Abstraksi –
Iklan merupakan bagian penting dalam pemasaran produk dan salah satu cara khusus dalam
memperkenalkan atau mempromosikan produk kepada konsumen. Iklan adalah merupakan salah satu bagian dari
komunikasi pemasaran. Bagi perusahaan
iklan masih sangat diperlukan meskipun perusahaan memiliki brand yang sudah sangat dikenal. Dalam kondisi persaingan yang kompetitif seperti saat ini perusahaan harus dapat menerapkan strategi
pemasaran yang tepat
untuk menciptakan produk yang sesuai
dengan keinginan dan
kebutuhan konsumen. Iklan sangat berperan dalam mendorong konsumen untuk melakukan pembelian. Iklan oleh perusahaan
digunakan untuk menarik minat konsumen. Tujuan dari penelitian
ini adalah untuk mengetahui
pengaruh Iklan terhadap Keputusan Pembelian Apartemen Meikarta. Jenis penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif. Sumber data
penelitian ini
adalah data primer dengan menggunakan konsumen dan
pembeli apartemen meikarta sebagai sampel. Data dikumpulkan dengan menggunakan accidental sampling
dengan responden sebanyak 100 pembeli Apartemen Meikarta. Penelitian
ini menggunakan
analisis regresi
sederhana. Hasil temuan penelitian ini menunjukkan
bahwa Iklan berpengaruh signifikan terhadap Keputusan Pembelian Apartemen Meikarta
Kata Kunci: Apartemen Meikarta, Iklan, Keputusan Pembelian.
Abstract - Advertising is an important part of product marketing and one of the specialized ways of introducing
or
promoting products to consumers. Advertising is one part of marketing communications. For advertising
companies
is still very necessary even though the company has a brand that is very well known. Under
competitive conditions such as the current company should be able to apply the right marketing strategy to create products that suit the wants and needs of consumers. Ads are instrumental in encouraging consumers to make purchases. Ads by companies
are used to attract consumers. The purpose of this study is to determine the effect of
Advertising on Decision Purchase Apartment Meikarta. This type of
research uses quantitative research
type. The data source of this research is primary data by using consumer
and
buyer of meikarta apartment as
sample. Data were collected by accidental sampling with 100 respondents of Apartment Meikarta. This study
uses simple regression analysis. The findings of this study indicate that the Ads significantly influence the
Decision Purchase Apartment Meikarta.
Key Word: Apartment Meikarta, Advertisement, Purchase Decision.
Artikel Jurnal (Meikarta)
Artikel Jurnal Meikarta (Peer Review)
Akdon, dan Riduwan. (2009). Aplikasi Statistika dan Metode Penelitian untuk Administrasi dan Manajemen. Bandung: Dewa Ruci.
Alma, Buchari. (2011). Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa. Bandung : Penerbit Alfabeta.
Arikunto, S. (2010). Prosedur penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. (Edisi Revisi). Jakarta: Rineka Cipta.
Durianto, Darmadi dan C. Liana. (2004). Analisis Efektivitas Iklan Televisi Softener Soft & Fresh di Jakarta dan Sekitarnya dengan Menggunakan Consumer Decision Model. Jurnal Ekonomi Perusahaan, Vol. 11, No. 1, 35-55.
Durianto, Darmadi. (2011). Strategi Menaklukkan Pasar Melalui Riset Ekuitas
dan Perilaku Merek, Cetakan XX. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.
Indiarto, Fidelis. (2006). Studi Mengenai Faktor Kekhawatiran dalam Proses
Penyampaian Pesan Iklan. Jurnal Sains Pemasaran Indonesia, Vol. 5, No. 3, 243-268.
Kerlinger. (2006). Asas-asas Penelitian Behavioral Edisi Ketiga. Yogyakarta:
Gajah Mada University Press.
Kotler, Philip and Gary Armstrong. (2012). Prinsip- prinsip Pemasaran. Edisi 13. Jilid
1. Jakarta:
Erlangga.
Kotler, Philip dan Kevin
Lane Keller. (2009). Manajemen Pemasaran Edisi 13 Jilid 1. Jakarta
: Penerbit Erlangga.
Kurniasih Budi. (2017, 02 September). Kota Baru Meikarta Mengadopsi Konsep
Tata Kota New York. Diperoleh 23 November
2017, dari
http://properti.kompas.com/read/2017/09/02/13
2300521/kota-baru-meikarta-mengadopsi-
konsep-tata-kota-new-york.html.
Lee, Monle dan Carla
Johnson.
2007. Prinsip Prinsip Periklanan Dalam
Perspektif Global. Diterjemahkan oleh Haris Munandar dan Dudi Priatna. Jakarta:
Kencana Prenada Media.
Rangkuti, Freddy. (2009). Strategi Iklan yang Kreatif dan Analisis Kasus Integrated
Marketing Communication. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.
Shimp, T.A. (2010), Advertising, promotion , &
other aspects of Integrated Marketing Communication, 8th Edition, South-Western,
Cengage Learning.
Sugiyono. (2012). Memahami Penelitian Kualitatif. Bandung : Alfabeta.
Juliansyah, Noor. (2012). Metodologi Penelitian Skripsi. Tesis. Disertasi
dan Karya Ilmiah. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Teodora Nirmala Fau, Dian Catriningrum,
Faisal Rachman. (2017, 08 Desember). Pemasaran
Membabi Buta ala Meikarta.
Diperoleh dari http://validnews.co/Pemasaran-Membabi-Buta-
ala-Meikarta-KaEhS.html.
Tjiptono, Fandy. (2008). Strategi Bisnis Pemasaran. Yogyakarta : Andi.
Wink. (2017, 05 September ). Biografi dan Profil James Riady-Konglomerat Besar Indonesia.
Diperoleh 27 November
2017, dari
https://www.biografiku.com/2017/03/biografi-
dan-profil-mochtar-riady-pendiri-lippo- group.html.