ANIMASI INTERAKTIF PENGENALAN SISTEM PERNAFASAN PADA HEWAN LAUT DAN DARAT UNTUK SISWA SDN KARANG MEKAR 04 KABUPATEN BEKASI

research
  • 06 May
  • 2020

ANIMASI INTERAKTIF PENGENALAN SISTEM PERNAFASAN PADA HEWAN LAUT DAN DARAT UNTUK SISWA SDN KARANG MEKAR 04 KABUPATEN BEKASI

ABSTRAK

Grennada (11162166), Animasi Interaktif Pengenalan Sistem Pernafasan Pada Hewan Laut Dan Darat Untuk Siswa SDN Karang Mekar 04 Kabupaten Bekasi.

Untuk mengajari anak-anak tentang perbedaan jenis hewan yang bernafasan di laut dan darat perlu kesungguhan dan kesabaran dari pihak guru maupun orangtua. Walau demikian kondisinya, masih banyak orangtua menyerahkan sepenuhnya pendidikan anaknya kepada guru. Padahal tugas guru adalah sebagai pemberi konsep awal untuk mengajarkan tentang perbedaan hewan yang bernafas di laut dan juga darat. SDN Karang Mekar 04 membutukan sekali adanya suatu sistem informasi yang menunjang untuk proses belajar dan memberikan ilmu pengetahuan yang baik bagi para siswa. Untuk itulah penulis mencoba membuat Tugas Akhir mengenai “Animasi Interaktif Pengenalan Sistem Pernafasan Pada Hewan Laut Dan Darat Untuk Siswa SDN Karang Mekar 04 Kabupaten Bekasi” menggunakan software Adobe Flash CS6. Pada saat ini SDN Karang Mekar 04 hanya mengajarkan siswa-siswinya dengan metode sederhana saja. Animasi ini dibuat untuk memecahkan masalah yang sering terjadi pada anak-anak yang merasa bosan saat belajar. Maka dari itu dengan adanya animasi interaktif yang lebih baik dari sistem sebelumnya agar lebih interaktif dan menarik untuk menunjang sistem pembelajaran yang ada saat ini.


Unduhan

 

REFERENSI

DAFTAR PUSTAKA

Agustien, R., & Umamah, N. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Video Animasi Dua Dimensi Situs Pekauman di Bondowoso Dengan Model Addie Mata Pelajaran Sejarah Kelas X IPS ( The Development of Two Dimensional Animation Video of Pekauman Website as Instructional Media With Addie Model in. 19–23.

Bruno, L. (2019). Penerapan Media Pembelajaran Adobe Flash CS6 Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas X APTH Pada Mata Pelajaran Alat Dan Mesin Pertanian Di SMKN 4 Jeneponto. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 1689–1699. https://doi.org/10.1017/CBO9781107415324.004

Firmantoro. (2016). Animasi interaktif pengenalan hewan untuk pendidikan anak usia dini. XIII(2), 14–22.

Hadiana, L. H., Hadad, S. M., Marlina, I., & Subang, S. (2018). Penggunaan Media Big Book Untuk Meningkatkan Keterampilan Membaca Kalimat Sederhana. IV, 212–242.

Iqra, J. (2015). PERANCANGAN APLIKASI INTERACTIVE LEARNING BERBASIS MULTIMEDIA Samsudin. 09(01), 126–142.

Kustiawan. (2016). Pengembangan Media Pembelajaran Anak Usia Dini. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 1689–1699. https://doi.org/10.1017/CBO9781107415324.004

Madcoms. (2015). Kupas Tuntas Corel Draw X7. Madiun.

Novitasari, F., Djahir, Y., & Fatimah, S. (2015). Pengaruh Media Adobe Illustrator Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Ekonomi Di Sma Srijaya Negara. Journal Profit, 2, 66. Retrieved from https://ejournal.unsri.ac.id/index.php/jp/article/view/5535/2974

Rahardjo, T., Degeng, N., & Soepriyanto, Y. (2019). Pengembangan Multimedia Interaktif Mobile Learning Berbasis Anrdroid Aksara Jawa Kelas X Smk Negeri 5 Malang. Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan, 2(3), 195–202. https://doi.org/10.17977/um038v2i32019p195

Saselah, Y. R., Amir, M., & Riskan, M. (2017). Pengembangan Multimedia Interaktif Berbasis Adobe Flash CS6 Professional Pada Pembelajaran Kesetimbangan Kimia. Jurnal Kimia Dan Pembelajaran Kimia, 2(2), 80–89. Retrieved from https://docplayer.info/58342448

Sukamto & Shalahuddin. (2015). Rekayasa Perangkat Lunak Terstruktur dan Berorientasi Objek. Bandung: Informatika.

Suparni. (2016). Metode Pembelajaran Membaca Doa Berbasis Multimedia Untuk Anak Usia Dini. IJSE Indonesian Journal on Software Engineering, 2(1), 57–63. Retrieved from https://ejournal.bsi.ac.id/ejurnal/index.php/ijse/article/download/668/559

Wijaya, N. (2016). Pelatihan membuat desain logo vector menggunakan adobe illustrator dan adobe flash di smk bina cipta palembang. 25–29.