PENGARUH PEMBENTUKAN CITRA PDAM TERHADAP OPINI MASYARAKAT TULUNGAGUNG

research
  • 02 Dec
  • 2020

PENGARUH PEMBENTUKAN CITRA PDAM TERHADAP OPINI MASYARAKAT TULUNGAGUNG

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh komponen faktor pembentukan citra Perusahaan Daerah Air Minum Tulungagung yaitu identitas fisik, identitas non fisik, manajemen organisasi, kualitas hasil, serta aktifitas dan pola hubungan manakah dari kelimanya yang paling berpengaruh pada opini publik. Variabel X1 adalah identitas fisik, variabel X2 adalah identitas non fisik, variabel X3 adalah manajemen organisasi, variabel X4 adalah kualitas hasil, variabel X5 adalah aktifitas dan pola hubungan dan variabel Y adalah opini publik. Kajian pustaka yang menjadi acuan dalam penelitian ini adalah berkaitan dengan citra dan opini publik. Rancangan penelitian dalam penelitian ini adalah deskritif korelasional. Sampel dalam penelitian ini adalah 100 masyarakat kabupaten Tulungagung. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan kuesioner yang dihitung menggunakan skala likert. Uji data dilakukan dengan uji validitas, uji reliabilitas dan uji asumsi klasik yang meliputi uji normalitas dan uji multikolinieritas. Teknik analisis data dengan menggunakan analisis regresi linier berganda. Dari hasil analisis data dan pembahasan ditemukan bahwa secara bersama-sama variabel identitas fisik (X1), identitas non fisik (X2), manajemen organisasi (X3), kualitas hasil (X4), aktifitas dan pola hubungan (X5) berpengaruh signifikan pada opini publik (Y). Besarnya kontribusi kelima variabel tersebut adalah sebesar 59.1%, selebihnya sekitar 40.9% dipengaruhi oleh faktor lain selain kelima variabel tersebut. Adanya pengaruh secara bersama-sama ini mengindikasikan bahwa kelima variabel tersebut merupakan penentu tinggi rendahnya opini publik.

Unduhan

 

  • Jurnal.pdf

    PDF Jurnal

    •   diunduh 284x | Ukuran 229,603

REFERENSI

Arikunto, S. 2002. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Pendekatan Praktek (edisi revisi). Jakarta: PT Rineka Cipta.

Creeber, G. and Martin, R., (ed)., 2009. Alma, Buchari. 2000. Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa. Edisi Revisi. Cetakan Keempat. Bandung: Alfabeta.

Ghozali, I. 2007. Aplikasi Analisis Multi-variate Dengan Program SPSS. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro

Nasution, Zulkarnaen. 2006. Manajemen Humas di Lembaga Pendidikan, Konsep, Fenomena dan Aplikasinya. Malang: UMM Press.

Saleh, Akh. Muwafik. 2010. Public Service Communication. Malang: UMM Press.

Tjiptono, Fandi dan Diana, Anastasia. 2003. Prinsip dan Dinamika Pemasaran. Yogyakarta: J dan J Learning.