Kondisi iklim di Indonesia saat ini tidak menentu hal ini bisa kita rasakan dari kemarau yang berkepanjangan dan jarang sekali turun hujan. Perubahan tersebut merupakan efek dari pemanasan global, kondisi tersebut terjadi karena meningkatnya zat karbondioksida yang paling banyak dihasilkan dari sampah plastik dan penggunaan energi yang berlebihan dalam kehidupan sehari-hari. Setelah kami mengamati kondisi perusahaan PT United Tractors Tbk, kami melihat masih banyak karyawan yang menggunakan kantong belanja berbahan plastic dan tidak bijak dalam penggunaan energi. Dalam penelitian ini penulis menggunakan metode kualitatif deskripsi dimana peneliti menjadi instrument kunci dan menggunakan teknik pengumpulan data observasi, wawancara, kepustakaan dan dokumentasi. Dari hasil metode yang peneliti lakukan perancangan kampanye publik relation pada PT United Tractors Tbk dalam meningkatkan kesadaran lingkungan hidup dan hemat energi bagi karyawan merupakan salah satu bentuk program dukungan kepada pemerintah terhadap masalah lingkungan khususnya sampah plastik dan bijak dalam menggunakan produksi energi. Dengan begitu kita telah membawa perubahan yang berdampak untuk kehidupan dimasa depan.
DAFTAR PUSTAKA
Adawiyah, Sa’Diyah El. 2020. Pengantar Public Relation. Litera.
Atika, Juli, Rosta Minawati, and Agung Ekobudi Waspada. 2018. “Iklan Layanan Masyarakat Peduli Sampah.” Jurnal Proposi 3(2):188–97.
Barus, Rosmawati Helmi, Donal Nababan, and Frida Lina Tarigan. 2020. “Pengaruh Konseling Dengan Media Lembar Balik Dan Brosur Terhadap Pengetahuan Tentang Gaya Hidup Pada Pasien Dm Tipe 2 Di Poli Rawat Jalan Rsud Deli Serdang.” Jurnal Muara Sains, Teknologi, Kedokteran Dan Ilmu Kesehatan 3(2):259.
Dewanto, Yahya. n.d. “Perancangan Poster Kampanye Memasyarakatkan Bahan
Bakar Gas Sebagai Bahan Bakar Ramah Lingkungan.”
Dr Iriantara, Yosal. 2019. Community Relations. revisi. Bandung.
Dwi, Putra Aris. 2020. “Perancangan Program Kampanye Pt Electronic City ‘No Plastic No Worry’ Dalam Meningkatkan Kesadaran Masyarakat Akan Bahaya Sampah Plastik.” Analisis Pendapatan Dan Tingkat Kesejahteraan Rumah Tangga Petani 53(9):1689–99.
Faqih, Abdul. 2018. “Kontruksi Foto Pada Harian Umum Pikiran Rakyat.” 1–16.
Hendrawan, Agus Nugroho, and M. Ron. Safirman. 2017. “Perancangan Sistem Aplikasi Rekam Medik Pada Puskesmas Pakuan Baru Kota Jambi.” Jurnal Processor 10(1):406–12.
Leliana, Intan, and Devy Putri Kussanti. 2018a. “Efektifitas Program Employee
Relations Terhadap Motivasi Kerja Karyawan PT Adira Dinamika
Multifinance.” Cakrawala - Jurnal Humaniora 18(2):179–84.
Leliana, Intan, and Devy Putri Kussanti. 2018b. “Program Kampanye Humas Puskesmas Kecamatan Palmerah Dalam Upaya Preventif Bahaya Campak Dan Rubella Di Masyarakat.” Jurnal Komunikasi 9(1):109–17.
Manik, P. D. K. E. S. 2018. Pengelolaan Lingkungan Hidup. Kencana.
Maudi, Erik, and Susilowati. 2018. “Strategi Koperasi Karya Mandiri Dalam Memperkenalkan Product Knowledge Melalui Event Gowes Pesona Nusantara.” Jurnal Komunikasi 9(1):1–9.
Mayasari, Silvina, and Chitra Angguntiara. 2018. “Strategi Humas PT Pelayaran Nasional Indonesia (Persero) Dalam Membuat Tabloid Sebagai Media Informasi Publik Internal.” Jurnal Komunikasi 9(1):24–30.
Mayasari, Silvina, and Clavinda Indraswari. 2018. “Efektivitas Media Sosial Instagram Dalam Publikasi HUT Museum Nasional Indonesia (MNI) Kepada Masyarakat.” Jurnal Komunikasi 9(2):190–96.
Norma, Soraya. 2019. “Perancangan Kampanye Sosial Membangun Kesadaran Beretika Komunikasi Di Sosial Media Pada Siswa Smk Pgri 11 Jakarta.” Journal of Chemical Information and Modeling 53(9):1689–99.
Pramelani, Pramelani, and Ayu Lestari. 2019. “Program Employee Gathering ‘Satukan Hati Selaraskan Tujuan’ Dalam Menjalin Hubungan Baik Karyawan.” Jurnal Komunikasi 10(1):42–47.
Prasanti, Ditha. 2016. “Perubahan Media Komunikasi Dalam Pola Komunikasi Keluarga Di Era Digital.” Jurnal Commed 1(1):2527–8673.
Program, Dosen, Studi Desain, Komunikasi Visual, and Universitas Bunda. 2013. “PERANCANGAN KAMPANYE PELESTARIAN HARIMAU SUMATERA BERBASIS MULTIMEDIA Sugeng Wahyudi.” 2:14–27.
Raco, Jozef. 2018. “Metode Penelitian Kualitatif: Jenis, Karakteristik Dan
Keunggulannya.”
Rissa Khoerunnisa, Yusuf Zaenal Abidin, Abdul Aziz Ma’arif. 2018. “Aktivitas Kampanye Public Relations Dalam.” Jurnal Ilmu Hubungan Masyarakat 3(November):79–96.
Sari, A. Andhita. 2017. Dasar-Dasar Public Relations Teori Dan Praktik - A.Anditha Sari - Google Buku. Deepublish.
Silviani, Irene. 2020. Public Relations Sebagai Solusi Komunikasi Krisis. SCOPINDO MEDIA PUSTAKA.
University, Binus. 2020. “Karyawan.”
Untari, D., and D. E. Fajariana. 2018. “Strategi Pemasaran Melalui Media Sosial Instagram (Studi Deskriptif Pada Akun @Subur_Batik).” Widya Cipta 2(2):271– 78.
Wijaya, H. 2019. Analisis Data Kualitatif: Sebuah Tinjauan Teori \& Praktik. Sekolah Tinggi Theologia Jaffray.