Analisis Strategi Pemasaran Untuk Meningkatkan Pendapatan UMKM

research
  • 30 May
  • 2021

Analisis Strategi Pemasaran Untuk Meningkatkan Pendapatan UMKM

Pemasaran adalah suatu kegiatan dimana pelaku usaha menawarkan produknya kepada konsumen  agar dapat menerima produk tersebut dengan segala ide dan gagasan agar produk tersebut dapat diminati oleh konsuman. Pemasaran merupakan unsur yang penting yang harus diperhatikan sehingga sesuai dengan harapan, yaitu mendapatkan konsumen  yang  diharapkan. Berbagai jenis macam UMKM yang berdiri dan berbagai macam jenis produk yang ditawarkan dari semua yang ada hampir sama karena produk UMKM mudah untuk di buat dengan bahan yang tidak begitu mahal harganya.. Dari banyaknya jenis produk yang ada UMKM perlu adanya inovasi yang lebih kreatif agar konsumen bisa tertarik karena yang ada jenis produk yang hampir setiap hari sama sehingga disini perlu adanya keberanian untuk menciptakan produk yang tidak bisa tersaingi. Dengan menggunakan analisa SWOT dapat mengetahui bagaimana strategi pemasaran yang tepat sasaran. Meliputi Faktor internal yaitu kekuaatan dan kelemahan serta faktor eksternal yaitu peluang dan ancaman yang dimiliki UMKM. Serta  mengetahui  tujuan strategi pemasaran  yang digunakan sehingga dapat meningkatkan pendapatan dengan banyaknya  konsumen yang tertarik pada produk yang dijual. Tehnik pengumpulan data melalui dokumentasi, wawancara dan observasi. Tehnik analisis data menggunakan riset dokumentasi dan analisis deskriptif. 

Unduhan

 

REFERENSI

Analisis Strategi Pemasaran Untuk Meningkatkan daya Saing UMKM, diakses pada tanggal 10 Mei   2020 dari http://www.neliti.com.

Dimas, HW. Zainul,A.  & Sunarti (2015). Strategi Pemasaran Untuk Meningkatkan Daya Saing UMKM (studi pada BatikDiajeng Solo). Administrasibisnis.studentjournal.ub.ac.id.

Iklan Baris UMKM, diakses pada tanggal 12 Mei 2020 dari http://www.iklanbaris-umkm.blogspot.com.

Konsep  Strategi Pemasaran dan Bauran Pemasaran 4P ( Marketing Mix), diakses pada tanggal 15 Mei 2020 dari http://www.kembar.pro.

Lima Pengertian Segmentasi Pasar Menurut Para Ahli diakses pada  tanggal 17 Mei 2020 dari http://www.gilabisnis.com.

Lima  Strategi Pemasaran Yang Efektif Untuk UMKM, diakses pada tanggal 15 Mei 2020 dari http://www.whello.id.

Pemasaran, Pendapatan diakses pada tanggal 15 Mei 2020 dari http:/www.id.m.wikipedia.org.

Pengertian dan Jenis Metode Deskriptif, diakses pada tanggal tanggal 17 Mei 2020 dari http://www.idtesis.com.

Pengertian Pemasaran, diakses pada tanggal 17 Mei 2020 dari http://www.ilmu-ekonomi-id.com

Pengertian UMKM, diakses pada tanggal 8 Mei 2020 dari http://www.idcloudhost.com.

Pengertian Pendapatan, diakses pada tanggal 17 Mei 2020 dari http://www.cekkembali.com.

Pengertian Strategi Pemasaran, diakses pada tanggal 15 Mei 2020 dari http://www.guruakuntansi.com.

Philip Kotler & Gary Armstrong.2008,. Prinsip – prinsip Pemasaran. Edisi dua belas. Jakarta :Erlangga Jakarta.

Positiong dan Deferensiasi, diakses pada tanggal 11 Juli 2020 dari http://www.erenmikasa.wordpress.com.

Segmentation, Targeting, Positioning dan Perilaku konsumen , diakses pada tanggal 20 Mei 2020 dari http://www.faizfzz.wordpress.com.

Sri Lestari Triyaningsih (2012). Strategi pemasaran Usaha Kecil Dan Menengah. Jurnal ekonomi dan kewirausahan. Vol 12. No. 1 2012. 37-46

Strategi Pemasaran, dan pengertian Pemasaran diakses pada tanggal 17 Mei 2020 dari http://www.maxmanroe.com.

Strategi Pemasaran Usaha Kecil dan Menengah,  diakses pada tanggal 17 Mei 2020 dari http://www.media.neliti.com.

Strategi Pemasaran Yang Efektif diakses pada tanggal 15 Mei 2020 dari http://www.jurnal.id.

Tips Jitu Menyusun Strategi Pemasaran Usaha Kecil, diakses pada tanggal 15 Mei 2020 dari http://www.bisnisukm.com.

UMKM Malang Raya, diakses pada tanggal 9 Mei 2020 dari http://www.umkmmalangraya.blogspot.com


.