Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui jenis motivasi belajar mahasiswa STIE Triguna Jakarta, faktor-faktor yang mempengaruhi motivasi belajar mahasiswa STIE Triguna Jakarta, dan upaya yang dilakukan untuk meningkatkan motivasi belajar mahasiswa STIE Triguna Jakarta. Penelitian ini dilaksanakan dengan pendekatan deskriptif kualitatif.. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik observasi, wawancara, dan studi dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan sebagai berikut: (1) Motivasi yang dimiliki oleh mahasiswa STIE Triguna Jakarta adalah minat yang berasal dari diri mereka sendiri yaitu ingin mencari ilmu dan biaya yang relatif terjangkau, sedangkan motivasi ekstrinsik mereka yaitu ingin meningkatkan status pekerjaan yang lebih baik dan ingin mendapatkan ijasah; (2) Faktor-faktor yang mempengaruhi motivasi belajar siswa STIE Triguna Jakarta adalah minat, kurangnya dukungan fasilitas yang diberikan oleh kampus juga mempengaruhi motivasi belajar, model mengajar yang membosankan atau tidak ada tantangan, teman-teman sepermainan di sekolah membawa pengaruh negatif kepada siswa lain agar mengikuti tindakan yang dapat menurunkan prestasi belajar; (3) Upaya yang dilakukan oleh sekolah untuk meningkatkan motivasi belajar mahasiswa STIE Triguna Jakarta antara lain memberikan angka objektif pada tugas harian, ujian tengah semester, ujian akhir semester, dosen memberikan pujian kepada mahasiswa yang dapat menjawab pertanyaan yang diberikan pada saat pelajaran atau saat mendapatkan nilai yang memuaskan setelah ujian atau tugas, memberikan ujian untuk mengetahui seberapa paham mahasiswa terhadap mata kuliah yang diberikan dan evaluasi dosen, memberikan hukuman berupa tugas tambahan, memberikan masukan kepada mahasiswa yang prestasinya masih kurang standar.
ANALISIS MOTIVASI BELAJAR MAHASISWA PROGRAM STUDI MANAJEMEN STIE TRIGUNA JAKART
Chatarina Tri Anni. (2006). Psikologi Belajar. Semarang: UPT Unnes Press.
Dalyono. (2005). Psikologi Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta. Oemar
Hamalik. (2003). Prosedur Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara.
Sukmadinata, Nana Syaodih. (2003). Landasan Psikologi Proses Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Nashar. (2004). Peranan Motivasi Dan Kemampuan Awal Dalam Kegiatan Pembelajaran. Jakarta: Delia Press. Purwanto,
Ngalim. (2003). Psikologi Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Sardiman. (2014). Interaksi Dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Slameto. (2013). Belajar Dan Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi. Jakarta: Rineka Cipta.
Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Manajemen. Bandung: Alfabeta.
Arikunto, Suharsimi. (2002). Prosedur Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.
Suryabrata, Sumadi. (2005). Psikologi Pendidikan. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Wirawan. S. (1996). Psikologi Remaja. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Arifin, Zaenal. (1990). Evaluasi Instruksional Prinsip-Teknik-Prosedur. Bandung: Remaja Rosdakarya.
American Psychological Association (2001/2003). Publication Manual of the American Psychological Association (5th Ed). Washington, DC : Author