Implementasi Metode Prototyping Pada Rancang Marketplace Rumah Kost Berbasis Mobile

research
  • 02 Dec
  • 2021

Implementasi Metode Prototyping Pada Rancang Marketplace Rumah Kost Berbasis Mobile

Dalam perkembangan dunia bisnis di era sekarang, teknologi merupakan peran penting dalam menunjang kebutuhan dengan cepat dan informatif pada berbagai bidang usaha. Kehadiran teknologi sangat membantu para pemilik usaha dalam melakukan inovasi dan pengembangan usahanya baik dalam pemasaran, pemesanan, return barang bahkan sampai pembayaran. Tuntutan para pengusaha sekarang selain inovasi adalah penguasaan tekhnologi sehingga mereka bisa bertahan, banyak bidang bisnis yang saat ini harus survive Salah satunya pada bisnis properti terutama untuk bisnis penyewaan rumah Kost. Rumah Kost merupakan tempat untuk sewa penginapan atau tempat tinggal sementara. Saat ini sistem yang mewadahi tentang informasi tempat Kost mulai dari pencarian sampai pemesanan masih sangat sedikit. Masalah yang sering ditemui terkait pencarian rumah Kost yaitu sulitnya akses informasi tempat Kost sesuai dengan yang diinginkan, begitu juga bagi para pemilik Kost yang kebanyakan melakukan promosi tempat kosnya dengan cara konvensional yaitu menggunakan brosur, flyer, dsb. Berdasarkan permasalahan tersebut, maka dibutuhkan sebuah aplikasi marketplace rumah Kost berbasis mobile. Aplikasi ini dirancang dan dibangun dengan menggunakan metode Prototyping dan memiliki fasilitas pencarian yang sudah terintegrasi dengan google maps, kemudahan dalam melakukan transaksi sewa, dan membantu pemilik Kost dalam mengelola maupun memasarkan tempat kosnya secara maksimal. Adapun hasil dari perancangan ini yaitu menjadikan sarana untuk mengefektifkan dan memberikan kemudahan bagi penyewa maupun pemilik dalam pemanfaatan aplikasi rumah Kost.

 

Unduhan

 

REFERENSI

[1]        Abdillah, R., Kuncoro, A., & Kurniawan, I. (2019). Analisis Aplikasi Pembelajaran Matematika Berbasis Android dan Desain Sistem Menggunakan UML 2.0. Jurnal Theorems, 4(1), 138–146.

[2]        Alfeno, S., & Devi, R. E. C. (2017). Implementasi Global Positioning System ( GPS ) dan Location Based Service ( LSB ) pada Sistem Informasi Kereta Api untuk Wilayah Jabodetabek. Sisfotek Global, 7(2), 27–33.

[3]        Andriansyah, D. (2016). Sistem Informasi Pendaftaran Event dengan PHP untuk Panduan Skripsi. Cirebon: CV. Asfa Solution.

[4]        Anggraeni, E. Y. (2017). Pengantar Sistem Informasi. Penerbit Andi.

[5]        Fridayantie, E. W. M. (2016). Rancang Bangun Sistem Informasi Permintaan ATK Berbasis Intranet (Studi Kasus: Kejaksaan Negeri Rangkasbitung). Nusa, 5(1), 1689– 1699.

[6]        Hendini, A. (2016). PEMODELAN UML SISTEM INFORMASI MONITORING PENJUALAN DAN STOK BARANG (STUDI KASUS: DISTRO ZHEZHA PONTIANAK). Crop Science, 23(2), 201–205. Evolusi: Jurnal Sains dan Manajemen Vol 8 No. 1 Maret 2020 ISSN:2338-8161 E-ISSN: 2657-0793 11

[7]        Marakas, G. M., & O’Brien, J. A. (2017). Pengantar Sistem Informasi. Jakarta: Salemba Empat.

[8]        Maulana, I., & Ginanjar, R. (2017). Sistem Informasi Manajemen Kost Berbasis Web. Sistem Informasi, 02(01), 11–19.

[9]        Mulyani, S. (2017). Analisis dan Perancangan Sistem Informasi Manajemen Keuangan Daerah: Notasi Pemodelan Unified Modeling Language (UML). Abdi Sistematika.

[10]    Muslihudin, M. (2016). Analisis Dan Perancangan Sistem Informasi Menggunakan Model Terstruktur Dan UML. Penerbit Andi.

[11]    Nur, H. (2019). Penggunaan Metode Waterfall Dalam Rancang Bangun Sistem Informasi Penjualan. Generation Journal, 3(1), 1. https://doi.org/10.29407/gj.v3i1.126 42

[12]    Putra, A. K., Nyoto, R. D., & Sasty, P. H. (2017). Rancang Bangun Aplikasi Marketplace Penyedia Jasa Les Private Di Kota Pontianak Berbasis Web. Jurnal Sistem Dan Teknologi Informasi, 5(1), 22–25. http://jurnal.untan.ac.id/index.php/ju stin/article/viewFile/17991/15281

[13]    Rachmawati, A. (2017). Membangun Informasi Layanan Umum Rumah Kos Melalui Aplikasi Berbasis Web. Jurnal Ilmiah FIFO, 9(2), 155. https://doi.org/10.22441/fifo.2017.v 9i2.009

[14]    Ratnasari, A. D., Saputra, A., Gunawan, G., & Sylvia, C. (2019). Rancang Bangun Website Marketplace “E-Salon.” KOMIK (Konferensi Nasional Teknologi Informasi Dan Komputer), 3(1), 213–219. https://doi.org/10.30865/komik.v3i1. 1591

[15]    Romney, M. B., & Steinbart, P. J. (2015). Sistem informasi akuntansi. Jakarta: Salemba Empat.

[16]    Santos, G. B., Pradipta, H., Astiningrum, M., Studi, P., Informatika, T., Informasi, J. T., Malang, P. N., & Keputusan, S. P. (2016). Implementasi metode ahp untuk rekomendasi tempat Kost pada aplikasi Kost online. Seminar Informatika Aplikatif Polinema.

[17]    Triansah, A., Cahyadi, D., & Astuti, I. F. (2016). Membangun Aplikasi Web Dan Mobile Android Untuk Media Pencarian Kost Menggunakan Phonegap Dan Google Maps API. Informatika Mulawarman : Jurnal Ilmiah Ilmu Komputer, 10(1), 58. https://doi.org/10.30872/jim.v10i1.2 1

[18]    Tristianto, C. (2018). PENGGUNAAN METODE WATERFALL UNTUK PENGEMBANGAN SISTEM MONITORING DAN EVALUASI PEMBANGUNAN PEDESAAN. Gooseberry, XII(01), 41–56. https://doi.org/10.5749/j.cttttv6b.5

[19]    Yosephine, S., & Tji, J. (2018). Program Aplikasi Peta Wisata Kabupaten Boyolali Dengan Mengggunakan Google Maps