Pengaruh Review Blog Terhadap Kepercayaan Konsumen Pada Niat Transaksi Online

research
  • 12 Nov
  • 2020

Pengaruh Review Blog Terhadap Kepercayaan Konsumen Pada Niat Transaksi Online

Dalam beberapa tahun terakhir, blogging telah menjadi salah satu saluran yang paling populer untuk merekam dan mendiskusikan perasaan pribadi, gagasan dan pendapat yang berkaitan dengan peristiwa tertentu dalam kehidupan sehari-hari. Banyak penelitian telah menunjukkan bahwa pengguna rekomendasi blog dapat mempengaruhi pemasaran yang kuat bagi konsumen jangkauan. Dalam e-commerce konsumen transaksi mencari nasihat sebelum melakukan pembelian melalui situs sosial dan mereka yang menerima rekomendasi untuk mempengaruhi keputusan pembelian mereka. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis jalur dengan mengambil sampel dari 120 dari Beauty Blogger Indonesia. Hasil penelitian mendukung usulan model penelitian dan variabel rekomendasi kepercayaan blog untuk variabel yang signifikan. Variabel tidak didukung adalah pengalaman online dan privasi. Dan variabel tambahan dari model sebelumnya adalah persepsi variabel risiko juga berpengaruh negatif terhadap kepercayaan yang berarti hipotesis didukung.

Unduhan

 

REFERENSI

Aaker, D.A. 1996. “Measuring brand equity across products and markets”. California Management Review.

Brown, J.J. and Reingen, P.H. 1987. “Social ties and world-of-mouse referral behavior”. Journal of Consumer Research.

Chau, P.Y.K., Hu, P.J.H., Lee, B.L.P. and Au, A.K.K. 2007. “Examining customers’ trust in online vendors and their dropout decisions: an empirical study”. Electronic Commerce Research and Applications.

Chauduri, A and Holbrook, M.B. 2001, "The chain of effects from brand trust and brand affect to brand performance: the role of brand loyalty", Journal of Marketing, Vol. 65, pp. 81-93.

Gudono. 2014. Analisis Multivariate. BPFE Yogyakarta.

Gunasekaran, A dan Love, D.W. 1999, ”Current and future applications of multimedia technology in business”, International Journal of Information Management, Vol. 19 No. 2, pp. 105-20.

Jogiyanto. 2007.” Sistem Informasi Keperilakuan”. Penerbit Andi.

Jogiyanto. 2011. “Structural Equation Modeling”. UPP STIM YKPN.

Stanford, J., Tauber, E., Fogg, B. J., & Marable, L. 2002. “Experts vs. Online consumers: A comparative credibility study of health and finance web sites”.http://www.consumerwebwatch.org/news/report3_credibilityre- search/slicedbread.pdf (diakses 14 November 2019)

Sugiyono. 2008. “Metode Penelitian Bisnis. Alfabeta.” Bandung