Media sosial merupakan salah satu bukti perkembangan teknologi dunia. Jenis media sosial yang paling banyak digunakan adalah facebook, instagram, youtube dan yang lain sebagainya. Situs media sosial yang semakin mudah dibuka, membuat pengguna lebih sering menghabiskan waktunya untuk membuat jejaring sosial yang mereka miliki. Tidak hanya para remaja dan orang tua, tetapi para pelajar tingkat SD, SMP pun telah mahir membuka dan menggunakan situs jejaring sosial. Penelitian ini dilakukan di Sekolah Menengah Pertama Negeri 6 Kota Tasikmalaya dengan data penelitian tahun ajaran 2017/2018 dan data hasil kuesioner yang telah disebar kepada siswa siswi SMP Negeri 6 Kota Tasikmalaya. Dari data yang didapatkan tersebut dilakukan uji prasyarat analisis yaitu pengujian normalitas data dengan menggunakan uji Kolmogorov Smirnov. Sedangkan untuk pengujian hipotesis, metode analisis yang digunakan adalah Metode Korelasi Rank Spearman yang bertujuan untuk mengetahui pengaruh dari media sosial terhadap prestasi akademik siswa. Pengujian hipotesis dalam penelitian ini menggunakan uji dua pihak (Two Tail Test). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa nilai correlation coefisien (𝜌) adalah 0,960 atau 96% dan sig 0.00 𝛼 0.05. Hal ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang sangat kuat antara media sosial (facebook dan instagram) terhadap prestasi akademik siswa SMP Negeri 6 Kota Tasikmalaya
Arikunto, Suharsimi. 2006. Prosedur
Penelitian Suatu Pendekatan Praktik.
Jakarta: Rineka Cipta.
Chris Brogan. 2010. Social Media 101
Tactic and Tips to Develop Your
Business Online. New Jersey, Canada:
Wiley & Son. Inc.
Badri Muhamad. 2011. Corperate and
Marketing Communication. Jakarta:
Universitas Mercu Buana.
Dailey, Patrick R. 2009. Social Media:
Finding its Way into Your Business
instagram) berpengaruh terhadap prestasi
7
Taufik Wibisono, Yani Sri Mulyani/ Jurnal Ekonomi Manajemen 4(1) (Mei 2018) 1-7
Strategy and Culture. Burlington:
Linkage.
Keperawatan (e-Kep) Vol 3 No. 2.
April 2015.
Sugiyono. 2011. Metode Penelitian
Kuantitatif, Kualitatif dan R&D.
Bandung: Alfabeta.
Beaty, dkk. 2015. Hubungan Penggunaan
Gadget dengan Tingkat Prestasi Siswa
Di SMA Negeri 9 Manado, e-journal
Nuryani, Evi. 2014. Hubungan Intensitas
Mengakses Facebook dengan Motivasi
Belajar Siswa SMA Negeri 2
Tenggarong Seberang, e-journal Ilmu
Komunikasi, 2(3):178-192.2014
https://www.maxmanroe.com/mediasosial-
terpopuler-di-indonesia.html