ABSTRAK
Zaenul Alim (11161894), Perancangan Animasi Interaktif Pengenalan Huruf
Hijaiyah untuk Siswa/siswi TK/TPQ Darul Muttaqien Kabupaten Tegal.
Pembelajaran sangat penting dimulai sejak usia dini, termasuk pengenalan dasar dasar
agama untuk membangun pondasi keimanan seperti pengenalan huruf hijaiyah, Huruf
hijaiyah merupakan huruf yang terdapat dalam alqur’an dan tulisannya dengan bahasa
arab. Dalam mengajar pengenalan huruf hijaiyah untuk siswa dan siswi TK/TPQ Darul
Muttaqin Kabupaten, Tegal ini perlu diadakan adanya suatu metode pembelajaran yang
modern seperti animasi interaktif. Seolah-olah mereka sedang bermain namun dalam
keadaan belajar. Kegiatan belajar mengajar yang hanya mengandalkan alat tulis saja
terkadang membuat anak merasa jenuh, mudah lupa apa yang telah disampaikan
gurunya dan terlalu sulit untuk menghafal. Diera zaman modern ini perkembangan
teknologi sudah semakan canggih, dalam proses belajar diperlukan alat bantu sebagai
media yang menarik bagi semua orang termasuk anak-anak. Animasi interaktif dapat
dijadikan salah satu alat bantu untuk membantu orang tua, guru dan anak-anak dalam
proses belajar mengajar.
Kata kunci :
TA_8_DAFTAR ISI.pdf
TA_5_LEMBAR KONSULTASI TUGAS AKHIR.jpg
TA_4_SURAT PERSETUJUAN DAN PENGESAHAN TUGAS AKHIR.jpg
TA_2_LEMBAR KEASLIAN TUGAS AKHIR.jpg
TA_3_LEMBAR PERSETUJUAN PUBLIKASI TUGAS AKHIR.jpg
TA_17_SURAT RISET.jpg
TA_15_Daftar-pustaka.pdf
TA_10_Daftar Tabel.pdf
TA_9_Daftar Gambar.pdf
TA_6_KATA PENGANTAR IY.pdf
54
DAFTAR PUSTAKA
Ariyanti, S., & Misriani, T. (2016). Perancangan animasi interaktif pembelajaran
asmaul husna. II(1), 116–121.
Firmantoro, K., Anton, & Nainggolan, Rikardo, E. (2016). Animasi interaktif
pengenalan hewan untuk pendidikan anak usia dini. XIII(2), 14–22.
Indriyani, L. (2018). Perancangan Animasi Interaktif Belajar Mengenal Huruf
Hijaiyah Pada TKQ Al-Khoiriyah. Jurnal ABDIMAS BSI, 3(1), 100–105.
https://doi.org/10.31294/JTK.V3I1.1350
Putra D. Syahrizal.(2017). BELAJAR MANDIRI ADOBE FLASH CS6. Surabaya:
CV Garuda Mas Sejahtera.
Rezeki, siregar apriani. (2016). Perancangan Aplikasi 5 Pengenalan Huruf Hijaiyyah
Pada Tingkatan Sekolah Dasar Menggunakan Metode Accelerated Learning (
Studi Kasus Sd Negeri Bunut Barat ). JURIKOM (Jurnal Riset Komputer).
Rochman, Faizal, Hizkia Subiyanto, Faridah dan Nuga Choiril Umam (2015).
Rencana Pengembangan Animasi Nasional 2015-2019. Jakarta: PT Republik
solusi
Rosmaidah, I., & Destiana, H. (2017). Perancangan Animasi Interaktif Belajar
Mengenal. III(1), 100–105. Retrieved from
https://ejournal.bsi.ac.id/ejurnal/index.php/jtk/article/download/1350/1098
Yudhistira januar rizki, W. (2019). Animasi Interaktif Pengenalan Huruf hija iyah
Berbasis Android. V(1), 105–112. https://doi.org/10.31294/jtk.v4i2