Analisis Strategi Pengembangan Koperasi Karyawan Republika

research
  • 03 Jun
  • 2021

Analisis Strategi Pengembangan Koperasi Karyawan Republika

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor internal dan eksternal yang memengaruhi kinerja Koperasi Karyawan (Kopkar) Republika, mengidentifikasi posisi koperasi dengan analisis Matriks Internal Eksternal dan Grand Strategy Matrix, serta menemukan alternatif strategi yang bisa dikembangkan untuk meningkatkan kinerja koperasi tersebut.  Penelitian menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan bantuan analisis  SWOT  yang dikembangkan  untuk  mengidentifikasi Strategic  Factor  Analysis  Summary(SFAS).  Dengan SFAS ini, bisa diketahui Internal Factor  Analysis  Summary(IFAS)  dan External  Factor  Analysis  Summary(EFAS).  Hasil penelitian menunjukkan, ada banyak kekuatan dan kelemahan dari lingkungan internal serta peluang dan ancaman dari faktor eksternal terhadap Kopkar Republika. Meski demikian, Kopkar Republika masih mampu mengelola faktor-faktor  tersebut  yang  ditunjukkan  dengan  posisinya  pada kelompok tumbuh  dan  bangun pada Matriks Internal  Eksternal  serta Kuadran  I Grand  Strategy  Matrix.  Kekuatan utama koperasi terletak  pada  anggota, sementara  kelemahannya  adalah  anggota  yang  terbatas  bagi  karyawan  perusahaan  serta  sarana  dan  prasarana koperasi  kurang  memadai.  Peluang  terbesar adalah  adanya  tawaran  kerja  sama  dari  pihak  luar,  termasuk  dari kompetitor. Ancaman yang paling nyata dan umum terjadi adalah persaingan yang makin ketat dari para peritel mapan. Faktor kunci utama keberhasilan Kopkar Republika terletak pada kekuatan anggota, kemampuan menjalin kerja sama dengan pihak luar, dan mengatasi persaingan yang makin ketat.

Unduhan

 

REFERENSI

Barney, J., & Hesterly, W. (2019). Strategic Management and Competitive Advantage: Concepts, Global Edition. Pearson Higher Education & Professional Group.

David, F. R., & David, F. R. (2017). Strategic Management: A Competitive Advantage Approach, Concepts. Pearson Education.

Ermaya, K. (2019). Strategi Pengembangan Koperasi dengan Analisis SWOT (Studi Kasus di KSU Maju Jaya). Ekonomi Dan Bisnis, 6(1), 86–100.

Gamble, J. E., Peteraf, M. A., & Thompson, A. A. (2015). Essentials of Strategic Management: The Quest for Competitive Advantage. McGraw-Hill Education.

Gandhy, A., & Kurniawati, S. D. (2018). Analisis Strategi Pengembangan Usaha Koperasi Produksi Susu Bogor, Jawa Barat. Jurnal Maksipreneur: Manajemen, Koperasi, Dan Entrepreneurship, 8(1), 15–31.

Hasmawati, F. (2013). Manajemen Koperasi (Ketiga). Duta Azhar.

Hill, C. W. L., & Jones, G. R. (2012). Essentials of Strategic Management (Third). Cengage Learning.

Hitt, M. A., Ireland, R. D., & Hoskisson, R. E. (2016). Strategic Management: Concepts and Cases: Competitiveness and Globalization. Cengage Learning.

Irawan, R. H. (2019). Analisis SWOT dalam Perencanaan Strategis Teknologi Sistem Informasi Koperasi Giat Pare. Prosiding Seminar Nasional Teknologi Informasi Dan Komunikasi (SENATIK), 1(1), 133–137.

Kemenkop-UKM. (2010). Apa Itu Koperasi? Kemenkop UKM Jakarta.

Magretta, J., & Porter, M. E. (2012). Understanding Michael Porter: The Essential Guide to Competition and Strategy. Harvard Business Review Press.

Moonti, U. (2016). Dasar-Dasar Koperasi (Pertama). Interpena.

Oktaviana, R. V. (2013). Strategi Pengembangan Primer Koperasi. Jurnal Administrasi Publik, 1(2), 257–264.

Porter, M. E. (2008). Competitive Advantage: Creating and Sustaining Superior Performance. Free Press.

Swasono, SE. (2005). Koperasi: Nilai Tambah Ekonomi, Nilai Tambah Sosial-Kultural, Sokoguru Perekonomian. Penerbit Yayasan Hatta.

Witcher, B. J. (2019). Absolute Essentials of Strategic Management. Taylor & Francis.