Dunia usaha yang modern saat ini, penggunaan sistem IT merupakan keharusan untuk mencapai efisiensi dan efektifitas kerja optimal, menyebabkan penggunaan sistem informasi menjadi sangat penting dan sangat membantu pekerjaan untuk memproses data yang besar. Universitas Mercu Buana sebagai penyelenggara lembaga pendidikan telah menggunakan sistem informasi untuk pengelolaan data administrasi, data keuangan maupun data kemahasiswaan secara terintegrasi. Tujuan penulisan adalah untuk mengetahui kendala pada sistem IT dan penanganannya. Penulisan ini menggunakan metode deskriptif kualitatif, dengan menjabarkan sejumlah data yang diperoleh dari hasil observasi, wawancara dan metode dokumentasi pada bagian Administrasi IT. Dari data tersebut diketahui keluhan dan hambatan dalam penggunaan sistem IT, yang sebagian besar terjadi pada kualitas perangkat keras dan pengertian para pengguna dalam mengoperasikannya karena tidak mengikuti petunjuk penggunaan. Untuk mengatasi masalah ini adalah dengan dukungan bagian administrasi yang mencatat setiap pengaduan dan team teknisi untuk melakukan perbaikan, yang selanjutnya melakukan evaluasi kinerja sistem IT untuk meningkatkan kualitas. Salah satu hal yang harus diperhatikan adalah konsistensi pencatatan data pengaduan yang lengkap agar didapat data yang otentik untuk mengetahui kendala dan cara mengatasinya. Universitas Mercu Buana telah menerapkan sistem penanganan keluhan dengan baik dan berhasil mengurangi keluhan diantaranya dengan berkesinambungan meningkatkan sistem Administrasi Kendala Operasi Sistem Informasi &Teknologi.
KATA PENGANTAR
SURAT KETERANGAN RISET
BAB III
DAFTAR PUSTAKA
LEMBAR KONSULTASI
LEMBAR PERNYATAAN KEASLIAN
LEMBAR PERSETUJUAN PUBLIKASI
LEMBAR PERSETUJUAN DAN PENGESAHAN
BAB I
BAB II
DAFTAR PUSTAKA
Hamali, Arief Yusuf. 2019. Pemahaman Praktis Administrasi,Organisasi,dan Manajemen. 1st ed. Jakarta: Prenada Media Group.
Herliana, and Asti. 2014. I Jurnal Informatika Analisa Dan Perancangan Sistem Informasi Administrasi Data Pribadi Dan Nilai Mahasiswa Di Perguruan Tinggi (Studi Kasus Universitas Kebangsaan Bandung). http://ejournal.bsi.ac.id/ejurnal/index.php/ji/article/viewFile/41/19 (April 12, 2019).
Indriyani, Susi, and Selvy Mardiana. 2016. “Pengaruh Penanganan Keluhan (Complaint Handling) Terhadap Kepercayaan Dan Komitmen Mahasiswa Pada Perguruan Tinggi Swasta Di Bandar Lampung.” Bisnis Darmajaya 2(1): 13.
Kamaludin, Apiaty. 2017. Administrasi Bisnis. I. Makasar: CV. Sah Media.
Nyoman, Ni, and Tri Puspaningsih. 2015. “Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Kepuasan Pelanggan.” Jurnal Komunikasi VI(April): 28–36.
Rahman, Mariati. 2017. Ilmu Administrasi. I. ed. Sobirin. Makasar: CV. Sah Media.
Rohimah, and Asep Deddy Supriatna. 2015. “Pengembangan Aplikasi Daftar Keluhan Pelanggan Internet Di PT.Rahajasa Media Internet.” Jurnal Algoritma 12: 1–10.
Sanjaya, Teguh, Imam Hardjanto, and Stefanus Pani Rengu. 2015. “Peningkatan Pelayanan Publik Di Kantor Sistem Administrasi Manunggal Di Bawah Satu Atap Kabupaten Banyuwangi.” 2(4): 585–90.
Syafiie, Inu Kencana, and
Welasari. 2017. Ilmu Administrasi. II.
Yogyakarta: Pustaka Pelajar
Utami, Yunita, Adi Nugroho, and Agustinus Fritz Wijaya. 2018. “Perencanaan Strategis Sistem Informasi Dan Teknologi Informasi Pada Dinas Perindustrian Dan Tenaga Kerja Kota Salatiga.” Jurnal Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer 5(3): 253.
Zulkarnain, Wildan. 2018. Manajemen Dan Etika Perkantoran Praktik Pelayanan Prima. 1st ed. ed. Nita NM. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.