Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan (1) persiapan penguasaan strategi belajar, (2) pelaksanaan penguasaan strategi belajar, (3) membatasi dan mendukung faktor penguasaan strategi belajar, evaluasi (4) dilakukan melalui penguasaan mempelajari strategi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Subjek dalam studi ini adalah guru. Metode pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Instrumen penelitian menggunakan pedoman manual pengamatan dan wawancara. Teknik analisis data yang digunakan deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) persiapan penguasaan mempelajari strategi adalah untuk merancang serangkaian kegiatan dalam bentuk rencana pelajaran (RPP) dan silabus yang didasarkan pada kurikulum KTSP (kurikuler dari Unit tingkat pendidikan) belajar. 2) strategi penguasaan pembelajaran di kelas VIII di SMP Al Muhajirin Aren Jaya Bekasi, antara lain: a) pengenalan karakter siswa yang dilakukan oleh guru, melakukan pengelolaan kelas, dan penyesuaian deskripsi bahan, b) metode yang berbeda untuk mencapai penguasaan belajar target yang telah ditetapkan. 3) membatasi faktor: a) keributan yang dibuat oleh para siswa selama penjelasan, b) fokus bahan, siswa yang tidak bisa tenang untuk waktu yang cukup lama. Faktor-faktor pendukung: a) media sudah cukup didukung terutama buku panduan yang sudah ada pada siswa, b) metode guru dalam menyajikan bahan yang cukup, menyenangkan c) materi yang disampaikan oleh guru diadaptasi untuk beragam potensi siswa. 4) evaluasi dilakukan melalui penguasaan belajar, yaitu: a) tes tertulis, sebagian besar dilakukan dalam kegiatan belajar dan pelaksanaannya ketika penjelasan bahan berakhir, b) tes lisan kadang-kadang dilakukan khususnya pada ketrampilan verbal dan latihan siswa yaitu keberanian siswa berbicara di depan kelas.
Jurnal STRATEGI PENGUASAAN PEMBELAJARAN DI KELAS VIII SISWA SMP ISLAM AL MUHAJIRIN BEKASI
lembar Peer Review
Aeni, E. S. (2016). Strategi Pembelajaran Inovatif Pada Pembelajaran Teks Negosiasi Dengan Menggunakan Metode Somatik Auditori Visual Intelektual (SAVI). Seminar Pendidikan Nusantara 2016. I, pp. 82 - 87. Bandung: STKIP Siliwangi Bandung.
Amri, R. F., & Ratnawuri, T. (2016). Pengaruh Penggunaan Strategi Pembelajaran Peningkatan Kemampuan Berpikir (SPPKB) Terhadap Hasil Belajar Kewirausahaan Siswa Kelas XI Semester Genap SMK Muhammadiyah 2 Metro T.P 2015/2016. Jurnal Pendidikan Ekonomi, 46-54.
Anafi, A. T. (2015). Pelaksanaan Pendekatan Belajar Tuntas (Mastery Learning) Pada Kelas 3 Di Sekolah Dasar Bakulan Bantul. E-Jurnal Skripsi Mahasiswa TP.
Arifin, Z. (2012). Konsep dan Model Pengembangan Kurikulum. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Armawan, D. (2011). Belajar Tuntas (Mastery Learning) Sebagai Upaya Meningkatkan Kualitas Pembelajaran Siswa kelas XI-2 Jurusan TKR SMKN 1 Sayegan. Yogyakarta: Fakultas Teknik UNY.
Djamarah S, B., & Aswan. (2010). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: PT. Rineka Cipta.
Hamalik, O. (2011). Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.
Hasibuan, & Moedjiono. (2012). Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT. Remaja Rosdakrya.
Iip, S. (2017, 12 1). Universitas Pendidikan Indonesia. Retrieved from http://file.upi.edu: http://file.upi.edu/Direktori/FIP/JUR._PEND._LUAR_SEKOLAH/197012101998022-IIP_SARIPAH/STRATEGI_PEMBELAJARAN_DAN_PEMILIHANNYAx.pdf
Ismail, S. (2008). Strategi Pembelajaran Agama Islam Berbasis PAIKEM. Semarang: Rasail Media Group.
Kunandar. (2007). Guru Profesional: Implementasi Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) dan Sukses dalam Sertifikasi Guru. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Maesaroh, S. (2013). Peranan Metode Pembelajaran Terhadap Minat Dan Prestasi Belajar Pendidikan Agama Islam. Jurnal Kependidikan.
Mulyasa, & Effendy. (2010). Kurikulum Berbasis Kompetensi: Konsep, Karakteristik, Implementasi, dan Inovasi. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Mulyawan, Jasa, & Ungguh. (2007). Pendidikan Islam Integratif. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Nasution, M. I. (2016). Strategi Pembelajaran Efektif Berbasis Mobile Learning Pada Sekolah Dasar. Jurnal Iqra.
Redaksi, T. (2008). Himpunan Perundang-Undangan RI Tentang Sistem Pendidikan Nasional (SISDIKNAS). Bandung: Nuansa Aulia.
Sagala, S. (2009). Konsep dan Makna Pembelajaran. Bandung: Alfabeta.Sudjana, N., & Rivai, A. (2013). Teknologi Pengajaran. Bandung: Sinar Baru Algesindo.
Sugiyono. (2010). Metode Penelitian Pendidikan. bandung: Alfabeta.
Sukardi. (2012). Evaluasi Pendidikan Prinsip dan Operasionalnya. Jakarta: Bumi Aksara.
Sumadji. (2015). Pengaruh Metode Pembelajaran Terhadap Hasil Belajar Mahasiswa. Jurnal Inspirasi .
Suryosubroto. (2009). Proses Belajar Mengajar di Sekolah. Jakarta: Rineka Cipta.
Widodo, U. (2013, 07). Lumbung Pustaka Universitas Negeri Yogyakarta. Retrieved from eprints.uny.ac.id: http://eprints.uny.ac.id/10637/1/Jurnal%20Skripsi%20-%20PDF.pdf
Wina, S. (2011). Perencanaan dan Desain Sistem Pembelajaran . Jakarta: Kencana.
Winkel, W. (2009). Psikologi Pengajaran. Jakarta: PT. Gramedia.
Yamin, M. (2007). Profesionalitas Guru dan Implementasi KTSP. Jakarta: Gaung Persada Press.