Pengaruh Iklan Terhadap Keputusan Pembelian Apartemen Meikarta

research
  • 11 Nov
  • 2020

Pengaruh Iklan Terhadap Keputusan Pembelian Apartemen Meikarta

Abstraksi –  Iklan merupakan bagian penting dalam pemasaran produk dan salah satu cara khusus dalam memperkenalkan atau mempromosikan produk kepada konsumen. Iklan adalah merupakan salah satu bagian dari komunikasi pemasaran. Bagi perusahaan iklan masih sangat diperlukan meskipun perusahaan memiliki brand yang sudah sangat dikenal. Dalam kondisi persaingan yang kompetitif seperti saat ini perusahaan harus dapat menerapkan strategi pemasaran  yang  tepat  untuk  menciptakan produk  yang  sesuai  dengan keinginan dan kebutuhan konsumen. Iklan sangat berperan dalam mendorong konsumen untuk melakukan pembelian. Iklan oleh perusahaan digunakan untuk menarik minat konsumen. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh Iklan terhadap Keputusan Pembelian Apartemen Meikarta. Jenis penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif. Sumber data  penelitian ini adalah  data  primer  dengan  menggunakan konsumen dan pembeli apartemen meikarta sebagai sampel. Data dikumpulkan dengan menggunakan accidental sampling dengan responden sebanyak 100 pembeli Apartemen Meikarta. Penelitian ini menggunakan analisis regresi sederhana. Hasil temuan penelitian ini menunjukkan bahwa Iklan berpengaruh signifikan terhadap Keputusan Pembelian Apartemen Meikarta

 

Kata Kunci: Apartemen Meikarta, Iklan, Keputusan Pembelian.

 

Abstract - Advertising is an important part of product marketing and one of the specialized ways of introducing or promoting products to consumers. Advertising is one part of marketing communications. For advertising companies is still very necessary even though the company has a brand that is very well known. Under competitive conditions such as the current company should be able to apply the right marketing strategy to create products that suit the wants and needs of consumers. Ads are instrumental in encouraging consumers to make purchases. Ads by companies are used to attract consumers. The purpose of this study is to determine the effect of Advertising on Decision Purchase Apartment Meikarta. This type of research uses quantitative research type. The data source of this research is primary data by using consumer and buyer of meikarta apartment as sample. Data were collected by accidental sampling with 100 respondents of Apartment Meikarta. This study uses simple regression analysis. The findings of this study indicate that the Ads significantly influence the Decision Purchase Apartment Meikarta.

 

Key Word: Apartment Meikarta, Advertisement, Purchase Decision.


Unduhan

 

REFERENSI

Akdon,  dan  Riduwan.  (2009).  Aplikasi Statistika dan Metode Penelitian untuk     Administrasi dan Manajemen. Bandung: Dewa Ruci.


Alma, Buchari.  (2011). Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa. Bandung :     Penerbit Alfabeta.


Arikunto,  S.  (2010).  Prosedur  penelitian:  Suatu Pendekatan Praktik. (Edisi Revisi).     Jakarta: Rineka Cipta.


Durianto, Darmadi dan C. Liana. (2004). Analisis Efektivitas Iklan Televisi Softener Soft     & Fresh di Jakarta dan Sekitarnya dengan Menggunakan Consumer Decision Model.     Jurnal Ekonomi Perusahaan, Vol. 11, No. 1, 35-55.


Durianto, Darmadi. (2011). Strategi Menaklukkan Pasar Melalui Riset Ekuitas dan Perilaku Merek, Cetakan XX. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.

 

Indiarto, Fidelis. (2006). Studi Mengenai Faktor Kekhawatiran dalam Proses Penyampaian Pesan Iklan. Jurnal Sains Pemasaran Indonesia, Vol. 5, No. 3, 243-268.

 

Kerlinger. (2006). Asas-asas Penelitian Behavioral Edisi Ketiga. Yogyakarta: Gajah Mada University Press.

 

Kotler, Philip and Gary Armstrong. (2012). Prinsip- prinsip  Pemasaran. Edisi  13.  Jilid  1.  Jakarta:

Erlangga.

 

Kotler,  Philip  dan  Kevin  Lane  Keller.  (2009). Manajemen Pemasaran Edisi 13 Jilid 1. Jakarta : Penerbit Erlangga.

 

Kurniasih Budi. (2017, 02 September). Kota Baru Meikarta Mengadopsi Konsep Tata  Kota New York. Diperoleh 23 November 2017, dari http://properti.kompas.com/read/2017/09/02/13

2300521/kota-baru-meikarta-mengadopsi- konsep-tata-kota-new-york.html.

 

Lee,  Monle  dan  Carla  Johnson.  2007.  Prinsip Prinsip Periklanan Dalam Perspektif Global. Diterjemahkan oleh Haris Munandar dan Dudi Priatna. Jakarta: Kencana Prenada Media.

 

Rangkuti, Freddy. (2009). Strategi Iklan yang Kreatif  dan  Analisis  Kasus  Integrated Marketing Communication. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.

 

Shimp,  T.A.  (2010),  Advertising, promotion  ,  & other aspects of Integrated Marketing Communication, 8th Edition, South-Western, Cengage Learning.

 

Sugiyono. (2012). Memahami Penelitian Kualitatif. Bandung : Alfabeta.

 

Juliansyah, Noor. (2012). Metodologi Penelitian Skripsi. Tesis. Disertasi dan Karya Ilmiah. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

 

Teodora Nirmala Fau, Dian  Catriningrum, Faisal Rachman.  (2017,  08  Desember).    Pemasaran Membabi  Buta  ala  Meikarta.  Diperoleh  dari http://validnews.co/Pemasaran-Membabi-Buta- ala-Meikarta-KaEhS.html.

 

Tjiptono, Fandy. (2008). Strategi Bisnis Pemasaran. Yogyakarta : Andi.

 

Wink. (2017, 05 September ). Biografi dan Profil James   Riady-Konglomerat   Besar   Indonesia. Diperoleh      27      November      2017,      dari https://www.biografiku.com/2017/03/biografi- dan-profil-mochtar-riady-pendiri-lippo- group.html.