Abstrak: Penerapan sistem informasi (SI) dan teknologi informasi (TI) dalam supply chain management
(SCM) telah menciptakan sebuah sistem yang efektif mulai dari supplier hingga customer. Meskipun
tidak seluruhnya supply chain mampu memenuhi setiap permintaan yang ada, informasi antara pihakpihak
sebagai mitra dalam supply chain hanya dapat dimanfaatkan sepenuhnya dalam proses integrasi
diantara mereka. Proses integrasi dapat diartikan sebagai hubungan kolaboratif antara supplier dan
customer, dengan pengembangan produk, sistem umum dan sharing informasi. Penelitian ini berupaya
menganalisis sejauhmana supply chain management mampu menghasilkan keunggulan kompetitif yang
lebih efektif dalam memberikan keuntungan dari sisi margin perusahaan. Pelaksanaan dari SCM juga
harus memperhatikan kualitas dari segi layanan kepada pelanggan. Dalam aplikasi business to business
perkembangan para pelanggan dikembangkan dengan melakukan otomatisasi atau memperbaiki sistem
atau cara mereka melakukan bisnis dengan para pemasok. Keunggulan kompetitif dapat terwujud dengan
memberi perhatian pada aktifitas utama dan pendukung supply chain management yang menambahkan
nilai bagi produk dan jasa perusahaan di mana sistem informasi paling baik diterapkan.
Pengelolaan Sistem Informasi Dalam Mencapai Competitive Advantage Pada Supply Chain Management
Pengelolaan Sistem Informasi Dalam Mencapai Competitive Advantage Pada Supply Chain Management