Dalam persaingan bisnis di era modern saat ini, pelanggan
merupakan hal yang perlu menjadi fokus utama perusahaan untuk mempertahankan
eksitensinya. Perusahaan harus merencanakan dan menggunakan strategi yang jelas
dalam memperlakukan pelanggan . Untuk mendapatkan pelanggan baru membutuhkan biaya
lebih besar dibandingkan dengan mempertahankan pelanggan lama. Pada penelitan
ini dilakukan segmentasi dengan menggunakan metode teknik clustering agar
proses dan hasil pengelompokannya lebih baik. Algoritma yang digunakan dalam
pengelompokan pelanggan server Pulsantara menggunakan K-Means dan K-medoids
yang nantinya akan dibandingkan algoritma yang terbaik antara K-Means dan
K-medoids. Pada hasil akhir penelitian dapat disimpulkan bahawa lagoritma
terbaik untuk segmentasi pelanggan Pulsantara adalah algoritma K-medoids dengan
jumlah cluster berjumlah 6 memiliki DBI sebesar 0.660%. Cluster yang terbentuk
menggunakan algoritma K-Medoids memiliki 6 cluster/segmen pelanggan dari keseluruhan
jumlah transaksi 85010 transaksi dengan jumlah agen sebanyak 133. Jumlah anggota
tiap cluster antara lain: 22 anggota berada pada cluster 0 disebut Typical Customer,
14 anggota berada pada cluster 1 disebut Occational customer, 13 anggota berada
pada cluster 2 disebut Golden Customer , 4 anggota berada pada cluster 3
disebut Superstar, pada cluster 4 memiliki jumlah anggota 52 penggan disebut
Dormant Customer sedangkan untuk cluster 5 memiliki 28 jumlah anggota yang
disebut dengan Everydar Shopper.