication, 1985.
Effendy, Onong Uchjana. Ilmu , Teori dan Filsafat Komunikasi. Bandung : PT. Citra Aditya Bakti, 2000
Ferrinadewi, Erna. Merek & Psikologi Konsumen, Graha ilmu, Yogyakarta, 2008
Gunarsa, Singgih D. , Dari anak sampai usia lanjut: bunga rampai psikologi anak Seri psikologi, BPK Gunung Mulia, 2004
Kasali, Rhenald. Manajemen Public Relation: Konsep dan Aplikasinya di Indonesia, PT. Pustaka Utama Grafiti, 1992
Kasali, Rhenald. Manajemen periklanan, PAU Ekonomi UI, PT. Pustaka Utama Grafiti, Jakarta, 1995
Keller, Kevin Lane. building, measuring and managing brand Equity, Jakarta,1998
Kotler, Philip, MARKETING MANAGEMENT, Simon & Schuster Pte. Ltd., Jakarta, 1997
Krisyanto, Rakmat. Riset Komunikas Teknik Praktis. Cetakan kedua prenada media group, Jakarta, 2007
Matthew B. Miles dan A. Michel Huberman. Analisa Data Kualitatif, penerbit universitas indonesia, Jakarta 1992
McCann-Erickson. McCann-Erickson HFD. Communications essentials : Participant guide. Singapore : McCann-Erickson Worldgroup, 1995
Moore, H. Frazier, Ph.D. , Public Relations: Principles, Cases and Problem, PT. REMAJA ROSDAKARYA, Bandung, 2004
Mulyana, Deddy. Ilmu Komunkasi- suatu pengantar, PT. Remaja Rasdakarya,Bandung, 2001
Priyanto, Dwi. Mandiri Belajar SPSS. Yogyakarta: Media Pelajar, 2008
Sadat, Andi M. Brand belief, Salemba empat, Jakarta, 2009, hal. 142.
Senjaya, S. Djuarsa. Teori Komunikasi, Univertias Terbuka, Jakarta, 2007.
Severin, Werner J. & James. Tankard, Jr. , TEORI KOMUNIKASI ; SEJARAH, METODE & TERAPAN DI DALAM MEDIA MASSA, Edisi Ke-5, Kencana, Jakarta, 2007
Shimp. Terrence A. Advertising Promotion and Supplemental Aspect Of Integrated Marketing Communications, University of South California, 2003
Sugiyono, Prof, DR. , Metode penelitian Kuantitatif, Kualitatif Dan R&D, Alfabeta CV, bandung, 2008
Sukandarrumidi, metode penelitian, gadjah mada university pers, Yogyakarta, 2006
Tellis, Gerard J. Effective Advertising, New Delhi, 2004
Widyatama, Rendra. Pengantar Periklanan, Pustaka Publisher, Yogyakarta, 2007
William Wells, John Burnett, Sandra Moriarty. Advertising : Principles and Practice, new Jersey : Pentice Hall. 2000
Wiryanto, TEORI KOMUNIKASI MASSA, PT. GRASINDO, Jakarta, 2000
Sumber Lainnya :
Aggarwal. 2009. http : //www.indianjournalofmarketing.Com / archives / 2009 / dec2009 . htm (9 Mei 2011)
Effendy, Onong Uchjana. Kamus Komunikasi, Andar maju, bandung, 1989
Elric, Qiqii. 2011. http://www.scribd.com/doc/54493601/kom-massa (9 Mei 2016)
http://bsi.ac.id (9 Mei 2016)
Sutaryo. 2005. http : // pustaka.ut.ac.id /website/ index.php? option = com _ content & view = article & id = 57:sosi-4402-sosiologi-komunikasi &Itemid =74&catid = 29 : fisip (9 Mei 2016)
Schlecht, Christina. 2003. worldlywriter.com/ images/ portfolio/ Proposals/ Celebrity _ Branding.pdf (5 Mei 2016)
Schlecht, Christina. 2003. http://www.scribd.com/doc/19233410/Celebrity-Endorsements (9 Mei 2016)
Universitas Muhammadiyah Malang. 2010. http : // mociphyta. student. umm.ac.id/files/2010/03/vitt.docx (9 Mei 2016)
Universitas Sumatra Utara. 2010. repository. usu. ac. id/ bitstream/ 123456789/ 20226/4/ Chapter%20II.pdf (9 Mei 2016)