Peracangan Animasi Interaktif Pengenalan Huruf Hijaiyah Untuk Siswa Siswi Tk/Tpq Darul Muttaqien Kabupaten Tegal

research
  • 06 Dec
  • 2019

Peracangan Animasi Interaktif Pengenalan Huruf Hijaiyah Untuk Siswa Siswi Tk/Tpq Darul Muttaqien Kabupaten Tegal

ABSTRAK

Zaenul Alim (11161894), Perancangan Animasi Interaktif Pengenalan Huruf

Hijaiyah untuk Siswa/siswi TK/TPQ Darul Muttaqien Kabupaten Tegal.

Pembelajaran sangat penting dimulai sejak usia dini, termasuk pengenalan dasar dasar

agama untuk membangun pondasi keimanan seperti pengenalan huruf hijaiyah, Huruf

hijaiyah merupakan huruf yang terdapat dalam alqur’an dan tulisannya dengan bahasa

arab. Dalam mengajar pengenalan huruf hijaiyah untuk siswa dan siswi TK/TPQ Darul

Muttaqin Kabupaten, Tegal ini perlu diadakan adanya suatu metode pembelajaran yang

modern seperti animasi interaktif. Seolah-olah mereka sedang bermain namun dalam

keadaan belajar. Kegiatan belajar mengajar yang hanya mengandalkan alat tulis saja

terkadang membuat anak merasa jenuh, mudah lupa apa yang telah disampaikan

gurunya dan terlalu sulit untuk menghafal. Diera zaman modern ini perkembangan

teknologi sudah semakan canggih, dalam proses belajar diperlukan alat bantu sebagai

media yang menarik bagi semua orang termasuk anak-anak. Animasi interaktif dapat

dijadikan salah satu alat bantu untuk membantu orang tua, guru dan anak-anak dalam

proses belajar mengajar.

Kata kunci : 

Unduhan

 

  • 1_cover.pdf

    TA_1_cover.pdf

    •   diunduh 148x | Ukuran 29,307
  • 10_Daftar Tabel.pdf

    TA_10_Daftar Tabel.pdf

    •   diunduh 175x | Ukuran 63,816
  • 9_Daftar Gambar.pdf

    TA_9_Daftar Gambar.pdf

    •   diunduh 134x | Ukuran 68,016
  • 6_KATA PENGANTAR IY.pdf

    TA_6_KATA PENGANTAR IY.pdf

    •   diunduh 165x | Ukuran 171,600
  • 14_BAB-IV.pdf

    TA_14_BAB-IV.pdf

    •   diunduh 168x | Ukuran 208,634
  • 11_BAB-I.pdf

    TA_11_BAB-I.pdf

    •   diunduh 180x | Ukuran 279,496
  • 13_BAB-III.pdf

    TA_13_BAB-III.pdf

    •   diunduh 410x | Ukuran 778,192
  • 12_BAB-II.pdf

    TA_12_BAB-II.pdf

    •   diunduh 2163x | Ukuran 668,948

REFERENSI

54

DAFTAR PUSTAKA

Ariyanti, S., & Misriani, T. (2016). Perancangan animasi interaktif pembelajaran

asmaul husna. II(1), 116–121.

Firmantoro, K., Anton, & Nainggolan, Rikardo, E. (2016). Animasi interaktif

pengenalan hewan untuk pendidikan anak usia dini. XIII(2), 14–22.

Indriyani, L. (2018). Perancangan Animasi Interaktif Belajar Mengenal Huruf

Hijaiyah Pada TKQ Al-Khoiriyah. Jurnal ABDIMAS BSI, 3(1), 100–105.

https://doi.org/10.31294/JTK.V3I1.1350

Putra D. Syahrizal.(2017). BELAJAR MANDIRI ADOBE FLASH CS6. Surabaya:

CV Garuda Mas Sejahtera.

Rezeki, siregar apriani. (2016). Perancangan Aplikasi 5 Pengenalan Huruf Hijaiyyah

Pada Tingkatan Sekolah Dasar Menggunakan Metode Accelerated Learning (

Studi Kasus Sd Negeri Bunut Barat ). JURIKOM (Jurnal Riset Komputer).

Rochman, Faizal, Hizkia Subiyanto, Faridah dan Nuga Choiril Umam (2015).

Rencana Pengembangan Animasi Nasional 2015-2019. Jakarta: PT Republik

solusi

Rosmaidah, I., & Destiana, H. (2017). Perancangan Animasi Interaktif Belajar

Mengenal. III(1), 100–105. Retrieved from

https://ejournal.bsi.ac.id/ejurnal/index.php/jtk/article/download/1350/1098

Yudhistira januar rizki, W. (2019). Animasi Interaktif Pengenalan Huruf hija iyah

Berbasis Android. V(1), 105–112. https://doi.org/10.31294/jtk.v4i2