Analisis Perencanaan Bisnis Penyedia Jasa Switching dan Mobile Banking Bank X

research
  • 13 Apr
  • 2021

Analisis Perencanaan Bisnis Penyedia Jasa Switching dan Mobile Banking Bank X

Implementasi sebuah layanan perbankan tidak lepas dari kebutuhan telekomunikasi mobile dan IT seperti halnya pembangunan sebuah sistem Mobile Banking Bank X yang membutuhkan infrastruktur baik dari sisi jaringan (network) maupun aplikasi dari sisi pengguna layanan mobile banking itu sendiri. Pengguna memerlukan aplikasi yang bisa mendukung layanan mobile untuk transaksi perbankan yang bisa diakses dari handphone (mobile phone) mereka. Untuk mengimplementasikan layanan Mobile Banking Bank X, pihak bank membutuhan switching system dan aplikasi dari perusahaan penyedia (provider) sebagai bentuk kerjasama atau proyek untuk memperoleh keuntungan bersama. Oleh karena itu pihak provider PT.Z maupun bank X memerlukan perencanaan bisnis yang matang dan selanjutnya dapat dianalisis kelayakan bisnisnya. Pada penelitian ini akan mengkaji aspek bisnis melalui analisis perencanaan bisnis dilihat dari sisi provider terkait dengan aspek finansial, tetapi tidak menutup kemungkinan dari sisi bank X yang terbatas pada aspek pasar. Analisis pasar dapat dilakukan dengan mengkaji potensi nasabah yang dimiliki bank X, sedangkan analisis finansial penyedia switching system dan aplikasi dapat diperoleh dari nilai investasi perusahaan penyedia PT.Z. Dengan menghitung beberapa parameter kelayakan seperti PP (Payback Period), ROI (Return On Investment), NPV (Net Present Value), IRR (Internal Rate of Return) dan PI (Profitability Index) dari data internal keuangan perusahaan provider switching system dan aplikasi serta mengidentifikasi potensi nasabah bank X, maka dapat dianalisis dan disimpulkan kelayakan perencanaan bisnisnya.

Unduhan

  • index.php

    ZND_Peer Review_Jurnal_Analisis_Perencanaan_Bisnis_Perusahaan_Penyedia_Jasa Switching

    •   diunduh 1128x | Ukuran 78 KB
  • index.php

    zainul mufid

    •   diunduh 1212x | Ukuran 81 KB

 

  • index.php

    dokumen pendukung

    •   diunduh 1161x | Ukuran 88,531
  • ict.php

    asd

    •   diunduh 328x | Ukuran 11,240

REFERENSI

1. Freddy Rangkuti, (2003). Business Plan; Teknik Membuat Perencanaan

Bisnis & Analisis Kasus: Gramedia Press.

2. Husein Umar, (2005). Studi Kelayakan Bisnis; Teknik Menganalisis

Kelayakan Rencana Bisnis secara Komprehensif: Gramedia Press.

3. Mudrajad Kuncoro, Ph.D, (2003). Metode Riset Untuk Bisnis & Ekonomi;

Bagaimana meneliti & menulis Jurnal: Erlangga.

4. Donald R. Cooper / Pamela S. Schindler (2008). Business Research

Method, 10th edition, New York, NY: McGraw-Hill.

5. Sekaran.U (2000). Research Method for Business: A skill building

approach, 3rded, New York, NY: John Willey & Sons.

6. Estelle Berger. (2009). Case Study, Overcoming Back-end Barriers:

Opportunity International and Bank Switching Solutions, Working Paper,

The SEEP Network, U.S.

7. Mobile Marketing Association. (2009, January). Mobile Banking Overview

(NA),White Paper, MMA Global U.S.

8. Gavin Troy Krugel. (2007, August) Mobile Banking Technology Option,

White Paper, FinMark Trust.

9. Anne Ho. (2010, November). Mobile Banking in ASIA, Country Analysis

Unit, Federal Reserve Bank of San Francisco, Final Report.

162 IncomTech, Jurnal Telekomunikasi dan Komputer, vol.2, no.2, 2011

10. International Finance Corporation. (2010). Mobile Banking In Indonesia:

Assessing the Market Potential for Mobile Technology to Extend Banking

to the Unbanked and Under banked, Final Report.

11. BMS. (2010). Document of Business Mobile Banking Bank X. Jakarta.

12. VSI. (2010). Document of Switching System PT. Z. Bandung.

13. Infogile Technologies. (2007, August). Mobile Banking – The Future,

White Paper, Delhi-Hyderabad-London.

14. Berg Insight. (2010, April). “Executive Summary: Mobile Banking and

Payments.” White Paper, Gothenburg, Sweden.

15. Sanjeev Banzal. (2008). Mobile Banking & M-Commerce and Related

Issues. White Paper, Mobile Payment Forum of India.

16. Rajnish Tiwari and Stephan Buse, (2007). The Mobile Commerce

Prospects: A Strategy Analysis Of Opportunities in The Banking Sector:

Hamburg University Press.

17. Ade Hendraputra, Arif Budiyono, Bayu Erfianto,Wardani Muhamad,

(2009). Aplikasi E-Commerce: Politeknik Telkom, Bandung.

18. International Telecommunication Union. (2010, February 15). ITU sees 5

billion mobile subscriptions globally in 2010. Press Release.

19. F.I. Anyasi and P.A. Otubu. (2009, August). Mobile Phone Technology in

Banking System: Its Economic Effect; Journal of Information Technology

Department of Electrical and Electronics Engineering, Ambrose Alli

University, Nigeria.

20. John Ure. (2009, December). Mobile Banking Market Demand Study,

Workshop on Enhancing Access to Formal Financial Services in

Indonesia, Associate Professor and Telecommunications Research Project

(TRP) University of Hong Kong, Singapore.

21. Rajnish Tiwari, Stephan Buse, and Cornelius Herstatt (2007). Mobile

Services in Banking Sector: The Role of Innovative Business Solutions in

Generating Competitive Advantage, Hamburg University of Technology,

Germany, Working Paper.

22. Christine Barry, Judy Fishman. (2010, October). The Business Case for

Offering Mobile Corporate Banking Services, Corporate Mobile banking

Report, Aite Group.

23. Marcus Person. (2010). Mobile Banking and Payments. Berg Insights VAS

Research Series. Sweden, Final Report.

24. Author, I.(2011) Electronic Fund Transfer Networks [On-line]

Available http://www.csfi.com