Pembuatan Game Edukasi Pengenalan Hewan Zona Hewan Dengahn Menggunakan Contruct 2

research
  • 23 Mar
  • 2018

Pembuatan Game Edukasi Pengenalan Hewan Zona Hewan Dengahn Menggunakan Contruct 2

Alfian Vedalis (12147599), Pembuatan Game Edukasi Pengenalan Hewan “Zona Hewan” Dengan Menggunakan Construct 2.

Game edukasi ialah satu diantara banyaknya game yang dibuat oleh pengembang game yang bersifat mendidik dan memberikan dampak positif bagi pengguna terutama untuk anak-anak sekolah. Game edukasi untuk anak-anak saat ini, juga dapat membantu dan memudahkan proses dalam belajar, serta dapat menjadi media sarana alternatif untuk proses pembelajaran dirumah. Game edukasi “zona hewan” ini bertujuan untuk memberikan pembelajaran mengenai pengenalan persebaran fauna di indonesia serta untuk menambah wawasan bagi anak-anak sekolah khususnya anak sekolah menengah keatas (SMA). Game edukasi “zona hewan” ini dibuat dengan menggunakan aplikasi construct 2. Hasil kuisioner dari 10 responden yang didapat dalam 3 kateori pertanyaan, dimana pada kategori pertama yaitu kategori tampilan mendapatkan 46,67% sangat setuju, dikategori kedua yaitu kategori tujuan aplikasi mendapatkan 22,5% sangat setuju, dan pada kategori ketiga yaitu kategori kemudahan apikasi mendapatkan 43,33% sangat setuju.

REFERENSI

Awwali, Muhammad Ryza, dan Sulartopo. 2015. Media Pembelajaran Desain Grafis Di SMA 1 Kudus Berbasis Multimedia Interaktif. Vol 8 No 1. April 2015. Diambil dari: journal.stekom.ac.id/index.php/PIXEL/article/view/156. (28 April 2017)

Binanto, Iwan. 2010. Multimedia Digital - Dasar Teori dan Pengembangannya. Yogyakarta: C.V Andi Offset

Hartanto. 2014. Perancangan Game Multiplatform Menggunakan Scirra Construct 2 Dan HTML 5. Diambil dari : https://publikasiilmiah.ums.ac.id/bitstream/.../15.Anggit%20Dwi%20Hartanto.pdf?...1 (28 April 2017)

Hasanah, Umrotul dan Lukman Nulhakim. Pengembangan Media Pembelajaran Film Animasi Sebagai Media Pembelajaran Konsep Fotosintesis. Vol. 1,No. 1, November 2015. Diambil Dari:jurnal.untirta.ac.id/index.php/JPPI/article/view/283. (28 April 2017)

Muhson, Ali Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi.Vol. VIII. No. 2 – Tahun 2010, Hlm. 1 – 10. Diambil Dari:journal.uny.ac.id/index.php/jpakun/article/view/949. (12 Mei 2017)

Munir, 2012. Multimedia (Konsep dan Aplikasi Dalam Pendidikan). Bandung:Alfabeta.

Novaliendry, Doni. 2013. Aplikasi Game Geografi Berbasis Multimedia Interaktif (Studi Kasus Siswa Kelas IX SMPN 1 RAO). Vol 6 No 2. September 2013. Diambil dari: http://jurnal-tip.net/jurnal-resource/file/10-Vol6No2Sep2013Dony%20Novaliendry.pdf. (28 April 2017)

Permana, Silver Dian Handy. 2015. Pembangunan Aplikasi Game Android Pengenalan Pola Warna Pada Paud Posdaya. Vol.7, No.2, November 2015.Diambil dari :http://ejournal.st3telkom.ac.id/index.php/infotel/article/viewFile/119/pdf_01. ( 28 April 2017)

Prasetya, Didik Dwi. 2013. Membuat Aplikasi Smartphone Multiplatform. Jakarta: PT. Elex Media Komputido

Putra, Daniel. R. 2016. Panduan Praktis Dan Jitu Jago CorelDraw X7. Cirebon:CV.ASFA Solution.63

Rahadi, Muhammad Rizky. 2016. Perancangan Game Match Adventure Sebagai Media Pembelajaran Matematika Berbasis Android Vol.4, No.1, Januari 2016. Diambil dari: jtsiskom.undip.ac.id/index.php/jtsiskom/article/download/12683/12302.(28 April 2017)

Rizky, Soetam. 2011. Konsep Dasar Rekayasa Perangkat Lunak. Jakarta: Prestasi Pustak

Rosa, A. H., dan Shalahuddin M. 2013. Rekayasa Perangkat Lunak Terstruktur dan Berorientasi Objek. Bandung: Informatika Bandung

Safaat, Nazruddin. 2012. Android - Pemrograman Aplikasi Mobile Smartphone Dan Tablet Pc Berbasis Android. Informatika Bandung.

Sakti, Leo Kumoro. 2015. Pengembangan Rahaja ac.id Berbasis Hybrid Mobile. Diambil dari : https://widuri.raharja.info/index.php/SI1122468953. (28 April 2017)

Setiyawan, Andri. 2016. Media Pembelajaran Suspensi Aktif Berbasis Android Dan Ios. Diambil dari: pasca.um.ac.id/wp-content/uploads/2016/10/PROSIDING-SEMNAS-PKJ-2016.pdf

Soenyoto, Partono. 2017. Animasi 2D. Jakarta: PT. Elex Media Komputindo Yudistira. Mobile Game Edukasi Aritmatika Dan Geometri. Vol. 7 No.2 Agustus 2014. Diambil Dari: ejournal.amikompurwokerto.ac.id/index.php/telematika/article/view/251