E-COMMERCE CONTENT CREATIVE DALAM STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN DIGITAL UNTUK MENINGKATKAN BRAND AWARENESS (Studi Kasus Content Instagram Payfazz)

research
  • 10 Nov
  • 2020

E-COMMERCE CONTENT CREATIVE DALAM STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN DIGITAL UNTUK MENINGKATKAN BRAND AWARENESS (Studi Kasus Content Instagram Payfazz)

Payfazz merupakan Jasa Aplikasi Online to Offline di Indonesia. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui dan mengkaji Bagaimana Konsep Content Creative 4.0 PT. Payfazz Teknologi Nusantara dalam meningkatkan Brand Awareness dan mengkaji terkait Engagement Rate Content Creative 4.0 melalui Media Instagram @Payfazz _Indonesia untuk meningkatkan Brand Awareness UserFollowers ataupun Agen Payfazz. Penelitian ini menggunakan teori revolusi digital, New Wave Marketing dan analisis Engagement Rate. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode penelitian studi kasus dan paradigma penelitian konstruktivis. Hasil penelitian ini adalah bagaimana Content Creative bisa meningkatkan Brand Awareness melalui media sosial Instagram Payfazz, bagaimana melalui Content Payfazz berusaha untuk menarik Awareness dengan para konsumennya, hal itu sesuai dengan konsep Content Marketing dimana hubungan suatu Brand dengan konsumennya bersifat Horizontal.  Dalam meningkatkan Brand Awareness melalui content pada media social Instagram, Payfazz menggunakan unsur yang terdapat pada konsep New Content Marketing 7 (Tujuh) langkah Content Marketing yaitu : mentukan tujuan, memetakan target, menentukan tema besar dari Content yang disajikan, menentukan kapan dan siapa yang membuat Content, mendistribusikan Content, penguatan Content dan evaluasi. Brand Payfazz sudah memiliki karakter yang kuat pada penggiat bisnis Online dikarenakan Brand Payfazz memiliki 7 langkah Cotent Marketing.

Unduhan

 

  • Jurnal 1.pdf

    Peer Review

    •   diunduh 195x | Ukuran 155,990

REFERENSI

Aaker, A. David. 2017. Manajemen Ekuitas Merek. Alih Bahasa : Aris Ananda. Jakarta : Spektrum Mitra Utama.

Aaker, A David And Jacobson, R. “The Financial Information Content of Perceived Quality”. (Journal of Marketing Research Vol 26, 1994)

Ahmadi, Chandra dan Hermawan, Dadang. 2013. E-Business & E-Commerce. Yogyakarta : CV. Andi Offset.

Ahmadi, Rulam. 2014. Metodologi Penelitian Kualitatif. Yogyakarta : Ar-Ruzz Media.

Arifin, Zainal. 2012. Penenlitian Pendidikan Metode dan Paradigma Baru. Bandung : Remaja Rosda Karya

Arikunto, Suharsimi. 2013. Prosedur Penelitian : Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta : Rineka Cipta.

Arikunto, Suharsimi. 2016. Prosedur Penelitian : Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta : Rineka Cipta

Atmoko Dwi, Bambang. 2012. Instagram Handbook Tips Fotografi Ponsel. Jakarta : Media Kita.

Creswell, John. W. 2010 Research Design : pendekatan kualitatif, kuantitatif dan Mixed. Yogyakarta : PT Pustaka Pelajar

Creswell, John W. 2015. Penelitian Kualitatif dan Desain Riset. Yogyakarta : PT Pustaka Pelajar.

Fauzan, Almanshur dan Djunaidi, Ghony. 2012. Metodologi Penelitian kualitatif. Jogjakarta : Ar‐Ruzz Media

Ghazali, Miliza. 2016. Buat Duit Dengan Facebook dan Instagram : Panduan Menjana Pendapatan dengan Facebook dan Instagram. Malaysia : Publishing House.

Kertajaya, Hermawan. 2010. Connect! Surfing New Wave Marketing. Jakarta : Gramedia Pustaka Utama.

Kotler, Philips, Kartajaya, Hermawan, & Den Huan, Hooi. 2017. Marketing For Competitiveness Asia yang mendunia pada Era Konsumen Digital. Bandung : PT. Bentang Pustaka.

Kotler, Phillips, Kevin Lance Keller. 2012. Marketing Management 14th edition. Jakarta : PT. Indeks Kelompok Gramedia.

Kotler, Philip dan Amstrong, Gary. “Prinsip-prinsip Pemasaran”. Edisi 12 (Jakarta: Erlangga, 2013)
Moleong, Lexy J. 2012. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung : PT Remaja Rosdakarya

Rangkuti, Freddy. “Analisis SWOT: Teknik Membedah Kasus Bisnis”. (Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama, 2014)

Setiawan, Iwan & Yosanova, Savitry. 2016. New Content Marketing Gaya Baru Pemasaran Era Digital. Jakarta : PT. Gramedia Pustaka Utama.

Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung : Alfabeta.

Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung : Alfabeta.

Tjiptono, Fandy dan Gregorius, Chandra. 2012. Pemasaran Strategis. Yogyakarta : CV. Andi Offset.

Wahid, Umaimah. 2016. Komunikasi Politik Teori, Konsep dan Aplikasi pada Era Media Baru. Bandung : Simbiosa Rekatama Media.

Yin, Robert K. 2013. Studi Kasus : Desain dan Metode. Jakarta : Raja Grafindo Persada.