Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh deskripsi mengenai nilai-nilai pendidikan karakter dalam novel Hantu Belang Penunggu Makam Tak Bertuan karya Erna Erdhiya. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif menggunakan metode deskriptif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini meliputi; membaca secara cermat dan berulang, mengidentifikasi, mencatat/memberi kode, memeriksa atau menyeleksi, dan memasukan data. Analisis data dalam penelitian ini mencakup interpretasi, analisis data, dan penyimpulan data sesuai dengan tujuan penelitian. Hasil dari penelitian ini adalah nilai-nilai pendidikan karakter yang terkandung dalam novel Hantu Belang Penunggu Makam Tak Bertuan karya Erna Erdhiya yaitu nilai religius, jujur, disiplin, toleransi, kreatif, rasa ingin tahu, kerja keras, gemar membaca, bersahabat/komunikasi,dan tanggung jawab.
Analisis Nilai-Nilai Pendidikan Karakter Pada Novel Hantu Belang Penunggu Makam Tak Bertuan Karya Erna Erdhiya Sebagai Alternatif Pembelajaran di Sekolah Dasar
Lembar Peer Review Jurnal Ksatra: Jurnal Kajian Bahasa dan Sastra
Affandy, Ali Nuke. 2019. “Tantangan Pembelajaran Sastra Anak di Zaman Global.” In Prosiding Seminar Kanak-Kanak dan Remaja ke-8, 1–22. Kuala Lumpur: Universiti Putra Malaysia.
Erdhiya, Erna. 2020. Hantu Belang : Penunggu Makam Tak Bertuan. Depok: KataDepan.
Fajriati, Tanzilia Nur, dan Yunus Abidin. 2018. “Representasi Nilai-Nilai Budaya NTT Dalam Novel Anak Mata Di Tanah Melus Karya Okky Madasari.” In Seminar Internasional Riksa Bahasa XII : Peranan Bahasa Indonesia sebagai Literasi Peradaban, 709–808. Bandung: Prodi Pendidikan Bahasa Indonesia SPs Universitas Pendidikan Indonesia.
Farahiba, Ayyu Subhi. 2017. “Eksistensi Sastra Anak dalam Pembentukan Karakter pada Tingkat Pendidikan Dasar.” Waskita: Jurnal Pendidikan Nilai dan Pembangunan Karakter 1 (1): 47–60.
Kesuma, Dharma, Cepi Triatna, dan H. Johar Permana. 2013. Pendidikan Karakter Kajian Teori Dan Praktik Di Sekolah. 1 ed. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Megawangi, Ratna. 2004. Pendidikan Karakter: Solusi yang Tepat untuk Membangun Bangsa. Jakarta: Indonesia Heritage Foundation.
Mulyasa, H.E. 2012. Manajemen Pendidikan Karakter. Diedit oleh Dewi Ispurwanti. Jakarta: Bumi Aksara.
Ratna, Nyoman Khuta. 2011. Teori, Metode, Dan teknik Penelitian Sastra. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Siswanto, Wahyudi. 2008. Pengantar Teori Sastra. 1 ed. Jakarta: Grasindo.
Sugiarti. 2013. “Kajian Sastra Anak “Kecil-Kecil Punya Karya The Evergreen “ Karya Nisrina Hanifah Dalam Perspektif Pendidikan Karakter.” Jurnal Humanity 8 (2): 94–105.
Suyadi. 2013. Strategi Pembelajaran Pendidikan Karakter. 1 ed. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Tantri, Ade Asih Susiari.2017. Nilai-Nilai Pendidikan Karakter Dalam Novel Tantri (Perempuan Yang Bercerita) Karya Cok Sawitri Sebagai Alternatif Pembelajaran Sastra Di Sekolah Dasar. The 1st Education and Language International Conference Proceedings Center for International Language Development of Unissula.
Taylor, Steven J., Robert Bogdan, dan Marjorie L. DeVault. 2016. Introduction to Qualitative Research Methods : A Guidebook and Resource. 4th ed. New Jersey: John Wiley & Sons.
Wuryandani,Wuri, dkk. 2014. Pendidikan Karakter Disiplin Di Sekolah Dasar. Cakrawala Pendidikan, Th. XXXIII, No. 2 : 287
Zubaedi. 2011. Desain Pendidikan Karakter : Konsepsi dan Aplikasinya Dalam Lembaga Pendidikan. 1 ed. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Zuriah, Nurul. 2011. Pendidikan Moral dan Budi Pekerti Dalam Perspektif Perubahan. Jakarta: Bumi Aksara.