ABSTRAK
Ramlan Subakti (19160138), E-Point System Of Student
Reward And Punishment Di SMK Doa Bangsa Dengan Metode Simple Additive
Weight (SAW)
Pada saat ini peranan teknologi informasi sangat penting dalam berbagai aspek kehidupan, salah satunya adalah dunia pendidikan. Sekolah merupakan salah satu jenis pendidikan yang mampu membentuk watak dan kemampuan suatu bangsa sehingga terciptanya siswa yang berakhlak dan berpengetahuan luas. SMK Doa Bangsa dalam rangka meningkatkan tingkat kedisiplinan siswa melalui pembinaan kesiswaan yang dapat mewujudkan kepribadian siswa yang disiplin dan bertanggung jawab melalui penerapan sistem poin pelanggaran siswa pada tata tertib sekolah. Sistem poin ini merupakan suatu sistem pemberian poin terhadap siswa yang melanggar peraturan tata tertib dengan diberikannya sanksi tergantung berapa banyak siswa mendapatkan poin. Namun, pada praktiknya masih menerapkan pengolahan data secara manual serta pemberian sanksi yang kurang tersistematis. Hal ini tentu menimbulkan banyak permasalahan, di antaranya adalah pencatatan pelanggaran yang kurang akurat serta membutuhkan waktu yang relatif lama. Maka untuk mengatasi masalah tersebut perancangan program aplikasi kedisiplinan siswa berbasis web, dimana aplikasi ini mempermudah pencatatan pelanggaran siswa, serta memberikan informasi pelanggaran yang lebih terbuka yang dapat di akses oleh seluruh siswa, guru dan orang tua. Aplikasi ini juga menerapkan metode Simple Adiitive Weight untuk menentukan tingkat kedisiplinan antar kelas sehingga tanggung jawab disiplin bukan hanya tanggung jawab masing-masing melainkan tanggung jawab bersama satu kelas tersebut.
ABSTRACT
Ramlan Subakti (19160138), E-Point System Of Student
Reward And Punishment Di SMK Doa Bangsa Dengan Metode Simple Additive
Weight (SAW)
At this time the
role of information technology is very important in various aspects of life,
one of which is the world of education. School is one type of education that is
able to shape the character and ability of a nation so that students who have
morality and extensive knowledge are quite a lot. Vocational Prayer Nation in
order to improve the level of student discipline through student coaching that
can realize the personality of students who are disciplined and responsible
through the application of a point system to students in school discipline.
This point system is a system of giving points to students who issue rules of
order by giving rules depending on how many students get points. However, at
the time of practice it was still manually managing data and imposing less
systematic sanctions. This, of course, causes a lot of disagreement, it is
corrected is inaccurate recording and requires a long time. So to overcome
these problems the design of web-based student discipline application programs,
while this application facilitates student recording, it also provides further
battle information that can be accessed by all students, teachers and parents.
This application also applies the Simple Adiitive Weight method to determine
the level of discipline between classes so the responsibility of discipline is
not just the responsibility of each.
BAB IV
LEMBAR PERNYATAAN KEASLIAN SKRIPSI
LAMPIRAN
LEMBAR PERSETUJUAN DAN PENGESAHAN
LEMBAR PERNYATAAN PUBLIKASI
BAB II
BAB III
SURAT KETERANGAN RISET
LEMBAR KONSULTASI
KATA PENGANTAR
DAFTAR PUSTAKA
DAFTAR PUSTAKA
Aditama, R. (2013). Sistem
Informasi Akademik Kampus Berbasis Web dengan PHP. Yogyakarta: Lokomedia.
Ardhana, Y. M. (2012). PHP
Menyelesaikan Website 30 Juta. Yogyakarta: Jasakom.
Ashari, A. (2013). PENGELOLAAN
TATA TERTIB SISWA. SURAKARTA: UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH SURAKARTA .
Dicky Nofriansyah, S.
M. (2014). Konsep Data Mining Sistem Pendukung Keputusan. Yogyakarta:
Deepublish.
Hidayat, R. (2010).
Cara Praktis Membangun Website Gratis Memanfaatkan dan Hosting Gratis. Dalam R.
Hidayat, Cara Praktis Membangun Website Gratis Memanfaatkan dan Hosting
Gratis (hal. 2). Jakarta: PT Elex Media.
Hutahaean, J. (2014). Konsep
Sistem Informasi. Yogyakarta: Deepublish.
Imansyah, M. (2010). Membangun
Toko Online dengan WordPress. Jakarta: Elex Media Komputindo.
Kasih, P., & Lestari, Y. (2009). Aplikasi Penghitung
Point Pelanggaran Siswa Sebagai Sistem Pendukung Keputusan Bagi Badan Konseling
Sekolah Dengan Simple Additive Weighting ( Studi Kasus : SMK N 1 Tanah
Grogot-Kaltim ). Nusantara of Engineering, 2(1), 57–64.
Kosasi, S., Studi, P.,
& Informasi, S. (2015). PENERAPAN RAPID APPLICATION DEVELOPMENT PADA
SISTEM PENJUALAN SEPEDA ONLINE. 6(1), 27–36.
Muhamad Muslihudin, O. (2016). Analisis dan
Perancangan Sistem Informasi Menggunakan Model Terstruktur dan UML.
Yogyakarta: Andi.
Patmi Kasih, Y. L.
(t.thn.). Aplikasi Penghitung Point Pelanggaran Siswa Sebagai Sistem Pendukung
Keputusan Bagi Badan Konseling Sekolah Dengan Simple Additive Weighting (Studi
Kasus : SMK N 1 Tanah Grogot-Kaltim). 1.
Pratama, A. (2016). CSS
Uncover Panduan Belajar CSS untuk Pemula. Sumatera Utara: DuniaIlkom.
Pratama, A. (2016). HTML
Uncover Panduan Belajar HTML untuk Pemula. Sumatera Utara: DuniaIlkom.
Pratama, A. N. (2010). CodeIgniter
: Cara Mudah Membangun Aplikasi PHP. Jakarta: Mediakita.
Puspitasari. (2011). Pemrograman
Web Database dengan PHP & MySQL. Jakarta: Skripta.
Savitha, K. C. (2014).
Trusted Network Selection using SAW and TOPSIS Algorithms for Heterogeneous
Wireless Networks. International Journal of Computer, 1-9.
Setyawan, D., Astuti, E. S., & Ekojono, E. (2017). Sistem
Pencatatan Poin Pelanggaran Siswa Pada Sma
Negeri 1 Purwosari. Jurnal Informatika Polinema, 1(1), 13.
https://doi.org/10.33795/jip.v1i1.84
Sibero, A. (2010). Web
Pro graming Power Pack. Yogyakarta: Andi Offset.
Wahyudi, R., & Aristantia, A. D. (2017). Aplikasi
Pengolahan Data Pelanggaran Siswa. Telematika, 10(2), 62–75.
Susanto, A. (2019). IJIS Indonesian Journal on Information
System ISSN 2548-6438. IJIS-Indonesia Journal on Information System, 4(September
2019), 69–76. https://doi.org/10.1021/jp5128578
Yanto, R. (2016). Manajemen
Basis Data Menggunakan MySQL. Yogyakarta: Deepublish.
Yusran, Y. (2020). Perancangan Sistem Informasi Administrasi
Pembayaran SPP Siswa Berbasis Web. Edik Informatika, 6(2), 7–14. https://doi.org/10.22202/ei.2020.v6i2.3980