ABSTRAK
Grennada (11162166), Animasi Interaktif Pengenalan Sistem Pernafasan Pada Hewan Laut Dan Darat Untuk Siswa SDN Karang Mekar 04 Kabupaten Bekasi.
Untuk mengajari anak-anak tentang perbedaan jenis hewan yang bernafasan di laut dan darat perlu kesungguhan dan kesabaran dari pihak guru maupun orangtua. Walau demikian kondisinya, masih banyak orangtua menyerahkan sepenuhnya pendidikan anaknya kepada guru. Padahal tugas guru adalah sebagai pemberi konsep awal untuk mengajarkan tentang perbedaan hewan yang bernafas di laut dan juga darat. SDN Karang Mekar 04 membutukan sekali adanya suatu sistem informasi yang menunjang untuk proses belajar dan memberikan ilmu pengetahuan yang baik bagi para siswa. Untuk itulah penulis mencoba membuat Tugas Akhir mengenai “Animasi Interaktif Pengenalan Sistem Pernafasan Pada Hewan Laut Dan Darat Untuk Siswa SDN Karang Mekar 04 Kabupaten Bekasi” menggunakan software Adobe Flash CS6. Pada saat ini SDN Karang Mekar 04 hanya mengajarkan siswa-siswinya dengan metode sederhana saja. Animasi ini dibuat untuk memecahkan masalah yang sering terjadi pada anak-anak yang merasa bosan saat belajar. Maka dari itu dengan adanya animasi interaktif yang lebih baik dari sistem sebelumnya agar lebih interaktif dan menarik untuk menunjang sistem pembelajaran yang ada saat ini.
TA_File_1 Lembar Judul-dikonversi.pdf
TA_File_7 Lembar Abstraksi-dikonversi.pdf
TA_File_15 Surat Keterangan Riset.pdf
TA_File_11 Bab III Pembahasan-dikonversi.pdf
TA_File_12 Bab IV Penutup-dikonversi.pdf
TA_File_9 Bab I Pendahuluan-dikonversi.pdf
TA_File_10 Bab II Landasan Teori.pdf
TA_File_8 Daftar Isi-dikonversi.pdf
TA_File_4 Lembar Persetujuan dan Pengesahan TA-dikonversi.pdf
TA_File_6 Kata Pengantar-dikonversi.pdf
TA_File_2 Lembar Pernyataan Keaslian TA-dikonversi.pdf
TA_File_13 Daftar Pustaka-dikonversi.pdf
TA_File_3 Lembar Persetujuan Publikasi Karya Ilmiah-dikonversi.pdf
TA_File_5 Lembar Konsultasi TA-dikonversi.pdf
DAFTAR PUSTAKA
Agustien, R., & Umamah, N. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Video Animasi Dua Dimensi Situs Pekauman di Bondowoso Dengan Model Addie Mata Pelajaran Sejarah Kelas X IPS ( The Development of Two Dimensional Animation Video of Pekauman Website as Instructional Media With Addie Model in. 19–23.
Bruno, L. (2019). Penerapan Media Pembelajaran Adobe Flash CS6 Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas X APTH Pada Mata Pelajaran Alat Dan Mesin Pertanian Di SMKN 4 Jeneponto. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 1689–1699. https://doi.org/10.1017/CBO9781107415324.004
Firmantoro. (2016). Animasi interaktif pengenalan hewan untuk pendidikan anak usia dini. XIII(2), 14–22.
Hadiana, L. H., Hadad, S. M., Marlina, I., & Subang, S. (2018). Penggunaan Media Big Book Untuk Meningkatkan Keterampilan Membaca Kalimat Sederhana. IV, 212–242.
Iqra, J. (2015). PERANCANGAN APLIKASI INTERACTIVE LEARNING BERBASIS MULTIMEDIA Samsudin. 09(01), 126–142.
Kustiawan. (2016). Pengembangan Media Pembelajaran Anak Usia Dini. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 1689–1699. https://doi.org/10.1017/CBO9781107415324.004
Madcoms. (2015). Kupas Tuntas Corel Draw X7. Madiun.
Novitasari, F., Djahir, Y., & Fatimah, S. (2015). Pengaruh Media Adobe Illustrator Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Ekonomi Di Sma Srijaya Negara. Journal Profit, 2, 66. Retrieved from https://ejournal.unsri.ac.id/index.php/jp/article/view/5535/2974
Rahardjo, T., Degeng, N., & Soepriyanto, Y. (2019). Pengembangan Multimedia Interaktif Mobile Learning Berbasis Anrdroid Aksara Jawa Kelas X Smk Negeri 5 Malang. Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan, 2(3), 195–202. https://doi.org/10.17977/um038v2i32019p195
Saselah, Y. R., Amir, M., & Riskan, M. (2017). Pengembangan Multimedia Interaktif Berbasis Adobe Flash CS6 Professional Pada Pembelajaran Kesetimbangan Kimia. Jurnal Kimia Dan Pembelajaran Kimia, 2(2), 80–89. Retrieved from https://docplayer.info/58342448
Sukamto & Shalahuddin. (2015). Rekayasa Perangkat Lunak Terstruktur dan Berorientasi Objek. Bandung: Informatika.
Suparni. (2016). Metode Pembelajaran Membaca Doa Berbasis Multimedia Untuk Anak Usia Dini. IJSE Indonesian Journal on Software Engineering, 2(1), 57–63. Retrieved from https://ejournal.bsi.ac.id/ejurnal/index.php/ijse/article/download/668/559
Wijaya, N. (2016). Pelatihan membuat desain logo vector menggunakan adobe illustrator dan adobe flash di smk bina cipta palembang. 25–29.