Pemasaran adalah suatu kegiatan dimana pelaku usaha menawarkan produknya kepada konsumen agar dapat menerima produk tersebut dengan segala ide dan gagasan agar produk tersebut dapat diminati oleh konsuman. Pemasaran merupakan unsur yang penting yang harus diperhatikan sehingga sesuai dengan harapan, yaitu mendapatkan konsumen yang diharapkan. Berbagai jenis macam UMKM yang berdiri dan berbagai macam jenis produk yang ditawarkan dari semua yang ada hampir sama karena produk UMKM mudah untuk di buat dengan bahan yang tidak begitu mahal harganya.. Dari banyaknya jenis produk yang ada UMKM perlu adanya inovasi yang lebih kreatif agar konsumen bisa tertarik karena yang ada jenis produk yang hampir setiap hari sama sehingga disini perlu adanya keberanian untuk menciptakan produk yang tidak bisa tersaingi. Dengan menggunakan analisa SWOT dapat mengetahui bagaimana strategi pemasaran yang tepat sasaran. Meliputi Faktor internal yaitu kekuaatan dan kelemahan serta faktor eksternal yaitu peluang dan ancaman yang dimiliki UMKM. Serta mengetahui tujuan strategi pemasaran yang digunakan sehingga dapat meningkatkan pendapatan dengan banyaknya konsumen yang tertarik pada produk yang dijual. Tehnik pengumpulan data melalui dokumentasi, wawancara dan observasi. Tehnik analisis data menggunakan riset dokumentasi dan analisis deskriptif.
Peer reviewer jurnal
Analisis
Strategi Pemasaran Untuk Meningkatkan daya Saing UMKM, diakses pada tanggal 10
Mei 2020 dari http://www.neliti.com.
Dimas, HW. Zainul,A.
& Sunarti (2015). Strategi Pemasaran Untuk Meningkatkan Daya Saing
UMKM (studi pada BatikDiajeng Solo).
Administrasibisnis.studentjournal.ub.ac.id.
Iklan
Baris UMKM, diakses pada tanggal 12 Mei 2020 dari http://www.iklanbaris-umkm.blogspot.com.
Konsep Strategi Pemasaran dan Bauran Pemasaran 4P (
Marketing Mix), diakses pada tanggal 15 Mei 2020 dari http://www.kembar.pro.
Lima
Pengertian Segmentasi Pasar Menurut Para Ahli diakses pada tanggal 17 Mei 2020 dari http://www.gilabisnis.com.
Lima Strategi Pemasaran Yang Efektif Untuk UMKM,
diakses pada tanggal 15 Mei 2020 dari http://www.whello.id.
Pemasaran,
Pendapatan diakses pada tanggal 15 Mei 2020 dari http:/www.id.m.wikipedia.org.
Pengertian dan
Jenis Metode Deskriptif, diakses pada tanggal tanggal 17 Mei 2020 dari http://www.idtesis.com.
Pengertian
Pemasaran, diakses pada tanggal 17 Mei 2020 dari http://www.ilmu-ekonomi-id.com
Pengertian UMKM,
diakses pada tanggal 8 Mei 2020 dari http://www.idcloudhost.com.
Pengertian
Pendapatan, diakses pada tanggal 17 Mei 2020 dari http://www.cekkembali.com.
Pengertian
Strategi Pemasaran, diakses pada tanggal 15 Mei 2020 dari http://www.guruakuntansi.com.
Philip Kotler
& Gary Armstrong.2008,. Prinsip – prinsip Pemasaran. Edisi dua belas.
Jakarta :Erlangga Jakarta.
Positiong dan
Deferensiasi, diakses pada tanggal 11 Juli 2020 dari http://www.erenmikasa.wordpress.com.
Segmentation,
Targeting, Positioning dan Perilaku konsumen , diakses pada tanggal 20 Mei 2020
dari http://www.faizfzz.wordpress.com.
Sri Lestari Triyaningsih (2012). Strategi pemasaran
Usaha Kecil Dan Menengah. Jurnal ekonomi dan kewirausahan. Vol 12. No. 1 2012.
37-46
Strategi
Pemasaran, dan pengertian Pemasaran diakses pada tanggal 17 Mei 2020 dari http://www.maxmanroe.com.
Strategi
Pemasaran Usaha Kecil dan Menengah,
diakses pada tanggal 17 Mei 2020 dari http://www.media.neliti.com.
Strategi Pemasaran
Yang Efektif diakses pada tanggal 15 Mei 2020 dari http://www.jurnal.id.
Tips Jitu
Menyusun Strategi Pemasaran Usaha Kecil, diakses pada tanggal 15 Mei 2020 dari http://www.bisnisukm.com.
UMKM Malang
Raya, diakses pada tanggal 9 Mei 2020 dari http://www.umkmmalangraya.blogspot.com
.