Kajian Penerapan Algoritma C4.5 Dalam Rekreuitmen Nasabah Bank

research
  • 13 Oct
  • 2022

Kajian Penerapan Algoritma C4.5 Dalam Rekreuitmen Nasabah Bank

Dunia perbankkan sekarang ini berusaha mencari nasabah deposito sebanyakbanyaknya dengan melakukan promosi pemasaran langsung untuk rekruitmen
nasabah bank, dengan adanya promosi pemasaran langsung terdapat permasalahan
yaitu banyak nasabah yang dilakukan promosi pemasaran langsung dengan cara
dihubungi menggunakan kontak telepon tidak menjadi nasabah deposito. Tujuan
dari penelitian ini adalah menguji keakurasian dari algoritma C4.5 berdasarkan
metodologi CRISP-DM. Dengan menggunakan algoritma C4.5 terbukti akurasinya
dalam mengklasifikasikan nasabah deposito yang berkaitan dengan promosi
pemasaran langsung rekruitmen nasabah bank.

Unduhan

 

REFERENSI

  1. http://id.wikipedia.org/wiki/Deposito
  2. http://id.wikipedia.org/wiki/Bank
  3. http://archive.ics.uci.edu/ml/machine-learning-databases/00222/bank.zip
    Han dan Kamber (2007),
    Data Mining Concepts and Techniques, San Fransisco:
    Morgan Kauffman.
  4. Hoggson, N. F. (1926) Banking Through the Ages, New York: Dodd, Mead &
    Company.
  5. Konda, P. (2009) The use of CRISP-DM methodology for data mining in banking,
    Slovenia:Universitas Ljubljana.
  6. Larose, D. T.(2005), Discovering Knowledge In Data, New Jersey: John Wiley &
    Sons, Inc.
  7. Moro, S. and Laureano, RMS (2011) Using Data Mining For Bank Direct
    Marketing: An Application Of The CRISP-DM Methodology
    , Portugal: ESM
    Rocha, B. C. and Junior, R. T. S (2010)
    Identifying Bank Frauds Using CRISP-DM
    And Decision Trees
    , Brasil: IJCSIT
  8. Triwahyuniati, N (2008) Pelaksanaan Analisis Pemberian Kredit Di PT Bank Haga
    Cabang Semarang, Semarang: Universitas Diponegoro.