Pembuatan Animasi Interaktif Hijaiyah Adventure Menggunakan Aplikasi Construct 2 Berbasis Android

research
  • 23 Mar
  • 2018

Pembuatan Animasi Interaktif Hijaiyah Adventure Menggunakan Aplikasi Construct 2 Berbasis Android

Dalam tugas akhir kali ini telah di buat animasi interaktif “Hijaiyah Adventure” yaitu sebuah permainan atau game bergenre petualangan yang memperkenalkan tentang huruf huruf hijaiyah. Animasi interaktif ini bertujuan agar lebih menarik, mudah di mengerti dan menjadi alat pendukung untuk peran orang tua/masyarakat untuk mengenalkan huruf huruf hijaiyah kepada anak anaknya sehingga anak anak tidak bosan saat mereka memainkannya. Untuk pembuatan animasi metode yang di gunakan antara lain mengumpulkan bahan yang di butuhkan seperti suara/sound, juga gambar animasi, membuat animasi interaktif ini dikerjakan menggunakan aplikasi/software Construct, photoshop, dan phoneGap mulai dari pembuatan awal sampai ke pengujian. Dalam animasi ini membahas pengenalan huruf hijaiyah dasar dan juga beberapa materi dari Al-Qur’an Iqro. 

Unduhan

 

  • Lampiran I.pdf

    TA_Lampiran I.pdf

    •   diunduh 280x | Ukuran 210,513
  • LEMBAR KONSULTASI TUGAS AKHIR.pdf

    TA_LEMBAR KONSULTASI TUGAS AKHIR.pdf

    •   diunduh 222x | Ukuran 252,508
  • BAB IV.pdf

    TA_BAB IV.pdf

    •   diunduh 309x | Ukuran 146,485
  • BAB I.pdf

    TA_BAB I.pdf

    •   diunduh 508x | Ukuran 173,610
  • BAB III.pdf

    TA_BAB III.pdf

    •   diunduh 422x | Ukuran 1,508,577
  • DAFTAR ISI.pdf

    TA_DAFTAR ISI.pdf

    •   diunduh 254x | Ukuran 98,318
  • Lembar KATA PENGANTAR.pdf

    TA_Lembar KATA PENGANTAR.pdf

    •   diunduh 221x | Ukuran 140,264

REFERENSI

Adnyana, Ida Bagus Yogi, and Rissal Effendi. "Rancang Bangun Sistem Informasi Geografis Persebaran Lokasi Obyek Pariwisata Berbasis Web dan Mobile Android (Studi Kasus Di Dinas Pariwisata Kabupaten Gianyar)." Jurnal Teknologi Informasi dan Komunikasi 5.1 (2014): 9-16.

Agustina Candra, Tri Wahyudi. “APLIKASI GAME PENDIDIKAN BERBASIS ANDROID

UNTUK MEMPERKENALKAN PAKAIAN ADAT INDONESIA.” Journal on Software Engineering Vol 1 No 1 2015..

Aria, Ririn Restu. Perancangan  Sistem Informasi Penerimaan Siswa Baru  .  Perspektif 14.1 (2016): 62-70.

Ariyati Sri, Titik Misriati. “PERANCANGAN ANIMASI INTERAKTIF PEMBELAJARAN ASMAUL HUSNA.” Jurnal Teknik Komputer Amik BSI Vol. II No.1 Februari 2016

Hariyanto, Andrey, Adi Wibowo, and Agustinus Noertjahyana. "Sistem Manajemen Skripsi Program Manajemen Bisnis Berbasis Web Service dan PhoneGap." Jurnal Infra 1.2 (2013): pp-329.

Himmi, Muhammad Himmi Syahrul Abidin Muhammad, and Syahrul Abidin. "RANCANG BANGUN APLIKASI MONITORING NETWORK BERBASIS WEB MENGGUNAKAN HTML5 PADA DINAS PENDIDIKAN KABUPATEN BLITAR." Jurnal Mahasiswa Fakultas Sains dan Teknologi (2015).

Holida S, M, Tuti Alawiyah, Herlan Sutisna. “PENERAPAN ANIMASI INTERAKTIF DALAM PENGENALAN AKSARA SUNDA.” Jurnal Informatika. Vol.I No. 2 September 2014.

Imbar, R.V, and Eric Tirta. "Analisa, Perancangan dan Implementasi Sistem Informasi Penjualan Pelumas Studi Kasus: Perusahaan “PT. Pro Roll International”." Jurnal Informatika 3.1 (2011).

Irsa, Rita Wiryasaputra, Sri Primaini. “PERANCNGAN APLIKASI GAME EDUKASI PEMBELAJARAN ANAK USIA DINI MENGGUNAKAN LINIER  CONGRUENT METHOD (LCM).” Jurnal Informatika Global Vol 6 No.1 Desember 2015.

Munir. MULTIMEDIA Konsep &  Aplikasi dalam Pendidikan. ALFABETA, CV. 2012

Safaat Nazruddin Safaat H. ANDROID Pemograman Aplikasi Mobile Smartphone dan Tablet PC Berbasis Android. Informatika Bandung. 2015.

Sianipar R,H. HTML 5 dan CSS3 Belajar dari Kasus. Informatika Bandung. Februari 2015.

Wahyu Dian Putra, A. Prasita Nugroho, Erri Wahyu Puspitarini. “GAME EDUKASI BERBASIS ANDROID SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN UNTUK ANAK USIA DINI.” Jurnal Informatika Merdeka Pasuruan Vol. 1, No. 1 Maret 2016

Widiastuti, Nelly Indriani. "Membangun Game Edukasi Sejarah Walisongo." Komputa: Jurnal Ilmiah Komputer dan Informatika 1.2 (2012).