PENGARUH KEBUTUHAN KHALAYAK TERHADAP HASIL KREATIF PRODUKSI INI TALKSHOW NET TV

research
  • 02 Dec
  • 2020

PENGARUH KEBUTUHAN KHALAYAK TERHADAP HASIL KREATIF PRODUKSI INI TALKSHOW NET TV

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kebutuhan khalayak terhadap hasil kreatif produksi Ini Talkshow Net TV pada warga Desa Jatirokeh, Kabupaten Brebes, Jawa Tengah. Sub variabel dari kebutuhan khalayak adalah kognitif, afektif, integrasi personal, dan pelepas ketegangan. Sub variabel dari produksi kreatif adalah continuity, composition, camera angle, punching line, gimmick, dan clip hanger. Rancangan penelitian dalam penelitian ini adalah kuantitatif deskriptif. Sampel dalam penelitian ini adalah 78 warga Desa Jatirokeh, Kabupaten Brebes, Jawa Tengah. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan kuesioner yang dihitung menggunakan skala likert. Uji data dilakukan dengan uji validitas dan uji reliabilitas. Teknik analisis data dengan menggunakan analisis regresi linier berganda. Dari hasil analisis data dan pembahasan ditemukan bahwa secara bersama-sama variabel kebutuhan khalayak (X1), berpengaruh signifikan pada produksi kreatif (Y). Besarnya kontribusi kedua variabel tersebut adalah sebesar 55,5% untuk variabel kebutuhan khalayak, selebihnya dipengaruhi oleh faktor lain selain variabel tersebut.

Unduhan

 

  • Jurnal.pdf

    PDF Jurnal

    •   diunduh 188x | Ukuran 197,145

REFERENSI

Bungin, Burhan. 2012. Metodologi Penelitian Kuantitatif (Edisi Revisi). Jakarta: Kencana.

Effendy, Onong Uchjaya. 2003. Ilmu Teori dan Filsafat Komunikasi. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Fachruddin, Andi. 2015. Cara Kreatif Memproduksi Program Televisi. Yogyakarta: Andi Offset.

Ghozali, I. 2007. Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program SPSS. Badan Penerbit Universitas Diponegoro: Semarang.

Kuswandi, Wawan. 1996. Komunikasi Massa; sebuah analisis media televisi. Jakarta: Rineka Cipta.

Muwarni, Santosa. 2001. Statistik Teknik Analisis Data. Malang: UMM Press.

Ruslan, Rosady. 2006. Manajemen Public Relations dan Media Komunikasi, Konsepsi dan Aplikasi. Jakarta: Raja Grafindo Persada.