Diecast
Toys yang lebih dikenal
dengan nama diecast yaitu mainan dengan bahan dasar besi dan gabungan plastik,
berskala kecil memang banyak penggemarnya. Secara umum, bentuk diecast bermacam-macam mulai dari mobil,
sepeda motor, pesawat terbang, sepeda, alat berat (kendaraan dan alat-alat seputar tambang) dan yang lainnya adalah beberapa
varian bentuk yang saat ini tersedia. Salah satu merk diecast yang terkenal
yaitu Hot Wheels, dimana adanya edisi yang special dan jarang ditemui yang
sering disebut dengan Hot Wheels Treasure Hunt, pembedanya yaitu adanya tanda/logo-logo
Treasure Hunt di blister dan body juga bahan baku yang lebih baik. Dalam
penelitian ini akan menganalisis simbol logo Hot Wheels Treasure Hunt dengan
metode semiotika Roland Barthes, penelitian ini menemukan tiga aspek makna yang
terdapat dalam metode analisis semiotika Roland Barthes dimana dalam makna
denotasi peneliti menemukan pada umumnya kolektor dapat mengetahui penampakkan
Hot Wheels Treasure Hunt yang sangat berbeda dengan hotwheel biasa (regular) dilihat dari logo yang terdapat
pada blister dan perbedaan warna yang mencolok. Sedangkan dari makna Konotasi
peneliti menemukan kolektor merasa sangat beruntung dapat menemukan Hot Wheels
Treasure Hunt jika hunting karena hot
wheels Treasure Hunt series dibuat khusus dan special. Dan dari makna mitos
peneliti menemukan kolektor akan merasa ketagihan pada saat hunting model-model
tertentu yang termasuk dalam seri T-Hunt dan Treasure Hunt, dan menjadikannya
sebagai investasi. Sebab pada umumnya bila ditransaksikan antar kolektor, maka
mobil yg berusia 1 tahun harganya minimal 2X lipat dari harga aslinya, karena
itulah sebagian kolektor menjadikannya sebagai investasi.
Analisis Semiotika Logo Hot Wheels Treasure Hunt